Sukses

Pujian Bisa Bikin Hubungan Langgeng, Ini 6 Cara Melakukannya dengan Tulus

Pujian yang tulus dari pasangan akan membantu hubungan menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin lama menjalin hubungan cinta, semakin kamu mudah menerima apa saja darinya. Namun, ada hal seperti pujian yang mungkin lupa kamu utarakan karena merasa sudah sama-sama mengerti.

Akan tetapi, jika kamu ingin hubunganmu bertahan lama, para ahli mengatakan penting untuk terus memuji pasanganmu.

"Pujian memiliki banyak manfaat," kata pakar hubungan dan pemilik HELLOBreakup, Nancy Ruth Deen, dilansir Bustle, Rabu (21/12/2022).

"Pujian tidak hanya membuat kita merasa senang ketika kita menerimanya, kita juga merasa diakui oleh pasangan kita," tambahnya.

Ketika kamu merasa pasanganmu benar-benar melihat dan menghargaimu, ruang untuk kebencian dan jenis hal negatif lainnya untuk tumbuh akan berkurang.

John Gottman menemukan, setiap pasangan bisa mendapatkan manfaat dari menerapkan aturan rasio "ajaib" 5:1 dalam hubungan mereka. Aturan ini pada dasarnya menyatakan bahwa kamu membutuhkan lima interaksi positif untuk setiap interaksi negatif jika kamu ingin hubunganmu bertahan lama.

Hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan ketika kamu memberikan pujian yang berarti bagi pasanganmu.

"Bahkan jika pasangan kamu tahu jauh di lubuk hatinya bahwa mereka dicintai, itu (pujian) masih menyenangkan untuk didengar," kata pakar hubungan dan pelatih, Gia Lili.

"Memuji pasangan kamu bisa menjadi cara untuk memberi tahu mereka bahwa mereka dipikirkan dan dihargai, terutama ketika jenis bahasa cinta (love language) pasangan kamu adalah kata-kata penegasan (words of affirmation)," ujar Lili.

Menurut para ahli, ada baiknya bagi hubungan kamu untuk lebih banyak memuji pasanganmu pada hal-hal berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hal-Hal Kecil yang Dia Lakukan Padamu Setiap Hari

"Jangan hanya mengakui hal-hal besar yang mereka lakukan, tetapi juga pastikan untuk menyebut semua hal kecil dan biarkan mereka tahu betapa kamu menghargainya," ucap pakar hubungan dan penulis, Mattie Givens.

Gerakan besar mungkin sedikit dan jarang. Jadi, hal-hal kecil sehari-hari benar-benar penting.

Jika kamu menyadari bahwa pasanganmu berusaha keras untuk membuat hidupmu lebih mudah bahkan dengan cara yang paling kecil sekalipun, pastikan mereka tahu betapa kamu sangat menghargainya.

2. Value (Nilai-Nilai) Dia

Pujian berbasis value penting karena kamu memuji karakter pasanganmu, kata Deen. Misalnya, kamu bisa mengatakan sesuatu yang baik tentang optimismenya, kebaikannya, kekuatannya, atau kerja kerasnya. 

Ini semua tentang menghargai pasanganmu untuk siapa mereka sebenarnya sebagai dirinya sendiri.

3 dari 4 halaman

3. Passion Dia

Penting bagi pasanganmu untuk mengetahui bahwa kamu percaya pada mereka. Kamu bisa menunjukkan dukunganmu dengan memuji mereka tentang kemampuan, bakat, dan visi mereka untuk masa depan.

"Menikmati lamunan dan berfantasi tentang masa depan bersama, bahkan jika impian pasangan kamu tidak tergantung pada impian kamu," kata MA, psikoterapis berlisensi, Christine Scott-Hudson.

"Dengan melakukan hal itu, kamu akan membiarkan pasanganmu memiliki kehidupan batin yang kaya dan penuh dengan keajaibannya sendiri," dia menambahkan.

4. Penampilan Dia

Selalu menyenangkan mendengar bahwa pasanganmu menganggapmu seksi, terutama jika kamu telah bersama untuk waktu yang lama.

Seperti yang dikatakan Amy Hartle, seorang penulis perjalanan dan hubungan pasangan di Two Drifters, kepada Bustle, "Kuncinya di sini adalah memberikan pujian kepada pasangan kamu yang membuat mereka tahu seberapa besar kamu tertarik padanya."

Jika kamu ingin membuatnya lebih bermakna, jadilah spesifik. Pikirkan tentang apa yang membedakan pasangan kamu secara fisik dari orang lain.

4 dari 4 halaman

5. Hal-Hal yang Membuat Dia Merasa Insecure

Setiap individu merasa insecure tentang sesuatu. Membantu mendorong kepercayaan diri pasangan akan sangat berarti.

"Ketika kamu tahu apa yang membuat pasanganmu merasa tidak aman (insecure), itu bisa sangat berarti baginya, apalagi ketika kamu bisa memuji mereka tentang apa yang mungkin mereka anggap sebagai kekurangan," ucap Mackenzie Riel, pakar hubungan dengan TooTimid.

Ini dapat membantu membangun harga diri pasanganmu dan mengingatkan mereka tentang betapa kamu mencintai setiap bagian dari mereka.

6. Penilaian Dia

Siapa pun akan senang mendengar betapa pasangannya memercayai dan menghormati mereka. Menurut Givens, beberapa cara sederhana untuk melakukan hal ini adalah dengan meminta nasihat dari pasangan kamu atau membiarkan mereka membuat beberapa keputusan tanpa mempertanyakannya.

Hal ini membuat mereka tahu bahwa kamu memercayai penilaian mereka.

"Jangan pernah meremehkan kekuatan kata-kata hanya dengan menyatakan, 'Saya memercayai kamu dan aku menghormatimu'," kata Givens.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.