Sukses

Adu Penalti dalam Sepak Bola: Aturan dan Sejarahnya di Piala Dunia

Adu penalti diperkenalkan pada tahun 1970, digunakan untuk menentukan pemenang dalam pertandingan sepak bola sistem gugur jika tim imbang setelah perpanjangan waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Final Piala Dunia 2022 diakhiri dengan Argentina menjadi juara usai mengalahkan Prancis lewat babak adu penalti 4-2. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 3-3 selama 120 menit di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022).

Dengan Piala Dunia 2022 di Qatar memakai sistem gugur, sensasi adu penalti jadi mencengkeram dunia sepak bola kolektif. Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat sejarah dalam konsep adu penalti ini.

Mengutip laman Olympics, Senin (19/12/2022), selama bertahun-tahun beberapa metode seperti mengulang pertandingan seri, perpanjangan waktu, dan aturan gol tandang dalam pertandingan sistem gugur dimasukkan ke dalam sepak bola.

Adanya pengulangan dalam pertandingan seri berulang kali sampai pemenang ditemukan pun bukan solusi yang tepat dan tidak ada yang menjamin jadi pemenang. Hingga tahun 1970-an, tidak ada aturan pasti dalam sepak bola tentang bagaimana menentukan pemenang jika tidak ada metode tie-breaker.

Dikutip dari 90min, tie-breaker adalah rangkaian format yang digunakan untuk menentukan tim yang unggul apabila poin dari dua (atau lebih) tim sama setelah melalui rangkaian pertandingan terakhir, dalam kompetisi dengan fase grup maupun liga.

Dalam perempat final Israel vs Bulgaria di Olimpiade Musim Panas 1968 di Meksiko, setelah bermain imbang 1-1, Bulgaria melaju ke semifinal setelah seri. Faktanya, pertandingan inilah yang membuka jalan bagi adu penalti dalam sepak bola.

Joseph Dagan, mantan jurnalis olahraga Israel yang kemudian menjabat sebagai sekretaris jenderal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA), kecewa dengan cara timnya tersingkir dan mengusulkan metode pemutusan adu penalti.

Dia mengambil petunjuk dari tie-breaker tidak resmi yang digunakan di beberapa kompetisi klub domestik, termasuk Coppa Italia pada akhir 1950-an, untuk menyusun peraturan.

Michael Almog yang menjabat sebagai presiden IFA saat itu dan Koe Ewe Teik sebagai anggota komite wasit dari FA Malaysia, mendukung proposal Dagan.

Sampai akhirnya, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional dan badan pembuat undang-undang resmi sepak bola, secara resmi mengadopsi adu penalti dalam permainan pada tahun 1970 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tendangan Penalti vs Adu Penalti

Selama pertandingan sepak bola, ketika tim bertahan melakukan pelanggaran atau bola tangan di dalam kotak penalti sendiri, pihak lawan diberikan tendangan penalti.

Selama tendangan penalti, salah satu pemain dari tim yang memenangkan penalti menempatkan bola di titik penalti, sebuah lingkaran berjarak 11 meter dari pusat gawang. Pemain kemudian mencoba mencetak gol dengan hanya penjaga gawang lawan yang diizinkan untuk mempertahankan gawang.

Situasi satu lawan satu ini menguntungkan pemain yang melakukan tendangan penalti disebut juga dengan spotkick. Selama tendangan penalti, penjaga gawang harus memiliki setidaknya satu kaki menyentuh garis gawang, atau di belakangnya, saat penendang menendang bola. Kegagalan untuk mematuhi mengakibatkan tendangan penalti diulang.

Aturan ini ditambahkan pada 2019. sSebelumnya, tidak ada batasan bagi kiper untuk keluar lebih awal. Selain itu, bola harus benar-benar diam sebelum tendangan penalti dilakukan.

Sementara, adu penalti mengambil aturan tendangan penalti sebagai dasar untuk menetapkan metode tie-break. Adu penalti digunakan dalam pertandingan sepak bola sistem gugur, jika kedua tim imbang setelah peraturan 90 menit. Mereka memainkan waktu tambahan dua babak selama 15 menit. Jika pertandingan masih belum diputuskan setelah 120 menit permainan, maka adu penalti akan berlaku.

3 dari 4 halaman

Penjaga Gawang Juga Bisa Ikut Tendang di Adu Penalti

Adu penalti dimulai dengan dua lemparan koin - yang pertama menentukan sisi lapangan tempat tendangan akan dilakukan dan yang kedua menentukan tim mana yang melakukan tendangan pertama dari adu penalti.

Sebelum adu penalti dimulai, setiap tim memilih lima pemain untuk melakukan tendangan penalti. Adu penalti di mana tim melakukan tendangan penalti secara alternatif dikenal sebagai sistem ABAB dan paling sering digunakan dalam acara besar seperti Piala Dunia dan Euro.

Dalam kompetisi tingkat domestik tertentu, sistem adu penalti ABBA, di mana tim melakukan dua penalti berturut-turut setelah satu tendangan titik pembuka, telah diujicobakan. Namun, sistem tersebut belum digunakan di kompetisi papan atas.

Hanya pemain yang berada di lapangan selama peluit akhir babak kedua perpanjangan waktu dapat mengambil bagian dalam adu penalti. Bahkan penjaga gawang pun bisa melakukan tendangan penalti.

 

4 dari 4 halaman

Fase Kematian Mendadak

Jika sebuah tim unggul skor selama rangkaian lima tendangan awal, tim tersebut memenangkan pertandingan. Namun jika skor masih imbang setelah lima tendangan, fase kematian mendadak dari adu penalti dimulai.

Dalam kematian mendadak, jika sebuah tim mencetak skor di salah satu ronde tetapi yang lain meleset, pertandingan berakhir dan tim yang mencetak skor memenangkan adu penalti. Kematian mendadak berlanjut sampai pemenang ditentukan.

Tim tidak dapat mengirim pemain untuk mengambil penalti kedua selama adu penalti sampai semua pemain mereka di lapangan, termasuk penjaga gawang, telah melakukan setidaknya satu tendangan.

Menariknya, adu penalti dianggap terpisah untuk hasil pertandingan dan hanya digunakan untuk menentukan tim mana yang maju dalam kompetisi. Oleh karena itu, pertandingan yang masuk ke adu penalti selalu dianggap imbang dalam buku rekor resmi. Selain itu, gol adu penalti tidak diperhitungkan dalam penghitungan pemain atau tim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.