Sukses

Kamu Merasa Stres? Yuk Ikuti 5 Cara Sehat Ini untuk Bersantai

Menemukan waktu untuk bersantai adalah hal yang sangat penting. Relaksasi akan menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti setuju bahwa gaya hidup modern saat ini membuat stres. Harus berurusan dengan pekerjaan, keluarga, dan kewajiban lainnya dapat membuat Anda sulit meluangkan waktu untuk diri sendiri, apalagi bersantai.

Padahal, di tengah sibuknya aktivitas, menemukan waktu untuk bersantai adalah hal yang sangat penting. Relaksasi akan menjaga tubuh dan pikiran Anda tetap sehat.

Hal ini membantu Anda memulihkan stres harian, mingguan, atau bulanan yang Anda alami. Oleh karena itu, sesibuk apa pun, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan waktu untuk bersantai dan rileks. Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa dipetik tubuh dan pikiran dari aktivitas bersantai:

- Relaksasi mengurangi risiko penyakit jantung, sakit kepala, penyakit yang berhubungan dengan stres, dan masalah kesehatan mental.

- Membantu untuk berpikir jernih dan membuat keputusan yang tepat.

- Membantu otak Anda tetap sehat.

- Meningkatkan produktivitas dan kinerja Anda.

Menemukan cara untuk bersantai bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Banyak orang memiliki cara yang berbeda untuk bersantai, dan beberapa di antaranya tidak sehat. Misalnya, clubbing sepanjang malam, merokok atau minum-minum di bar bukanlah cara yang sehat untuk bersantai. 

Oleh karena itu, lebih baik memilih cara yang sehat untuk bersantai, karena itu akan berdampak positif pada Anda. Jadi, bagaimana cara bersantai yang baik? Mengutip Health Guide (16/12/2022), berikut adalah 5 cara sehat untuk bersantai.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mandi air hangat

Setelah hari yang panjang, melelahkan dan sibuk di tempat kerja, mandi air hangat akan menjadi cara yang sempurna untuk mengendurkan saraf Anda. Air panas membuat tubuh rileks dan membantu tubuh untuk tertidur.

Ketika Anda tegang dan mandi dengan air panas, air panas akan meningkatkan suhu tubuh dan mengendurkan otot-otot. Ketika otot-otot rileks, hal ini menenangkan Anda tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental.

2. Lakukan Latihan Pernapasan

Hanya segelintir orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang latihan pernapasan. Padahal, latihan pernapasan adalah salah satu cara paling ampuh untuk rileks dan tetap sehat. Latihan pernapasan bisa jadi salah satu teknik relaksasi yang paling sederhana. Dengan latihan pernapasan yang baik, tubuh dan pikiran bisa lebih tenang. 

Beberapa manfaat kesehatan dari latihan pernapasan adalah membantu Anda rileks, menurunkan efek buruk dari hormon stres kortisol dalam tubuh Anda, menurunkan detak jantung dan tekanan darah Anda. Hal ini juga merupakan cara yang bagus untuk mengatasi gejala-gejala gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Berikut cara melakukan latihan pernapasan sederhana:

  1. Duduk tegak.
  2. Embuskan napas sampai Anda tidak bisa mengembuskannya lagi.
  3. Tahan napas Anda selama sekitar 5 detik.
  4. Tarik napas perlahan-lahan ambil udara sebanyak mungkin sampai Anda tidak bisa menarik napas lagi.
  5. Tahan napas Anda selama sekitar 10 detik.
  6. Embuskan napas perlahan-lahan, tetapi kali ini, melalui mulut Anda.

 

3 dari 4 halaman

3. Pijatan

Jika Anda mencari cara yang bagus untuk meredakan ketegangan dan rileks, maka Anda harus mendapatkan pijatan. Pijat meningkatkan dan memperbaiki sirkulasi yang meringankan rasa sakit.

Beberapa orang berurusan dengan stres postural karena duduk untuk waktu yang lama dan terlalu banyak bekerja. Pijatan akan membantu Anda menghilangkan stres postural dengan mengurangi nyeri punggung dan nyeri leher.  

4. Berlatih meditasi

Ketika orang mendengar meditasi, mereka mungkin akan memikirkan tentang guru India atau biksu Cina. Namun, meditasi dapat bermanfaat bagi Anda secara pribadi. Meditasi akan mengurangi stres dan mengarah pada rasa tenang secara keseluruhan.

Meditasi adalah proses membuat pikiran Anda fokus dan menenangkan pikiran Anda. Sebuah studi ilmiah tentang meditasi menemukan bahwa meditasi yang penuh perhatian mengurangi respons peradangan yang disebabkan oleh stres. Meditasi juga melawan kecemasan, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kesehatan emosional Anda.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Dengarkan musik yang menenangkan

Mendengarkan musik yang menenangkan akan membuat tubuh Anda rileks dan menenangkan pikiran Anda. Pada gilirannya, hal ini mampumengurangi stres. Musik yang menenangkan akan membantu Anda mencapai kedamaian dan ketenangan batin.

Selain itu, mendengarkan musik yang menenangkan sebelum tidur dapat membantu Anda melupakan kekhawatiran hari itu, menenangkan pikiran Anda, dan tertidur lebih cepat. Jadi, Anda harus mencoba mendengarkan musik yang santai, menenangkan, dan menyenangkan untuk bersantai.

6. Terhubung dengan alam

Tinggal di sekitar alam telah terbukti dapat mengurangi stres dan menenangkan tubuh. Menghabiskan waktu dengan alam dan tanaman hijau bisa baik untuk Anda. Lihatlah ke luar jendela atau beranda Anda selama beberapa menit.

Cara sehat lainnya untuk bersantai:

- Berjalan-jalan sebentar 

- Meneguk minuman hangat

- Berbicara dengan orang yang dicintai

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.