Sukses

Jangan Anggap Enteng, Ini 10 Penyebab Kamu Merasa Mual Setelah Makan

Mual setelah makan ternyata menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Ini faktanya!

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang mungkin pernah mengalami sakit perut, terutama ketika baru saja selesai menyantap makanan. Namun, jika Anda merasa mual dalam beberapa menit atau jam setelah makan, mungkin ada sesuatu yang harus diperiksa.

Pasti kita sering bertanya-tanya mengapa setelah makan kita akan merasa mual. Pasalnya, ada banyak situasi yang memicu mual dan ini bisa membuat sulit untuk mengetahui penyebab pastinya.

Beberapa penyebab umum dapat dikaitkan dengan stres, alergi makanan, keracunan makanan, efek samping obat yang tidak diinginkan, mengonsumsi terlalu banyak suplemen atau vitamin, kehamilan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, penyakit kandung empedu, hati atau pankreas, atau diabetes dan gangguan tiroid juga dapat menyebabkan rasa sakit setelah makan makanan favorit Anda.

Dilansir melalui Cleveland Clinic, pada Jumat (16/12/2022), seorang ahli gastroenterologi, Christine Lee, MD, menunjukkan sepuluh alasan mengapa Anda mungkin berasa mual setelah makan. Berikut penjelasannya.

1. Refluks Asam

Anda bisa mengalami mulas sesaat setelah makan, terutama saat Anda mengonsumsi makanan pedas atau makanan berminyak. Sensasi terbakar di dada bagian atas dan tenggorokan juga terkadang bisa menyebabkan mual.

Refluks asam terjadi karena ada sejumlah besar asam lambung yang tersembur kembali ke tenggorokan dan bertahan di sana. Bagi banyak orang, itu normal dan bukan pertanda ada yang salah secara klinis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Infeksi Virus atau Bakteri

Jika Anda terkena infeksi virus atau bakteri, seluruh tubuh Anda akan mengalaminya. Anda mungkin mengalami mual tepat setelah makan, umumnya berlangsung 24 hingga 48 jam.

Tetapi Anda mungkin juga mengalami banyak gejala lain, seperti demam, nyeri otot, dan nyeri sendi. “Umumnya mempengaruhi seluruh tubuh Anda,” kata Dr. Lee. “Ini datang dengan cepat dan biasanya hilang dengan sendirinya,” tambahnya.

3. Keracunan Makanan

Anda dapat memiliki reaksi fisik untuk mengonsumsi makanan busuk. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengabaikan makanan (seperti daging atau produk susu) terlalu lama, sehingga terjadi keracunan makanan terjadi secara tiba-tiba.

Untungnya, mual akibat keracunan makanan ini pun akan sembuh dengan sendirinya.

“Muntah atau diare tidak selalu merupakan hal yang buruk dalam beberapa situasi,” kata Dr. Lee. "Ini adalah cara tubuh Anda menyingkirkan agen yang menyinggung seperti infeksi, racun, dan hal-hal lain sebelum diserap,” tambahnya.

4. Obat-obatan

Beberapa obat seperti obat saraf, obat antikejang, obat diabetes, dan obat pengubah suasana hati dapat memengaruhi nafsu makan dan akhirnya menyebabkan mual. Obat umum lainnya yang menyebabkan mual adalah narkotika berbasis opioid dan obat pereda nyeri lainnya.

3 dari 4 halaman

5. Stres dan Kecemasan

Tubuh Anda dapat mengalami reaksi fisik terhadap stres dan kecemasan meskipun telah bertahan selama berhari-hari.

Alasan Anda mungkin mengalami gejala fisik seperti mual adalah karena respons ‘melawan’ otak Anda muncul, sehingga membuang banyak hormon ke dalam aliran darah Anda yang memaksa tubuh Anda untuk bereaksi. Dan setiap orang memiliki tingkat ambang batas yang berbeda-beda.

6. Alergi Makanan

Alergi makanan mempengaruhi setiap orang secara berbeda. Dalam kebanyakan kasus, pertama kali Anda mengalami alergi makanan, Anda mungkin memiliki gejala ringan. Setiap pertemuan setelah itu dapat meningkat lebih cepat dan menyebabkan reaksi yang lebih intens.

Selain mual, beberapa contoh gejala reaksi alergi termasuk ruam atau gatal-gatal, merasa dingin dan lembap, penurunan tekanan darah, peningkatan denyut jantung, hingga pembengkakan mata.

7. Sindrom Iskemik Usus

Kondisi ini disebabkan ketika aliran darah ke organ pencernaan terganggu. Ini dapat disebabkan oleh penumpukan plak di arteri Anda atau dari pengerasan arteri Anda , tekanan darah rendah yang berkepanjangan, hingga peradangan arteri.

Mereka yang lebih berisiko mengalami kondisi ini termasuk orang yang lebih tua yang memiliki riwayat merokok, kolesterol tinggi, atau gangguan pembuluh darah lainnya, seperti penyakit arteri koroner atau penyakit pembuluh darah perifer.

4 dari 4 halaman

8. Diabetes

Memiliki gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat menyebabkan mual. Tetapi jika Anda memiliki riwayat diabetes yang panjang , meskipun terkontrol dengan baik, Anda juga dapat mengembangkan apa yang disebut dengan  gastroparesis diabetik.

Ini berarti perut Anda tidak bekerja dan bergerak sebagaimana mestinya, dan mencerna makanan bisa menjadi proses yang lambat.

9. Penyakit Kandung Empedu

Empedu yang dibuat oleh hati Anda disimpan di kantong empedu Anda, kemudian akan melepaskan empedu itu untuk memecah makanan berlemak.

Bila Anda memiliki penyakit kandung empedu , proses penting ini dapat terganggu dan menyebabkan mual dan gejala lainnya.

Biasanya Anda mungkin mengalami mual 15 sampai 20 menit setelah makan, dan umumnya disertai dengan sakit perut, diare, perubahan warna feses dan terkadang penurunan berat badan yang signifikan.

10. Pankreatitis

Kondisi ini dapat terjadi akibat batu empedu, mengonsumsi alkohol, gangguan autoimun, dan alasan lainnya.

Pankreas Anda bekerja menciptakan enzim untuk memecah makanan setiap kali Anda makan, tetapi jika pankreas Anda meradang atau rusak, mungkin tidak menghasilkan enzim yang cukup untuk menyelesaikan pekerjaannya.

“Gangguan pankreas dapat menyebabkan sakit perut, mual, diare, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,” kata Dr. Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.