Sukses

Pentingnya Double Cleansing Saat Membersihkan Wajah

Double cleansing menjadi rangkaian penting untuk perawatan wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Double cleansing menjadi cara paling ampuh untuk membersihkan segala kotoran di kulit wajah. Metode ini dapat dilakukan sebelum cuci muka menggunakan sabun.

Mengapa dikatakan cara paling ampuh, karena double cleansing sanggup mengangkat kotoran yang menumpuk di wajah, seperti polusi dan makeup waterproof di wajah.

Kalian yang gemar menggunakan riasan wajah, perlu melakukan tahapan ini sebelum mencuci muka. Jika hanya menggunakan sabun muka saja, biasanya sisa-sisa make up tidak terhapus dengan benar.

Inilah yang menyebabkan residu, sehingga membuat kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori di kulit wajah.

Sebagian individu masih menganggap double cleansing sama saja mencuci muka dua kali, tetapi hal ini sangat berbeda.

Rangkaian pembersih pertama dilakukan untuk mengurai riasan, kotoran dan minyak berlebih. Sedangkan, pembersih kedua akan membantu membersihkan wajah dengan sabun sesuai dengan jenis kulit dan permasalahan wajah.

Dilansir dari Times of India, Jumat (16/12/2022), double cleansing membantu kalian menghapus riasan, mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat dan menghilangkan penumpukan minyak.

Ahli kosmetik klinis, Dr Debeshi merekomendasikan double cleansing di era saat ini, karena individu mulai banyak terpapar polusi dan udara panas yang berlebihan.

Pembersih ganda dapat dilakukan menggunakan micellar water dan cleansing balm. Sesuai dengan kebutuhan dan produk yang cocok untuk wajah kalian.

Jika kalian memilih micellar water, kalian bisa menggunakan kapas lalu menggosoknya ke area wajah. Cleansing balm bisa langsung diaplikasikan ke wajah, nantinya produk akan mengangkat sisa kotoran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahapan Double Cleansing

Dilansir melalui Cosmopolitan, seorang ahli kecantikan dan pendiri Artisan of Skin menjelaskan bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan wajah.

Pertama menggunakan pembersih berbahan dasar minyak dan diakhir dengan berbahan dasar air. Berikut ini merupakan rangkaian tahapan double cleansing:

Tahap Double Cleansing

Kalian bisa menggunakan micellar water, oil cleanser, dan cleansing balm. Aplikasi produk ke area wajah secara merata.

Untuk kalian yang menggunakan micellar water dan oil cleanser membutuhkan kapas sebagai alat untuk mengaplikasikan produk.

Sedangkan, cleansing balm bisa langsung dioleskan ke wajah, seperti kalian menggunakan pelembab. Kemudian, bilaslah wajah menggunakan air.

Tahap Mencuci Muka Dengan Sabun

Setelah melewati rangkaian double cleansing, kalian perlu mencuci muka dengan sabun. Gunakan sabun cuci muka sesuai dengan kondisi dan permasalahan kulit wajah. Kemudian bilas hingga bersih dan lakukan tahapan skincare seperti biasa.

3 dari 4 halaman

Manfaat Metode Double Cleansing

Double cleansing merupakan metode serangkaian perawatan wajah yang bermanfaat. Hal ini dikarenakan, double cleansing bekerja optimal untuk mengangkat kotoran, polusi dan sisa make up.

Dengan begitu, kotoran tak akan menumpuk yang menyebabkan timbulnya permasalahan kulit wajah, seperti jerawat, bruntusan dan lain-lain.

Seorang ahli kecantikan dan pemiliki Beauty Done Right, Bianca Edward pembersihan wajah secara ganda dapat membantu merawat kondisi kulit.

“Tujuan dari double cleansing adalah untuk memastikan, pembersih yang dirancang untuk merawat kulit dan bekerja sesuai formulasinya,” kata Edward.

Jika kulit semakin bersih, nantinya semakin baik pula produk skincare dapat meresap ke dalam kulit. Inilah manfaat double cleansing yang dapat membantu produk perawatan bekerja lebih  optimal.

4 dari 4 halaman

Haruskah Double Cleansing Setiap Hari?

Ahli dermatologi kosmetik bersertifikat, Michele Green, MD, menjelaskan double cleansing setiap hari hanya diperlukan jika seseorang memakain riasan wajah saja. Hal ini dikarenakan, kotoran selain makeup bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan sabun cuci muka saja.

“Seseorang yang memakai riasan tebal setiap hari atau memilki kulit yang sangat berminyak akan mendapat manfaat dari pembersihan ganda secara teratur,” jelas Edward.

Akan tetapi, jika kalian banyak beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya melakukan metode double cleansing sebelum mencuci muka dan melakukan serangkaian skincare pada malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.