Sukses

Resmi Lakukan Wamil, Jimin Curhat Khawatir tentang Kondisi Jin BTS

Resmi laksanakan wajib militer, Jimin BTS curhat khawatir tentang kondisi Jin BTS lantaran kedekatan para anggota.

Liputan6.com, Jakarta - Wajib militer atau wamil adalah agenda wajib yang harus dilaksanakan seluruh laki-laki berkewarganegaraan Kores Selatan sebelum mereka berusia tiga puluh tahun.

Semua laki-laki Korea Selatan (Korsel) wajib melakukannya kecuali mereka yang mendapatkan pengecualian dan kebebasan untuk tidak melakukan wajib militer dari pemerintah.

Tak terkecuali dengan Kim Seokjin atau kerap disebut Jin BTS. Anggota tertua dari BTS ini resmi mendaftarkan diri dalam wajib militer pada Selasa, 13 Desember 2022.

Meskipun telah mengalami banyak perdebatan dan perbincangan apakah pemerintah Korea Selatan akan memberikan kebebasan untuk tidak melakukan wajib militer pada member BTS atau tidak.

Kemudian mereka juga telah mendapatkan kesempatan untuk menunda pendaftaran wajib militer, para anggota BTS memutuskan untuk melakukan wajib militer dengan Jin sebagai anggota pertama.

Kesedihan dan kerinduan yang dirasakan bukan hanya oleh para ARMY, namun pastinya juga dirasakan oleh member BTS yang selama sepuluh tahun terakhir melakukan banyak aktivitas bersama.

Kedekatan mereka semakin terlihat ketika keenam anggota lainnya ikut mengantarkan Jin ke lokasi di mana akan bertugas sebagai tentara militer. Tak lupa mereka melakukan foto bersama dengan pose memegang kepala botak dari Jin.

Hal itu juga terjadi dengan Jimin BTS, di mana ia mengungkapkan rasa khawatirnya kepada Jin melalui aplikasi Weverse pada Kamis (15/12/2022):

 

<p>Jimin BTS di Weverse</p>

Dalam unggahan yang berbunyi "우리 진형 훈련하고 있으려나" itu berarti "Aku ingin tahu apakah Jin hyung sedang latihan sekarang".

Selain itu, Jimin juga mengganti foto profil laman weversenya dengan selfie bersama Jin BTS yang diambilnya saat mengantarkan kakak tertuanya itu melakukan pendaftaran wajib militer bersama anggota lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan dari RM kepada Jin BTS

Sebagai seorang leader, Kim Namjoon atau kerap disapa dengan RM memberikan kata-kata perpisahan yang menyentuh untuk Jin.

Sebagai seorang anggota tertua yang sudah dianggap sebagai kakak laki-laki bagi keenam member lainnya, salam perpisahan seperti ini memang berat.

Untuk itu dalam episode "Bangtan Bomb: Jin's Entrance Ceremony wit BTS" RM mengungkapkan perasaan khawatir dan pesan-pesannya untuk Jin BTS.

"Aku khawatir tentang Jin hyung yang tidak suka dingin tapi adik-adiknya (member) akan segera menyusul. Rasanya tidak enak mengirim hyung pergi tapi hyung melakukannya dengan baik kemanapun dia pergi. Aku percaya dia akan melakukannya dengan baik. Memang rasanya tidak enak tapi itu sesuatu yang harus dilakukan semua orang. Jadi fighting hyung. Jangan sampai terluka, jaga kesehatan, dan aku akan melakukan persiapkan dengan baik juga. Fighting!" ucapnya.

3 dari 4 halaman

Pujian untuk ARMY karena Tidak Datang ke Lokasi Wajib Militer

BIGHIT MUSIC selaku agensi yang menaungi BTS memang sudah mewanti-wanti dan memperingati para penggemar mengenai pendaftaran wajib militer oleh Jin BTS.

Dalam pernyataan tersebut BIGHIT MUSIC melarang para penggemar atau "ARMY" untuk mendatangi lokasi wajib militer.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan karena akan banyak peserta wajib militer lain yang mendatangi lokasi tersebut juga.

Pernyataan lain juga memberikan penjelasan bahwa Jin BTS juga tidak akan melakukan jumpa media mengingat lokasi militer dapat terbilang sebagai lokasi yang rawan.

ARMY selaku penggemar BTS pun menuruti peraturan tersebut dengan tidak datang ke lokasi wajib militer dan mengirim dukungan melalui pesan-pesan di media sosial.

Hal tersebut mendapatkan pujian tak terkecuali para wartawan dan datang ke lokasi, mereka bahkan mengatakan "ARMY sangat luar biasa dan pandai menjaga ketertiban lebih dari yang dipikirkan orang, di bandara juga. Mereka mengikuti penyanyi mereka, karena penyanyi mereka juga baik hati."

4 dari 4 halaman

Jin BTS Bisa Baca Pesan dari Penggemar Sepanjang Wamil dengan Kotak Pos Daring

Ada satu kabar baik bagi ARMY alias penggemar BTS. Dikutip melalui Korea Joongang Daily, Rabu (14/12/2022), Jin mendapat kotak pos daring pribadi di The Camp, situs yang digunakan untuk menyampaikan surat online untuk para tentara yang tengah menjalani wamil.

Hal ini disampaikan dalam unggahan boot camp yang menjadi lokasi pelatihan Jin di Yeoncheon, Gyeonggi, Korea Selatan.

“Sebagai program percontohan, para trainee di unit kami diperbolehkan untuk menggunakan ponsel selama 30 menit per harinya. Mereka akan mengecek surat-surat yang diterima via online secara pribadi dengan menggunakan ponsel,” begitu pernyataan dari The Camp.

Jadi meskipun sedang melaksanakan wajib militer, penggemar tetap bisa melakukan interaksi dan mengungkapkan kerinduan mereka dengan Jin BTS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.