Sukses

Lionel Messi, Pemain Paling Subur Man of the Match di Sejarah Piala Dunia

Lionel Messi menjadi pemain terbanyak yang memenangkan Man of the Match di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Doha - Argentina secara resmi maju ke babak final Piala Dunia Qatar 2022. Hal itu didapatkan setelah membabat habis Kroasia tiga gol tanpa balas di Stadion Lusail di Lusail, Qatar pada Rabu (14/12/2022) waktu setempat.

Gol pertama Argentina dicetak oleh Lionel Messi lewat titik penalti pada menit ke-34. Julian Alvarez kemudian menambah keunggulan dengan mencetak dua gol, yaitu pada menit ke-39 dan menit ke-69.

Usai pertandingan, Lionel Messi tercatat sebagai Man of the Match. Tidak diragukan lagi, mengingat pemain dengan 7 Ballon d'Or tersebut selain memberikan 1 gol, juga berkontribusi dengan dua assist gemilangnya.

Dilansir Sportstar pada Rabu (14//12), penghargaan ini juga membuat Lionel Messi menjadi pemain terbanyak yang memenangkan Man of the Match di Piala Dunia 2022 Qatar dan sejarah Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Lionel Messi sejauh ini telah memenangkan empat penghargaan Man of the Match dari enam laga yang dimainkannya. Selain saat bertanding melawan Kroasia, Lionel Messi mendapatan penghargaan Man of the Match saat melawan Meksiko, Australia, dan Belanda.

Empat penghargaan Man of the Match ini juga membuat Lionel Messi menjadi pemain dengan penghargaan Man of the Match terbanyak di sejarah Piala Dunia dengan jumlah keseluruhan 10 buah. 

Sebelumnya di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Lionel Messi mendapatkan penghargaan Man of the Match saat berhadapan dengan Yunani. 

Kemudian berlanjut di Piala Dunia 2014 Brasil saat melawan Bosnia, Iran, Nigeria, dan Swiss. Serta di Piala Dunia 2018 saat melawan Nigeria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rekor Lain

Selain rekor Man of the Match, Lionel Messi juga menjadi pemain tersubur sepanjang masa Argentina di Piala Dunia. Total Lionel Messi telah membuat 11 gol di Piala Dunia, melebihi Gabriel Omar Batistuta dengan koleksi 10 gol.

Lalu, Lionel Messi juga menyamai rekor legenda Jerman Lothar Matthaus sebagai pemain yang paling sering main di Piala Dunia dengan total 25 penampilan dan akan melampauinya saat Argentina bermain di final Piala Dunia 2022.

3 dari 4 halaman

Rekor lebih Fantastis Lainnya

Rekor fantastis lain yang ditorehkan Messi di laga lawan Kroasia adalah menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang bisa mencetak gol dan assist dalam satu pertandingan Piala Dunia sebanyak empat kali.

Sebelum melawan Kroasia, Lionel Messi telah melakukannya saat melawan Belanda dan Meksiko di Piala Dunia 2022 Qatar dan saat melawan Serbia di Piala Dunia 2006 Jerman.

Lionel Messi juga turut mensejajarkan diri dengan legenda sepak bola seperti Salvatore Schillaci, Roberto Baggio, Hristo Stoichkov, Davor Suker dan Wesley Sneijder karena bisa membuat gol di babak 16 besar, perempat final dan semifinal pada satu edisi Piala Dunia sekaligus.

4 dari 4 halaman

Calon Golden Ball

Lionel Messi memperbesar peluang meraih Golden Boot setelah mencetak satu gol saat berlaga melawan Kroasia. Messi kini sudah membuat lima gol dan bersama Kylian Mbappe memimpin daftar top skor Piala Dunia sementara.

Selain berpeluang membawa pulang Sepatu Emas, Lionel Messi juga sangat berpeluang mendapatkan Golden Ball, yakni penghargaan untuk pemain terbaik di turnamen Piala Dunia.

Jika Lionel Messi berhasil memenangkan pernghargaan tersebut, dirinya akan menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan dua Golden Ball di sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya Lionel Messi telah mendapatkan penghargaan tersebut di Piala Dunia 2014 Brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.