Sukses

3 Mitos dan Takhayul tentang Kucing Hitam

Ada beberapa mitos yang melekat pada kucing hitam, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Kucing dikenal sebagai hewan yang lucu dan menggemaskan, tak heran banyak manusia mengadopsi kucing sebagai hewan peliharaan mereka di rumah. 

Hewan berbulu satu ini memiliki macam-macam jenis dan warna rambutnya. Ada yang berwarna putih, oren, abu-abu belang alias tabby, hingga hitam.

Dari banyaknya warna rambut kucing, orang banyak memilih kucing berwarna putih, oren, abu-abu, atau belang alias tabby. Meski lebih sedikit jadi pilihan, ada juga orang yang memilih kucing hitam sebagai hewan peliharaan.

Ketika seseorang memilih memelihara kucing hitam, meski baru dirawat sebentar, diyakini kucing tersebut bakal jadi teman setia seumur hidupnya. Bahkan, selama berabad-abad dipercaya bahwa kucing dengan warna bulu gelap telah menanggung stigma budaya dan mitos sejarah, takhayul, dan dongeng yang membuat mereka dipuja sekaligus ditakuti.

Mengutip laman The Spruce, Rabu (14/12/2022), ada mitos kucing hitam lebih jarang diadopsi daripada kucing warna lain. Bahkan, dikatakan para pekerja di tempat penampungan hewan terlihat takut menempatkan kucing hitam berkat persepsi yang melekat.

Ada pula mitos yang menyebut, jika seseorang mendapati kucing hitam melintas di depan mereka, mereka akan mendapat kesialan. Benarkah? Penasaran mitos apa saja yang beredar tentang si kucing hitam, berikut tiga di antaranya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kucing hitam adalah penyihir yang sedang menyamar

Jika kamu ketakutan saat melihat kucing hitam, hal itu mungkin berhubungan dengan cerita rakyat abad pertengahan yang membuat reputasi kucing hitam jadi buruk dibanding kucing warna lainnya. 

Kucing hitam telah lama dikaitkan dengan penyihir dan sihir. Konon ceritanya bermula ketika seekor kucing hitam terlihat berlari ke sebuah rumah yang diduga dihuni oleh seorang penyihir.

Kucing hitam yang berkeliaran itu dianggap sebagai penyihir yang menyamar, hewan peliharaan penyihir, atau setan berbentuk binatang yang dikirim oleh penyihir untuk memata-matai manusia.

Dari awal abad ke-13 di Eropa hingga Pengadilan Penyihir Salem abad ke-17 di Massachusetts, Amerika Serikat, kucing hitam dibunuh bersama dengan mereka yang dianggap penyihir.

Bahkan, diketahui kucing hitam telah berevolusi menjadi ikon segala sesuatu yang berhubungan dengan sihir, terutama selama musim Halloween. Tak heran dalam film, penyihir kerap digambarkan memiliki kucing hitam sebagai hewan peliharaannya. 

 

3 dari 4 halaman

2. Kucing hitam adalah tanda kesialan

Seekor kucing hitam juga diasosiasikan dengan nasib buruk, bahkan kematian. Ketakutan terhadap kucing hitam ini tampak berasal dari abad Pertengahan, ketika seekor binatang dengan bulu gelap ini, termasuk gagak menandakan kematian.

Di Italia abad ke-16, diyakini bahwa kematian akan segera terjadi jika seekor kucing hitam berbaring di ranjang seseorang yang sakit. Begitu juga, di zaman modern Amerika Utara, konotasi negatif terus menghantui kucing hitam.

Orang dianggap bakal mengalami kesialan jika kucing hitam melintasi jalannya. Sebaliknya, orang dianggap akan beruntung jika jalannya dilintasi kucing putih saat sedang berjalan.

Selain itu, ada pula mitos bahwa anggota keluarga lain pasti akan mati jika melihat kucing hitam selama prosesi pemakaman. Ada pula mitos, jika seseorang melihat kucing hitam menjauh dari mereka, hal itu merupakan pertanda buruk. 

4 dari 4 halaman

3. Kucing hitam dipercaya sebagai pembawa keberuntungan

Selain mitos-mitos negatif, ada pula sebuah mitos yang menyebut kucing hitam bisa membawa keberuntungan dalam banyak hal. Seperti di Mesir kuno, kucing hitam dijunjung tinggi karena mirip dengan Bastet, dewi Mesir.

Kucing hitam juga dianggap membawa keberuntungan di belahan dunia lain. Misalnya di Asia dan Inggris ada mitos bahwa pemilik kucing hitam akan mendapatkan keberuntungan dalam hidup. 

Di Jepang, ada mitos bahwa seseorang akan beruntung dengan kehidupan percintaannya jika melihat kucing hitam. Lalu, di beberapa wilayah Inggris, pengantin wanita disebut-sebut bakal beruntung dalam kehidupan pernikahannya jika ia mendapatkan hadiah kucing hitam.

Lain lagi di Eropa, ada mitos bahwa pelaut bakal aman dan selamat dalam perjalanan jika mereka membawa kucing hitam di dalam kapal. Lalu di Skotlandia, orang dianggap bakal mendapat kemakmuran jika seekor kucing hitam muncul di depan rumah. 

Kemudian di Prancis ada mitos bahwa suatu hal ajaib yang akan terjadi jika seseorang melihat kucing hitam. Bagaimana menurut kamu, apa kamu percaya kucing hitam membawa kesialan atau justru keberuntungan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.