Sukses

10 Aplikasi Ini yang Membuat Baterai Smartphone Boros

Daftar 10 Aplikasi yang membuat boros baterai ponsel kalian

Liputan6.com, Jakarta - Hal yang seringkali luput dari perhatian pengguna ponsel pintar (smartphone) adalah aplikasi. Tanpa disadari perangkat lunak yang Anda unduh (download) telah menguras baterai cepat habis.

Gegara aplikasi ini, baru digunakan beberapa jam saja, baterai smartphone yang semula penuh tiba-tiba tersisa beberapa persen saja.

Oleh sebab itu, agar konsumsi energi baterai smartphone berkurang, sebaiknya sederet aplikasi di bawah ini jika memang tidak diperlukan tak usah diunduh.

Berikut 10 aplikasi yang dapat menguras baterai Anda, seperti dikutip dari GizChina pada Selasa, 13 Desember 2022.

- Fitbit

- Uber

- Skype

- Facebook

- Airbnb

- Instagram

- Tinder

- Bumble

- Snapchat

- WhatsApp

Organisasi yang menyusun data ini adalah pCloud, sebuah firma riset. Guna mencapai hasil ini, mereka membuat daftar aplikasi yang paling menguras baterai smartphone.

Tidak peduli seberapa hebat aplikasi-aplikasi tersebut, menurut entitas, mereka sangat memengaruhi masa pakai baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam Aplikasi yang Menguras Baterai

Fitbit dan Verizon adalah Aplikasi yang Paling Banyak Menguras Baterai

Aplikasi Fitbit dan Verizon merupakan aplikasi yang paling membuat daya baterai berkurang, 14 dari 16 sumber daya yang tersedia dapat digunakan oleh kedua aplikasi di latar belakang.

Termasuk empat yang paling intensif sumber daya. Kamera, lokasi, mikrofon, dan koneksi wifi. Karena itu, aplikasi-aplikasi ini menerima skor studi tertinggi (92,31 persen).

Aplikasi Sosial Media

Menurut pClouds aplikasi media sosial menyumbang enam dari 20 aplikasi yang boros baterai di ponsel Anda. Rata-rata, 11 sumber daya tambahan yang digunakan termasuk foto, wifi, lokasi, dan mikrofon.

Mereka dapat berjalan di latar belakang di Facebook, Instagram, Snapchat, Youtube, WhatsApp, dan Linkedin.

Masing-masing aplikasi ini menggunakan lebih banyak energi untuk beroperasi, yang membuat baterai ponsel Anda lebih terbebani.

Aplikasi Kencan Online

Menurut penelitian, aplikasi kencan online menggunakan baterai ponsel sama cepatnya dengan emosi. 15 persen dari aplikasi pembunuh teratas adalah aplikasi kencan online seperti Tinder, Bumble, dan Grinder.

Aplikasi tersebut mengizinkan rata-rata 11 sumber daya untuk berjalan di latar belakang. Kurangnya mode gelap membuat ketiga aplikasi kencan lebih boros energi untuk digunakan, yang mempercepat pengurasan baterai.

3 dari 4 halaman

Aplikasi Perjalanan

Aplikasi penerbangan semacama United Airlines menggunakan penyimpanan ponsel paling banyak (437,8MB). Diikuti oleh aplikasi Lyft dan Uber dengan kebutuhan penyimpanan masing-masing 325,1MB dan 299,6MB.

Semua aplikasi tersebut membutuhkan banyak penyimpanan, yang memperlambat ponsel Anda dan menggunakan penyimpanan.

Ketika Anda tidak menggunakan jasa penerbangan, Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi penerbangan agar ponsel terasa lebih ringan dalam beroperasi. 

Namun, jika menyangkut transportasi yang sering dipakai setiap hari, aplikasi seperti Lyft dan Uber, khusunya Indonesia Gojek atau Grab lebih merupakan kebutuhan.

Pastikan Anda hanya memiliki satu aplikasi transportasi yang dapat dipercaya. Jadi Anda dapat menghemat ruang untuk aplikasi lain dan membuat ponsel Anda berjalan lebih cepat daripada menghapus keduanya.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Menghentikan Aplikasi Yang Menguras Baterai

Sebenarnya opsi yang lebih baik meng-uninstall aplikasi yang dirasa memakan daya berlebihan, tapi cara lainnya dapat dilakukan dengan memilih untuk mematikan aktivitas latar belakang atau izin lokasi. 

Meskipun tidak terbuka, setiap aplikasi Android berfungsi di latar belakang. Sama seperti layanan lain seperti Instagram dan Facebook, WhatsApp melakukannya untuk mengirimi Anda pemberitahuan yang relevan. 

Perlu diketahui, mematikan aktivitas latar belakang, dapat mencegah atau menghilangkan notifikasi pemberitahuan sampai Anda menggunakan kemballi aplikasi tersebut. 

Disarankan untuk menggunakan cara-cara ini dalam keadaan khusus. Dan tidak dengan aplikasi yang benar-benar diperlukan. Berikut cara mematikan aktivitas latar belakang di pengaturan smartphone. 

  • Masuk ke pengaturan smartphone Android Anda.
  • Pergi ke "Baterai" di menu.
  • Pilih "Optimalkan penggunaan baterai" di bawah "Pengaturan lanjutan" dari menu.
  • Ketuk "Don't optimize" setelah memilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan aktivitas latar belakangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.