Sukses

Hoaks Video Oso Dukung Anies Baswedan, Hanura Masih Tunggu Arahan Jokowi soal Capres 2024

Viralnya video Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta atau Oso yang disebut-sebut mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang ternyata hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Viralnya video Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta atau Oso yang disebut-sebut mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang ternyata hoaks.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah menegaskan, Oso tak pernah mengeluarkan pernyataan maupun deklarasi untuk mendukung eks Gubernur DKI itu menuju RI 1.

"Hoaks itu, tidak benar, tak pernah Pak Oso mengeluarkan statemen seperti itu. Jadi saya tegaskan sekali lagi, video yang beredar berisi narasi Ketua Umum Hanura Bapak Oesman Sapta mendukung Anies Baswedan Itu hoaks," ujar Kodrat melalui keterangan tertulis, Minggu (11/12/2022).

Dia kemudian mengecam pihak-pihak yang tak bertanggung jawab karena telah menyebar video hoaks hingga viral di masyarakat.

"Sangat kami sesalkan, dan kami kecam. Mereka berani-beraninya menyebarkan (video hoaks) yang jelas tak bertanggung jawab," ucap Kodrat.

"Tidak pernah kami Hanura, apalagi Ketua Umum kami deklarasi Anies sebagai capres," sambungnya.

Tak sampai disitu, terkait sosok capres di Pilpres 2024, Kodrat mengungkapkan, Partai Hanura masih menunggu arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Kami pada saatnya akan mendukung capres-cawapres. Tentu mendukung yang potensi menangnya besar. Dan juga pasangan yang jelas dan tak diragukan Pancasila serta kebhinnekaannya. Bukan yang mengusung politik identitas," ungkap Kodrat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fokus Verifikasi Faktual

Menurut Kodrat, Partai Hanura kini sedang fokus untuk menghadapi verifikasi faktual partai politik, dan mempersiapkan strategi untuk meraih kemenangan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang.

"Hanura prinsipnya siap menang. Insya Allah, kami kembali menjadi peserta pemilu & lolos ke Senayan, dan mengirimkan sebanyak-banyaknya kader, lebih dari 4 persen kursi di Senayan," tutup Kodrat.

Sebelumnya, viral video berisi narasi Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau Oso mendukung Anies Baswedan sebagai capres di media sosial.

Sebenarnya, dalam video yang beredar di berbagai platform media sosial tersebut, Oso hanya berbicara pentingnya pemimpin yang dapat meneruskan pembangunan dan program baik pemimpin sebelumnya. Juga keberpihakan pemimpin nasional kepada daerah.

Namun, video tersebut dibubuhi tulisan, "Resmi, DPP Hanura Deklarasikan Anies Capres".

Selain itu, anehnya, setelah suara Oesman Sapta, muncul suara dari berbagai orang yang berbeda yang menyatakan, Anies the best dibanding capres lain.

Ada juga yang menyebut, Jokowi lebih terhormat mendukung Anies dan Rizieq Shihab. Selain itu, terdengar suara Rocky Gerung dan kompilasi suara dari orang lain yang tak berhubungan sama sekali dengan pernyataan Oesman Sapta Odong.

 

3 dari 4 halaman

Siap Hadapi Pemilu 2024

Sebelumnya, jajaran pengurus Dewan Pimpinan Pusat Partai Hati Nurani Rakyat (DPP Hanura) kompak mengadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masa bakti 2020-2025 pada Kamis (10/11/2022) di Hotel Tarakan Plaza, Kota Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Tak hanya acara pelantikan, Partai Hanura juga memberikan pendidikan politik dan melakukan konsolidasi DPD, DPC,PAC DAN anggota DPRD Provinsi, kabupaten/kota Partai Hanuta Se-Kalimantan Utara.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta atau Oso melantik langsung jajaran pengurus DPD partai berwarna orange itu dengan didampingi para wakil dan jajaran pengurus DPP.

"Apakah kalian siap dilantik menjadi pengurus DPD Hanura Kalimantan Utara. Saya Ketua Umum DPP Hanura Oesman Sapta, resmi melantik dan mengukuhkan pengurus pimpinan daerah Kalimantan Utara masa bakti 2020-2025," kata OSO dalam pidatonya dan disambut kata 'siap' oleh seluruh kader Partai Hanura di Kaltara melalui keterangan tertulis, Kamis 10 November 2022.

Melihat rasa semangat kader Hanura di Kaltara, mantan Wakil Ketua MPR RI ini menyakini, partainya akan meraup suara besar di Pemilu 2024.

"Saya yakin dan percaya, dikepemimpinan saudara, Partai Hanura akan meraih kemenangan pada Pemilu 2024 di provinsi Kalimantan Utara," ucap Oso.

"Berkumpulnya kali ini, adalah cermin kekuatan pada partai itu sendiri. Karena mewakili banyak orang," sambung Oso.

Kemudian, jelang Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, Oso berpesan agar seluruh kader dan pengurus Hanura di Kaltara untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Ia mengungkapkan, target menang Partai Hanura di Pemilu 2024, jangan sampai ternodai dengan sikap memusuhi lawan.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Bahas SARA

Selain itu, Oso juga mengingatkan agar tidak saling menyinggung satu sama lain sesama bangsa Indonesia.

"Tapi ingat, tidak kalah dan tidak memusuhi lawan. Ingat waktu pertempuran kemerdekaaan Republik Indonesia tahun 1945? pernah nggak ada yang ditanya, hei apa agama-mu? Nggak ada kan. Apa suku-mu, apa partai-mu, nggak ada. Apa warna kulit-mu? Nggak ada," ucap dia.

"Semua berjuang untuk merdeka. Jadi kalau ada yang sekarang mengklaim-mengklaim dia pejuangnya, itu tidak benar!," lanjut Oso.

Dengan mengedepankan rasa persatuan, Oso yakin Partai Hanura akan menjadi partai terkuat di Kaltara.

Tak lupa, OSO juga berpesan, agar seluruh kader Hanura menghormati semua suku yang ada di Indonesia, terkhusus di pulau Kalimantan.

"Kita sekarang masuk di jaman digital modern, warga kita, bangsa kita, diseluruh Kalimantan, harus mengecap pendidikan dengan sistem yang modern. Kita disini keluarga besar, jaga persatuan itu. Kalau kita jaga persatuan itu, maka kita akan menjadi orang paling kuat di Kalimantan," tutur Oso.

"Hormati suku-suku yang ada disini. Terutama Suku Dayak yang ada disini, itu orang tua kita, jangan ada perbedaan," tegas Oso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.