Sukses

Selain Jepang, 4 Timnas Ini Disambut Meriah Saat Pulang dari Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia dikenal sebagai kompetisi sepak bola bergengsi dunia yang diselenggarakan empat tahun sekali. Piala Dunia menjadi ajang bertemunya timnas sepak bola top dari seluruh dunia.

Dalam kompetisi seperti ini kita akan melihat bagaimana kerasnya perjuangan para pesepak bola untuk mengharumkan nama negaranya masing-masing.

Tapi seperti kompetisi-kompetisi lain, Piala Dunia tidak hanya berisi euforia kemenangan, tetapi juga tangis kekalahan akibat harus pulang atau tersingkir terlebih dahulu.

Walau begitu, para pendukung timnas yang telah berlaga di Piala Dunia pasti merasa bangga dengan perjuangan para pemainnya. Banyak yang menunggu kepulangan tim nasional mereka untuk memberi sambutan dan terima kasih. Seperti yang baru-baru ini dirasakan oleh tim nasional Jepang.

Seperti yang kita ketahui, tim nasional Jepang harus pulang dari Piala Dunia 2022 Qatar setelah kalah dalam adu penalti melawan Kroasia di babak 16 besar. Walau begitu sesampainya di rumah, apresiasi besar diberikan kepada tim berjulukan Samurai Biru tersebut.

Dilansir Mainichi Shimbun Kamis (8/12/2022), seluruh elemen timnas Jepang mendapatkan sambutan besar bak pahlawan saat sampai di bandara Narita. Sambutan ini datang dari warga Jepang yang merasa bangga dengan perjalanan timnas mereka di Piala Dunia Qatar 2022

Terlihat dalam foto yang dibagikan di media sosial, pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu, dan beberapa pemainnya membawa buket bunga sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan yang telah diberikan.

Selain Jepang, berikut sambutan yang diterima beberapa tim nasional usai gagal menyabet Piala Dunia 2022 Qatar. Mulai dari Korea Selatan, Australia, Wales, dan Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Korea Selatan

Selain Jepang, wakil Asia lainnya yakni tim nasional Korea Selatan juga mendapatkan perlakuan yang sama walau kalah dari Brasil dengan skor telak 4-1.

Dilansir dari Yonhap, The Taeguk Warriors, julukan untuk tim nasional Korea Selatan, mendarat dengan selamat di bandara internasional Incheon pada Rabu (7/12/22) pukul 16.30 waktu setempat. Kepulangan mereka disambut riuh tepuk tangan dan rasa bangga para penggemar.

Ucapan selamat juga diberikan kepada pelatih Koea Selatan yakni Paulo Bento, yang berhasil memboyong tim asuhannya sampai ke babak 16 besar.

Selain itu dilansir Korean JoongAng Daily, Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol, juga akan mengadakan acara makan malam dengan tim nasional Korea Selatan untuk memberikan ucapan terima kasih atas pencapaian mereka di Piala Dunia 2022 Qatar.

3 dari 5 halaman

Australia

Perjalanan Australia dalam Piala Dunia 2022 Qatar harus terhenti setelah kalah melawan Argentina. Lionel Messi cs berhasil mengalahkan Australia dengan skor tipis 2-1.

Sesampainya di rumah, timnas Australia juga mendapatkan sambutan meriah. Dilansir 9News, beberapa pemain mendarat di Bandara Melbourne dan telah ditunggu banyak penggemar yang berteriak-teriak untuk berswafoto.

Terlihat juga banyak anak-anak datang untuk meminta kaos sepak bola mereka ditandatangani.

4 dari 5 halaman

Wales

Seperti yang kita ketahui, Wales gagal melaju ke babak 16 besar setelah berada di posisi keempat Grup B di bawah Iran, Amerika Serikat, dan Inggris.

Namun dilansir BBC, kegagalan Wales ini tidak menghalangi lebih dari 100 orang, yang kebanyakan anak-anak, datang untuk menyambut para pemainnya sesampai di Bandara Cardiff.

Para penggemar merasa bangga atas perjalanan timnas mereka di Piala Dunia 2022 Qatar, mengingat ini adalah Piala Dunia pertama mereka dalam 64 tahun terakhir.

5 dari 5 halaman

Iran

Berbeda dengan Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Wales, tim nasional Iran sesampainya di rumah disambut respons yang campur aduk. 

Dilansir New York Post, di tengah protes anti-pemerintah, para pemain Iran yang baru sampai di Bandara Imam Khomeini di Teheran disambut para penggemar yang banyak di antaranya membawa bendera.

Sebelumnya di Piala Dunia 2022 Qatar, Iran memiiki kesempatan untuk melaju ke babak 16 besar. Tapi kesempatan itu kandas saat kalah 1-0 melawan Ameika Serikat. Kekalahan itu dirayakan di beberapa kota Iran.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS