Sukses

5 Cara yang Dapat Kamu Lakukan untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu pernah mencoba menulis surat cinta untuk diri sendiri, memberikan pujian saat kamu berada di depan cermin dan mengatakan "Aku mencintaimu" pada bayanganmu, padahal mungkin saja kamu tidak benar-benar mempercayainya.

Sebetulnya, mencintai diri sendiri itu ditunjukkan pada tindakan, seperti apa yang akan kamu  lakukan setiap hari untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa kamu menyenangkan, pantas, dan berharga. Misalnya, pekerjaan yang membuat kamu bahagia atau hubungan. 

Melansir laman The Everygirl, Jumat (9/12/22) berikut 5 tindakan nyata yang dapat kamu lakukan untuk lebih mencintai diri sendiri, di antaranya:

1. Kenali diri sendiri

Meskipun kita telah bersama diri sendiri sejak lahir hingga kini, tetapi semua itu tidak cukup sebagai bukti kamu mencintai dirimu. Namun, ada beberapa hal lain seperti, seberapa baik kamu benar-benar mengenal dirimu, mengetahui apa yang kamu suka, hal apa yang membuat bahagia, dan apa yang kamu inginkan dari hidup.

Sebab, seseorang bisa mengatakan mencintai diri sendiri, tetapi tidak cukup mengenal dirinya. Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan tentang apa yang kamu yakini, hargai, dan sukai, dan kenali kekuatan kamu.

Dengan mengenal diri sendiri juga berarti jujur ​​​​pada diri sendiri, sebab cinta sejati berarti kejujuran dan tanggung jawab. Jadi, tingkatkan kesadaran diri dengan tidak lagi meremehkan diri sendiri sehingga kamu dapat menerima diri kamu sepenuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Maafkan diri sendiri

Umumnya seseorang menjadi tidak cinta terhadap dirinya sendiri, sebab berpegang pada hal-hal yang terjadi di masa lalu. Momen memalukan yang menghantui hingga hari ini atau  kesalahan serius yang masih dibiarkan mengganggu.

Jika kamu selingkuh dalam hubungan, dipecat dari pekerjaan, atau mengingat setiap momen memalukan di masa kecil, jangan befikir bahwa semua itu bukti bahwa kamu tidak dapat dicintai.

Melainkan, lihat bagaimana kamu telah berubah sejak kesalahan masa lalu atau saat-saat memalukan itu. Sadarilah betapa saat-saat terburuk sekalipun telah membuat kamu lebih kuat dan lebih baik.

Sebab, tanpa hubungan yang gagal, mungkin hingga saat ini kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan dalam suatu hubungan, dan tanpa dipecat, mungkin kamu tidak akan menemukan gairah baru atau berada di tempat yang saat ini.

Pada intinya, belajarlah melihat diri sendiri sebagai manusia yang sedang tumbuh, bukan sebagai kompilasi dari kesalahan masa lalu.

3 dari 5 halaman

3. Berani berkata tidak pada sesuatu

Mengatakan "tidak" saat kamu bermaksud tidak, menandakan bahwa kamu telah menempatkan kebutuhanmu di atas kebutuhan orang lain.

Misalkan, saat rekan kerja yang meminta bantuan saat kamu sudah kewalahan dan  kelelahan lalu kamu memilih menyetujuinya hanya karena rasa sungkan.

Perlu diperhatikan, setiap kali kamu mengatakan "ya" ketika ingin mengatakan "tidak", menempatkan pendapat dan kebutuhan orang lain di atas pendapat kamu sendiri,hal itu akan membangun lebih banyak bukti bahwa kamu bukanlah prioritas.

Sehingga, mulailah untuk tidak ragu, mengatakan yang sesuai, yakni "ya" jika kamu bermaksud ya dan "tidak" jika memang kamu tidak menginginkan hal itu.  

4 dari 5 halaman

4. Perlakukan dirimu seperti Anda memperlakukan orang yang Anda cintai

Hubungan terpenting dalam hidup sebenarnya adalah hubungan yang kamu miliki dengan diri sendiri. Jadi, mulailah memelihara hubungan itu seperti yang kamu lakukan dengan sahabat, ibu, atau orang penting lainnya.

Mencintai diri sendiri cukup sederhana, layaknya kamu mememperlakukan orang yang kamu cinta dengan memberikan mereka hadiah, pujian, atau mengucapkan "selamat malam" sebelum tidur. Cara-cara memperlakukan orang itulah yang harus juga menjadi cara kamu memperlakukan diri sendiri.

Sekarang, saatnya mulailah memberikan semua itu pada dirimu sendiri, yakni pujian, manjakan diri secara teratur, atau bercermin dan ucapkan "selamat malam" sebelum tidur. 

 

5 dari 5 halaman

5. Bicaralah pada diri sendiri sebagai seorang anak

Diketahui bahwa bagaimana cara kamu berpikir, berbicara pada diri sendiri, dan melihat dunia belum tentu siapa diri kamu, yang artinya bisa disesuaikan untuk lebih mencintai diri sendiri. Kamu dapat mengubah cara pandang tehadap diri sendiri dengan mengubah dialog batin.

Untuk berbicara kepada diri sendiri dengan lebih ramah dan merasa lebih optimis, cobalah berbicara kepada dirimu seperti anak kecil. Sebab, seringkali kita jauh lebih pemaaf, penyayang, dan penuh kasih ketika kita melihat diri kita sebagai anak-anak daripada sebagai diri kita yang dewasa.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS