Sukses

Tak Usah Bingung, Lakukan 9 Cara Ini saat Kamu Butuh Me Time

Liputan6.com, Jakarta - Meluangkan waktu untuk me time menjadi sebuah keistimewaan bagi setiap individu. Ketika seseorang berhasil mendapatkan waktu luang, biasanya mereka malah bingung ingin melakukan kegiatan seperti apa.

Me time adalah waktu yang diluangkan untuk diri sendiri tanpa adanya gangguan dari orang lain. Padatnya aktivitas terkadang membuat seseorang mudah jenuh dan cenderung lelah dengan apa yang ia jalani.

Memanfaatkan waktu luang untuk menyendiri perlu dilakukan agar seseorang bisa mengenal dirinya sendiri lebih jauh lagi.

Istirahatkan pikirkan guna mencegah rasa jenuh yang menyebabkan timbulkan stres, kecemasan dan penyakit mental lainnya.

Mengambil waktu luang untuk diri sendiri dapat bermanfaat bagi kehidupan seseorang, diantaranya lebih peka terhadap isi hati, mengisi ulang energi, mengenal diri lebih dalam, mengembalikan suasana hati dan lain sebagainya.

Dilansir dari womansday, Kamis (8/12/2022), kebanyakan orang masih takut untuk melakukan sesuatu sendiri, tetapi seseorang sangat membutuhkan me time disela-sela kesibukannya.

Dalam sebuah studi British Journal of Psychology, para ilmuwan menemukan, orang yang sangat cerdas sekalipun terkadang merasa kurang puas saat menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman.

Dengan kata lain, mereka lebih baik menghabiskan waktu yang berkualitas untuk diri sendiri untuk kesejahteraannya. Berikut merupakan cara yang bisa kalian lakukan untuk mengisi me time:

 

1. Berkunjung ke Museum

Cobalah untuk berkunjung ke museum atau pameran kesenian lainnya. Melihat berbagai macam objek mungkin dapat menginspirasi pikiran dan menjernihkan otak.

Kalian bisa membebaskan pikiran tanpa membebani segala permasalahan yang menumpuk di otak. Selain itu, berkunjung ke museum pun membuat kalian mendapatkan pengetahuan baru yang lebih luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Melihat Bintang hingga Berjemur di Pagi Hari

2. Menatap Bintang

Menatap bintang di teras rumah mungkin bisa menjadi rekomendasi ketika kalian ingin meluang waktu untuk me time. Langit terbuka lebar dengan hamparan bintang yang meluas begitu indah dipandang.

Melihat kerlap-kerlip bintang akan membantu diri lebih rileks, sehingga otak menangkap sinyal agar bisa santai sejenak.

 

3. Beribadah

Mendekatkan diri dengan sang pencipta dapat membantu seseorang lebih tenang dan menjauhi segala hiruk pikuk kehidupan di dunia.

Bagaimana pun juga, kita sebagai manusia yang diciptakan oleh Tuhan perlu sadar kehidupan di dunia hanyalah sementara. Oleh karena itu, kita perlu mengucap rasa syukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada diri kita.

 

4. Berjemur di Pagi Hari

Luangkan waktu untuk duduk santai berjemur menghadap ke arah sinar matahari di pagi hari. Nikmati pemandangan indah, sebelum melakukan aktivitas panjang.

Siapkan secangkir kopi atau teh hangat untuk menemani diri bersantai ketika menyendiri guna menenangkan pikiran.

3 dari 4 halaman

Coba Masak di Dapur hingga Hal Baru

5. Coba Eksperimen Baru di Dapur

Mencoba berbagai macam masakan baru bagi kalian yang hobi memasak di dapur mungkin lebih cocok untuk mengisi waktu me time.

Apalagi, ketika menu masakan yang kalian buat sungguh menggiurkan dan terasa sedap. Kalian pun bisa menyajikan masakan tersebut ke orang terkasih, seperti teman dan keluarga terdekat.

 

6. Nikmati Perawatan Spa

Datang ke tempat perawatan spa, mungkin menjadi rekomendasi terbaik untukmu ketika bingung ingin melakukan kegiatan apa saat me time. Selain mengistirahatkan otak dan pikiran, kalian pun perlu memanjakan diri.

Kalian bisa memilih perawatan diri, seperti pijatan kepala hingga badan. Perawatan seperti ini pun dipercaya dapat membantu mengatasi kecemasan, depresi dan sakit kepala.

 

7. Mencoba Hobi Baru

Cobalah mencari aktivitas baru yang belum pernah kalian lakukan sebelumnya. Hidup ini begitu singkat, jika kalian hanya melakukan kegiatan itu-itu saja.

Temukan hobi baru yang dapat menambah kemampuan dirimu, seperti fotografi, berkebun, ataupun merajut.

Contoh saja, ketika kalian menggeluti fotografi, kalian pun memerlukan waktu untuk hunting beberapa objek menarik. Dengan begitu, secara tidak langsung kalian bisa mengunjungi banyak tempat yang tak pernah didatangi sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Night Ride dan Pergi ke Pantai

8. Night Ride

Luangkan waktu untuk pergi mengelilingi kota di mana tempat kalian tinggal. Nyanyikan lagu-lagu favorit kesukaan kalian di malam hari dinilai mampu menambah energi, setelah terkuras habis seharian.

Jika kalian berkendara dengan motor, hindari menggunakan earphone ketika mendengarkan lagu, karena akan berbahaya untuk keselamatan.

Akan tetapi, jika kalian menggunakan mobil, cobalah untuk mendengarkan beberapa musik kesukaan dan mulailah bernyanyi.

 

9. Pergilah ke Pantai

Habiskan waktu akhir pekan untuk datang ke pantai yang indah. Bersantai di area pesisir pantai dengan mendengar hamburan ombak dinilai mampu menenangkan pikiran.

Selain itu, kalian pun bisa bermain pasir dan ombak yang datang ke pinggir pantai. Tak hanya itu, kalian bisa santai sejenak berbaring di pasir menggunakan alas sambil membaca buku atau mendengarkan lagu guna menyegarkan diri dan menghilangkan stres.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS