Sukses

Gantikan Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos Cetak Hat-trick Perdana di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Portugal membukukan tempat mereka di perempat final Piala Dunia 2022 untuk pertama kalinya selama 16 tahun dengan kemenangan mengesankan 6-1 atas Swiss, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Bermain di Stadion Lusail, Qatar, striker Portugal, Goncalo Ramos, mencetak trigol perdana di Piala Dunia Qatar 2022, meskipun pelatih Fernando Santos memutuskan untuk mencadangkan Cristiano Ronaldo (CR7).

Disebut sebagai pengganti CR7, Goncalo Ramos yang berusia 21 tahun ini membawa timnya masuk perempat final dengan mencetak gol pertama di menit ke-17 dan menggandakannya lebih awal di babak kedua.

Pada menit ke-67 dalam situasi satu lawan satu, ia menyempurnakan pemilihannya dengan hat-trick. Sementara, bek veteran Pepe, Raphael Guerreiro, dan pemain cadangan Rafael Leao pun mencetak gol.

Melansir dari Sportstar, Rabu (7/12/2022), ini adalah hat-trick babak sistem gugur pertama sejak Tomas Skuhravy dari Timnas Republik Ceko melawan Kosta Rika pada tahun 1990.

Dalam video yang dipublikasikan oleh FIFA di akun Twitter @FIFAWorldCup, Goncalo Ramos memberikan sedikit pernyataannya ketika ditanya wartawan terkait keteguhan dia dalam merebut trofi Piala Dunia 2022 Qatar

"Itu tugas yang sulit. Kami telah menunjukkan potensial, tetapi butuh ambil satu pertandingan dalam satu waktu, tidak fokus untuk memenangkan turnamen," katanya.

Portugal kini siap untuk mengunci tanduk melawan Maroko di perempat final pada 10 Desember mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ronaldo Akan Menjadi Pemain yang Sedikit Berperan Selama Sisa Pertandingan Piala Dunia 2022

Duduk di bangku cadangan Piala Dunia untuk pertama kali dalam kariernya, Ronaldo akan segera menyadari bahwa itu adalah situasi yang mencekam.

Entah Swiss akan menang dan dia akan tersingkir dari Piala Dunia kelima dan terakhirnya. Atau, Portugal yang akan lolos dan Santos tidak mungkin mengubah tim pemenang untuk perempat final melawan Maroko pada Sabtu mendatang.

Santos tidak bisa menjatuhkan Ramos setelah ia mencetak trigol, bahkan jika dia tidak membuat dampak individu yang luar biasa, Timnas Portugal masih terlihat jauh lebih tokcer tanpa Ronaldo di timnya.

Saat Ronaldo masuk pada menit ke-73 menggantikan Ramos, rekan-rekan setimnya langsung mulai melebar mencari bola dan melepaskan umpan silang ke dalam kotak dan berharap pemain nomor 7 ini mencetak gol sundulan terbaiknya.

Bahkan pada usianya yang ke-37 ini, Ronaldo masih menjadi seorang atlet dan pencetak gol yang luar biasa, sehingga terus berjuang menjadi yang terbaik pada setiap pertandingan yang usai dilewatinya.

Tapi perannya sekarang adalah sebagai pemain cadangan. Dikutip dari ESPN, sebenarnya, hal itu masih menjadi hal yang tabu dalam pertandingan sistem gugur yang ketat dan menegangkan, tetapi Santos hanya bisa berharap dia menerimanya tanpa mengeluh.

3 dari 4 halaman

Ramos Berkembang Usai Kepergian Darwin Nunez

Lahir pada 20 Juni 2001 di Olhao, Portugal, Goncalo Ramos telah bermain untuk Benfica sepanjang kariernya hingga saat ini, bergabung dengan tim junior As Aguias pada tahun 2013 saat usianya 12 tahun.

Dengan kepergian Darwin Nunez pindah ke Liverpool, Ramos memiliki 14 gol dan enam assist untuk klubnya musim ini di semua kompetisi. Dan juga pencetak gol terbanyak di liganya dengan sembilan gol dalam 11 pertandingan.

Ia telah mencetak 20 gol untuk Benfica sehingga naik pangkat dan telah memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain penting di tim senior. Tak heran, perjuangan dia membawanya masuk skuad Portugal di Piala Dunia 2022.

Menjelang Piala Dunia, Ramos hanya memiliki satu penampilan internasional, tetapi masuk sebagai pemain pengganti di dua pertandingan grup pertama lawan Ghana.

Pada saat dia menggantikan Cristiano Ronaldo di starting line up melawan Swiss, Ramos hanya mengumpulkan tiga caps dengan total 34 menit aksi.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Portugal vs Swiss

Portugal

Pelatih: Fernando Santos

Pemain: Diogo Costa; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Otavio (Vitinha 73), William Carvalho; Bernardo Silva (Ruben Neves 81), Bruno Fernandes (Rafael Leao 87), Joao Felix (Cristiano Ronaldo 73); Goncalo Ramos (Ricardo Horta 73).

Swiss

Pelatih: Murat Yakin

Pemain: Yann Sommer; Edimilison Fernandes, Fabian Schar (Eray Comert 46), Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler (Denis Zakaria 54), Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Djibril Sow (Haris Seferovic 54), Ruben Vargas (Noah Okafor 66); Breel Embolo (Ardhon Jashari 88).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS