Sukses

Perhatian! Setop Masukkan 9 Makanan Ini ke Kulkas

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulkas di rumah bukan berarti Anda harus menyimpan segala sesuatu di dalamnya. Naluri selalu membawa kita untuk menaruh sisa makanan di kulkas agar tetap segar lebih lama. 

Menaruh makanan di dalam lemari es juga memungkinkan kita untuk menikmatinya nanti, jika kita tidak ingin membuangnya. Namun, Itu seharusnya tidak terjadi pada setiap makanan yang tersisa.

Untuk beberapa jenis makanan, seperti mentega, roti, sayuran, atau buah-buahan, penyimpanan dingin sangat penting. Tetapi kamu harus tahu, pada suhu beku beberapa makanan dapat kehilangan rasa, rasa, warna, dan teksturnya.

Mengutip Health Shots, Selasa (6/12/2022), ahli gizi dan kesehatan Avni Kaul, berbagi tentang daftar makanan yang sebaiknya tidak Anda simpan di lemari es.

"Lemari es digunakan untuk menjaga makanan tetap segar dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ketika seseorang menyimpannya di tempat terbuka di meja makan atau meja dapur. Namun, tidak semua makanan seharusnya disimpan di dalam lemari es, dan ada beberapa alasan untuk itu," kata Kaul. 

Jadi makanan apa saja yang sebaiknya Anda hentikan penyimpanannya di dalam kulkas? Berikut adalah 9 makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk disimpan di dalam kulkas menurut Kaul. 

1. Pisang

Karena pisang berasal dari daerah tropis, tidak masuk akal untuk meletakkan buah tropis di lingkungan yang dingin. Menurut Marketing Association Produce di Kanada, pisang lebih baik disimpan di atas meja sampai mereka matang.

Pisang membutuhkan suhu ruangan karena dua alasan, suhu hangat membantu buah untuk matang dan cahaya serta udara memperlambat proses pembusukan.

Alih-alih membuat pisang tetap segar seperti buah lainnya, suhu dingin dari kulkas dapat memperlambat proses pematangan pisang. Ditambah kelembaban dan ruang gelap seperti di dalam kulkas, hal itu hanya akan membusukkan pisang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Tumbuhan segar

 

Tumbuhan segar sulit untuk tetap segar dan ini karena disimpan dengan tidak benar. Kemangi, rosemari, dan rempah-rempah lainnya akan kehilangan rasa dan menjadi kering di dalam kulkas.

Sebagai gantinya, letakkan di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung, di dalam gelas kecil dengan batang yang terendam air bersuhu ruangan.

3. Alpukat

Jika Anda membeli alpukat yang tidak matang, jangan menyimpannya di dalam kulkas karena alpukat membutuhkan waktu di ruang terbuka untuk matang.

Jika Anda menyimpan alpukat di kulkas, itu akan menghalangi dan menghambat proses pematangan. 

  

3 dari 4 halaman

4. Madu

Sama seperti minyak, madu memiliki umur simpan yang panjang dan tidak rusak pada suhu ruangan. Menyimpan madu di dalam kulkas akan mengkristal dan membuatnya sulit untuk dikeluarkan dari toples. Simpanlah di rak yang sejuk dan gelap. 

5. Minyak

Minyak apa pun, apakah itu minyak sayur, kelapa, zaitun, atau jenis minyak nabati lainnya, akan cepat mengeras di dalam lemari es.

Akan lebih baik menyimpan minyak di dapur Anda, terutama di rak yang gelap dan sejuk. Minyak berbahan dasar kacang-kacangan adalah satu-satunya jenis minyak yang bisa didinginkan.

6. Ayam yang dimasak

Mendinginkan ayam yang sudah dimasak selama lebih dari 2 hingga 3 hari akan merusaknya. Tidak hanya rasanya yang berubah, tetapi menyimpannya pada suhu dingin akan merusak tekstur dan rasanya.

Memakan ayam matang yang didinginkan dapat menyebabkan keracunan makanan dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

 

 

4 dari 4 halaman

7. Mangga mentah

Mangga mentah tidak boleh didinginkan karena pendinginan memperlambat pematangannya. Hal ini juga membuat tekstur mangga menjadi keras.

Dianjurkan untuk hanya menyimpan mangga yang sudah matang di dalam kulkas karena hal itu akan membuat mangga tetap keras, manis, dan segar.

8. Kopi

Kelembaban dalam kulkas dapat menyebabkan pembentukan kondensasi berair, yang tidak baik untuk rasa kopi bubuk atau kopi biji utuh.

Sebagai gantinya, simpanlah kopi dalam wadah kedap udara sehingga kopi tetap segar sampai tiba waktunya untuk menyeduhnya.

9. Sereal

Anda tidak perlu memasukan sereal ke dalam lemari es untuk tetap segar. Kelembaban di lemari es dan suhu rendah dapat merusak tekstur dan membuat sereal kurang renyah.

Sereal yang sudah dibuka dan disimpan kembali dalam lemari es akan mengubah tekstur sereal menjadi kurang renyah. Sebaiknya keluarkan sereal dari lemari es dan simpanlah dalam toples dengan suhu yang sejuk.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS