Sukses

Ini 10 Julukan Unik Tim Sepak Bola yang Berlaga di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Nama panggilan atau julukan tim sepak bola merupakan salah satu yang dapat memberi penggemar dan pemain rasa identitas yang unik. Termasuk di Piala Dunia 2022

Julukan unik tersebut biasanya berasal dari gaya atau ciri permainan tim, warna kit mereka, dan sebagainya. Di ajang Piala Dunia, yang merupakan turnamen paling akbar dalam sepak bola, para penggemar dan pendukung pun hadir mendukung timnas favoritnya. 

Para fans membawa sejumlah atribut dan meneriakkan dukungan bagi timnas favorit, termasuk meneriakkan nama-nama unik masing-masing tim. Lantas, apa saja julukan unik bagi timnas sepak bola yang berlaga di Piala Dunia Qatar ini?

Berikut julukan untuk 10 timnas yang ikut berlaga di Piala Dunia Qatar 2022, sebagaimana dikutip dari laman The Daily Star, Senin (5/12/2022): 

1. La Furia Roja, Spanyol

Kata La Furia Roja berasal dari bahasa Spanyol yang artinya merah yang membara.

La Furia Roja ini merupakan nama julukan untuk tim Spanyol karena seragam tim nasional Spanyol dikenal selalu memakai warna merah cerah sehingga mengacu pada mereka adalah kemarahan.

Dalam hal ini, warna merah diasosiasikan sebagai tim yang selalu bermain dengan penuh amarah untuk meraih kemenangan. 

2. Os Navegadores, Portugal

Portugal memiliki sejarah terkait dengan navigator terkenal yang berlayar dan menjelajah lautan untuk mencari wilayah atau negara-negara baru.

Melihat sejarah tersebut, tim sepak bola nasional Portugal memutuskan untuk mengadaptasi nama panggilan yang memiliki makna serupa yakni Os Navegadores alias para navigator.

3. Oranje, Belanda

Tim sepak bola Belanda selalu diteriaki para penggemar dengan julukan tim Oranje.

Julukan ini diadaptasi dari seragam timnas yang berwarna jingga dan logo federasi sepak bola mereka (KNVB).

 

 

2 dari 4 halaman

4.Selecao, Brasil

Dalam bahasa Portugis, Selecao, berarti pemain terpilih. Hal ini sebagai sebutan orang Brasil untuk setiap tim sepak bola di Brasil.

Mereka disebut sebagai A Selecao, yang berarti pemain terpilih karena mereka mewakili para pesepak bola terbaik yang ditawarkan Brasil.

Brasil juga memiliki julukan lain yakni tim Samba. Samba dalam hal ini merujuk pada tarian negara yang menggambarkan permainan sepak bola mereka yang artistik.

5. Les Blues, Prancis

Tim Prancis dikenal dengan julukan Les Blues karena mengacu pada jersey biru mereka.

Selain itu, ada juga yang menjuluki timnas Prancis dengan sebutan Le Coq Gaulois, yang artinya ayam jantan. Hal ini sesuai dengan logo asosiasi sepak bola mereka.

 

3 dari 4 halaman

6. La Albiceleste, Argentina

Pemenang piala dunia dua kali Argentina disebut La Albiceleste. Artinya adalah berarti putih dan biru langit. Hal ini mengacu pada garis-garis di jersey mereka yang berwarna putih dan biru muda.

Julukan La Albiceleste juga menjadi bentuk penghormatan pada bendera Argentina yang terdiri dari warna-warna tersebut.

7. Die Roten Teufel, Belgia

Timnas Belgia diketahui memiliki pesona yang garang, sesuai dengan julukan mereka. Die Roten Teufel atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai setan merah.

Diketahui bahwa julukan ini pertama kali dicetus oleh mantan manajer timnas Belgia, Pierre Walckiers, yang terinspirasi dari warna jersey mereka dari tahun 1906.

4 dari 4 halaman

8. Samurai Biru, Jepang

Tim nasional sepak bola Jepang memiliki julukan Samurai Blue atau Samurai Biru. Julukan ini berasal dari latar belakang sejarah Samurai Jepang yang merupakan sumber kebanggaan yang luar biasa bagi mereka. 

Oleh karena itu, mengacu pada sejarah samurai serta warna biru sebagai warna seragam utama mereka, dipakailah sebutan Samurai Biru. 

9. Eagle Of Kartago, Tunisia

Carthage dalam bahasa latin artinya Kartago, yang merupakan sejarah peradaban kuno yang amat penting di Tunisia.

Sedangkan elang adalah logo federasi sepak bola Tunisia. Menggabungkan keduanya, tim Tunisia dikenal sebagai Eagles of Carthage.

 10. The Atlas Lion, Maroko

The Atlas Lion atau Singa Atlas, merupakan hewan nasional Maroko yang sudah punah. Timnas Maroko pun menghidupkan nama hewan nasional tersebut dengan mengadaptasinya sebagai julukan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.