Sukses

Tak Hanya Lezat, Ini 5 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Ikan lele menjadi salah satu ikan yang hidup di air tawar. Ada lebih dari 3000 spesies ikan lele yang ditemukan di perairan air tawar seperti sungai dan kali. Namun, beberapa spesies telah berevolusi untuk hidup di air asin. 

Ikan ini memiliki penampilan yang unik, ciri-ciri tubuhnya yaitu memiliki kumis panjang seperti kucing di sekitar mulutnya dan tubuh pipih memanjang.

Selain itu, ikan lele dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan dan suhu yang ekstrim. Juga bisa ditemukan di semua benua, kecuali Antartika. Ikan ini bahkan tersedia secara luas sebagai ikan yang dibesarkan di peternakan.

Memiliki rasa yang gurih dan harga terjangkau, lele dengan mudahnya menjadi makanan favorit semua kalangan.

Ikan lele juga sangat mudah diolah, tak heran jika banyak individu menyukainya untuk dijadikan sebagai lauk saat makan.

Meskipun kandungan lemaknya rendah, ikan ini merupakan sumber omega-3 yang baik dan mengandung vitamin D, protein, selenium, lemak sehat dan B12.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat makan ikan lele bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Health Guide, Kamis (1/11/2022).

1. Kaya Protein

Protein adalah salah satu sumber energi terpenting untuk asupan nutrisi Anda. Protein juga merupakan komponen dari berbagai hormon, enzim, dan zat lainnya.

Makan makanan yang kaya protein, seperti ikan lele dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang. Ikan lele juga menjadi makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, protein dalam ikan lele juga membangun dan memperbaiki jaringan dan otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Tinggi Asam Lemak Omega-3

 

Ikan lele tinggi asam lemak dan juga omega-3. Pada ibu hamil, omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak embrio.

Omega-3 juga diperlukan untuk perkembangan sistem saraf dan penglihatan. Mengonsumsi makanan yang kaya omega-3 dikaitkan dengan peningkatan kekuatan otot rangka, kesehatan jantung, dan sistem pencernaan.

3. Sumber Vitamin B12 yang Baik

Salah satu manfaat kesehatan yang penting dari ikan lele adalah kelimpahan vitamin B12. Vitamin ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial. Beberapa manfaat kesehatan dari makan ikan lele termasuk meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan aktivitas kardiovaskular, dan mencegah anemia.

3 dari 4 halaman

4. Sarat dengan Vitamin D

Kita menerima vitamin D sebagian besar dari sinar matahari langsung. Tidak banyak makanan yang mengandung vitamin penting ini, tetapi makanan hewani tertentu dapat menjadi sumber yang sangat baik, salah satunya ikan lele.

Vitamin D memiliki berbagai fungsi dalam tubuh, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Menurut penelitian, mempertahankan kadar vitamin D yang optimal dalam darah juga telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari berbagai penyakit kronis.

Kadar vitamin D dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi ikan seperti ikan lele. 143 gram ikan lele mengandung 181% dari nilai harian vitamin D. Jadi, makan ikan lele menjadi cara yang mudah untuk mendapatkan vitamin D.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ikan lele sarat dengan jumlah selenium yang cukup banyak. Selenium adalah nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda.

Selenium juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu menurunkan stres oksidatif dalam tubuh Anda, yang mengurangi peradangan, dan memperkuat kekebalan tubuh. Studi medis telah menunjukkan bahwa peningkatan kadar selenium dalam darah terkait dengan peningkatan respons kekebalan tubuh.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Mengonsumsi Ikan Lele

Meskipun manfaat kesehatan ikan lele sangat banyak, tapi mengonsumsinya memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, salah satunya keracunan merkuri.

Keracunan merkuri adalah efek samping yang umum dari ikan lele yang tidak disadari banyak orang. Namun, hal ini biasanya disebabkan oleh ikan lele yang ditangkap di air yang terkontaminasi.

Ikan lele dan kerang-kerangan lainnya mungkin mengandung methylmercury, yang telah menjadi penyebab paparan methylmercury pada manusia. Racun ini sangat beracun dan dapat menyebabkan cedera pada sistem saraf pusat dan perifer.

Ikan lele adalah pilihan yang sangat baik jika Anda ingin memaksimalkan konsumsi seafood Anda. Meski demikian, alih-alih menggoreng yang menambahkan lebih banyak kalori dan lemak, Anda bisa memanggangnya atau menggunakan air fryer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS