Sukses

Sutradara 'Life of Pi' Ang Lee Garap Biopik Bruce Lee, Tunjuk Anaknya Sendiri Jadi Pemeran

Liputan6.com, Jakarta Film biopik tidak habis-habis dan malah semakin marak diproduksi oleh Hollywood. Setelah sebelumnya sukses dengan beberapa film biopik seperti Elvis (2022), Weird: The Al Yankovic Story (2022), dan Spencer (2021), kini Hollywood siap menggarap sosok artis dan aktor bela diri Hong Kong dan Amerika terkenal dunia, yaitu Bruce Lee.

Dilansir Deadline pada Kamis (1/12), film biopik Bruce Lee ini akan disutradarai oleh Ang Lee. Film ini akan ditulis oleh Dan Futterman yang sebelumya mendapatkan nominasi Academy Awards untuk karyanya menulis naskah film Capote (2005) dan Foxcatcher (2014).

Hal uniknya dari film ini adalah sosok Bruce Lee nantinya akan diperankan oleh anak Ang Lee sendiri, yakni Mason Lee. Perlu diketahui bahwa Mason Lee adalah anak dari Ang Lee bersama seorang peneliti mikrobiologi, Jane Lin. 

Mason Lee yang kelahiran 30 Mei 1990 ini telah cukup lama meniti kariernya sebagai aktor. Sebelumnya, Mason Lee sudah beberapa kali diajak bekerja sama dalam proyek garapan ayahnya. Pertama adalah film The Wedding Banquet (1993). Saat itu Mason Lee masih bayi. Pada 2001, ayah-anak ini bekerja sama dalam episode kedua serial antologi The Hire berjudul Chosen. Lalu ada juga pada film Billy Lynn's Long Halftime Walk (2016).

Beberapa film terkenal yang pernah dibintangi Mason Lee antara lain The Hangover Part II (2011), Lucy (2014), dan serial Fresh Off the Boat (2015-2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Puji Bruce Lee

Ang Lee sangat memuji Bruce Lee. Sutradara kelahiran 23 Oktober 1954 ini merasa senang dapat meng-handle wajah ikonik dunia film tersebut.

Diterima bukan sepenuhnya Amerika atau sepenuhnya China, Bruce Lee adalah jembatan antara Timur dan Barat yang memperkenalkan Kung Fu China ke dunia, seorang ilmuwan pertempuran dan artis pertunjukan ikonik yang merevolusi seni bela diri dan film aksi,” ucap Ang Lee kepada Deadline.

Saya merasa terdorong untuk menceritakan kisah tentang manusia yang brilian dan unik yang mendambakan kepemilikan, memiliki kekuatan luar biasa dalam tubuh seberat 135 pon, dan yang, melalui kerja keras tanpa lelah, mewujudkan mimpi yang mustahil menjadi kenyataan.”

Maka dari itu untuk peran Bruce Lee ini, Ang Lee sudah menyiapkan putranya. Mason Lee telah berlatih untuk peran Bruce Lee ini selama tiga tahun terakhir, yakni selama lockdown.

3 dari 4 halaman

Filmografi Ang Lee

Di tangan Ang Lee, film biopik Bruce Lee dijamin aman. Di Academy Awards (Oscar) sendiri, Ang Lee telah memenangkan 2 nominasi Sutradara Terbaik, yakni saat menyutaradari film Brokeback Mountain (2005) dan Life of Pi (2013). Dengan Brokeback Mountain (2005) bahkan Ang Lee menjadi sutradara Asia pertama yang memenangkan nominasi Sutradara Terbaik itu.

Selain kedua judul tersebut, film terkenal Ang Lee antara lain adalah Sense and Sensibility (1995) dan Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) yang masing-masing secara berurutan mendapatkan 7 dan 10 nominasi Academy Awards. Sejauh ini, film-film Ang Lee sudah mengantongi 12 piala Academy Awards dari 38 nominasi yang telah dikumpulkan.

4 dari 4 halaman

Film Biospik Bruce Lee

Sebelumnya sudah ada beberapa film biopik mengenai Bruce Lee. Misalnya Dragon: The Bruce Lee Story garapan Rob Cohen tahun 1993. Di film tersebut Bruce Lee diperankan oleh Jason Scott Lee.

Film ini mengangkat kehidupan Bruce Lee dari relokasinya ke Amerika Serikat dari Hong Kong hingga karirnya sebagai guru seni bela diri menjadi aktor televisi dan film. Film ini juga menggambarkan hubungan antara Bruce dan istrinya Linda Lee Cadwell, dan rasisme yang menjadi sasaran Bruce.

Pada tahun 2010 ada Bruce Lee, My Brother garapan Raymond Yip. Film ini didasarkan pada kehidupan Bruce Lee di masa remajanya hingga sebagian dari masa dewasanya. Bruce Lee di film ini diperankan oleh Aarif Rahman.

Lalu ada Birth of the Dragon tahun 2016. Film ini adalah kisah fiksi tentang Bruce Lee saat muda, yang diperankan dengan apik oleh aktor dari Hong Kong, Philip Ng.

Selain film, ada juga serial biopik tentang Bruce Lee berjudul The Legend of Bruce Lee yang dirilis pada tahun 2008. Film ini dibintangi aktor Hong Kong Danny Chan sebagai Bruce Lee dan aktris Amerika Michelle Lang sebagai istri Lee, Linda Lee Cadwell.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS