Sukses

5 Cara Perawatan Rambut untuk Si Hijabers

Liputan6.com, Jakarta - Hijab merupakan kain yang digunakan sejumlah perempuan untuk menutupi rambutnya. Mereka yang menggunakannya sering kali disebut sebagai hijabers.

Menutup rambut dengan kain setiap kali keluar rumah, kadang kala membuat rambut lebih mudah mengalami berbagai macam permasalahan.

Bagaimana tidak, rambut ditutup begitu lama dengan kain, bahkan saat menggunakan hijab mereka akan menguncir rambutnya.

Kebanyakan dari mereka akan mengalami permasalahan, seperti rambut rontok, kulit kepala berminyak dan berketombe. Apalagi, mereka yang tinggal di daerah dengan cuaca panas dan lembab.

Masalah rambut yang sering terjadi tak memandang usia, sejumlah hijabers pasti mencari tahu bagaimana cara menghindari permasalahan ini.

Hijabers pun perlu melakukan perawatan rambut ekstra, karena kepala yang terlalu lama ditutup dengan kain dapat menghambat proses rambut untuk bernapas.

Dilansir laman Rejoice Rabu (30/11/2022), mengenakan hijab merupakan tindakan yang perlu dihormati untuk kalangan wanita Muslim. Hijabers perlu melakukan perawatan yang tepat untuk mencegah berbagai permasalahan rambut.

Mengenakan hijab berarti memberikan sedikit ruang udara untuk rambut yang menyebabkan lebih banyak keringat, kondisi lembab dan menimbulkan bau tak sedap.

Kotoran dan keringat yang menumpuk begitu lama di kepala dan dibiarkan tertutup selama berjam-jam akan menyebabkan ketombe dan bau tak sedap.

Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang dalam jangka waktu yang lama pun bisa membuat rambut menjadi kusut. Rambut pun akan lebih mudah rapuh yang menyebabkan kerontokan.

Oleh karena itu kalian perlu melakukan perawatan rambut berhijab untuk mencegah dan mengatasi permasalahan rambut yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Perawatan Rambut Terbaik untuk Hijabers

1. Jagalah Kebersihan Rambut Dengan Baik

Dilansir have halal will travel, seorang hijaber perlu menjaga kebersihan dan kesehatan rambutnya. Apalagi, kalian yang tinggal di daerah tropis.

Biasakan untuk mencuci rambut setiap harinya yang menjadi perawatan paling utama demi menjaga kebersihan rambut.

Kulit kepala akan terasa lebih lembab setiap kali menggunakan hijab. Inilah yang menyebabkan kulit kepala memproduksi lebih banyak sebum, keringat, dan bakteri berlebih.

Dengan keramas setiap hari, kalian akan menghilangkan kotoran, bau, dan keringat dari kulit kepala dan rambut. Pastikan setelah keramas, kalian mengeringkan rambut dengan benar sebelum menggunakan hijab.

Kalian bisa mengeringkan rambut menggunakan hairdryer ataupun secara alami. Memastikan rambut kering sebelum menguncir dan mengenakan hijab dapat mencegah kerusakan pada rambut.

Jika kalian mengikat rambut dalam keadaan basah, kemungkinan yang akan terjadi adalah rambut mudah rontok dan menimbulkan bau yang tak sedap di penghujung hari.

3 dari 4 halaman

2. Kenali Jenis Rambut dan Produk yang Cocok

Setiap individu tentu memiliki kondisi rambut yang berbeda, seperti rambut lurus, keriting, dan bergelombang.

Jenis rambut seseorang dapat menentukan seberapa sering mereka keramas dan memilih produk yang tepat untuk digunakan.

Dilansir shampoolounge, pemilik rambut lurus bisa mencuci rambut setiap harinya, namun pastikan menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari.

Sedangkan, hijabers dengan kondisi rambut keriting atau gelombang disarankan untuk keramas hanya tiga kali seminggu. Selain itu, mereka perlu menggunakan kondisioner setiap satu hingga dua kali dalam seminggu.

Gunakan sisir yang lembut agar membantu mendistribusikan minyak rambut alami secara merata. Menyisir rambut pun dapat meningkatkan sirkulasi udara di kulit kepala.

3. Urai Rambut saat di Rumah atau Kamar

Hijabers pasti akan mengikat rambut saat menggunakan kerudung setiap harinya. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut lebih mudah mengalami kerontokan.

Untuk menghindarinya, kalian perlu memberi waktu bagi rambut agar terurai begitu saja. Kalian dapat melakukannya di dalam rumah.

Mengurai rambut membantu kulit kepala agar bernapas lebih baik dan mengurangi permasalahan rambut rontok.

4 dari 4 halaman

4. Pijat Kulit Kepala

Terlalu lama diikat dan ditutup menggunakan hijab, kalian perlu memanjakan rambut dengan cara memijatnya secara perlahan.

Gosok kulit kepala seminggu sekali dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kalian bisa menambahkan produk perawatan, seperti minyak atau masker rambut.

5. Cobalah Menjemur Rambut di Bawah Sinar Matahari

Berikan waktu bagi rambut untuk bernapas bebas dan cobalah menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Kalian bisa melakukannya di area halaman rumah agar tidak terlihat oleh lawan jenis yang tidak diperbolehkan melihat bagian rambut.

Lakukan cara ini selama 10-20 menit sehari. Dengan mendapatkan sedikit paparan sinar matahari di setiap harinya, kalian membantu rambut untuk merangsang pertumbuhkan folikel dan mengurangi kerontokan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS