Sukses

Kenali 9 Tanda "Frenemy", Teman tapi Musuh yang Mencoba Menjatuhkanmu

Memiliki seorang teman yang mendukung Anda dan percaya pada kemampuan Anda adalah berkah. Tetapi, bagaimana jika Anda memiliki 'frenemy' yang melihat Anda sebagai kompetisi daripada sebagai teman?

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang teman yang mendukung Anda dan percaya pada kemampuan Anda adalah berkah. Tetapi, bagaimana jika Anda memiliki 'frenemy' yang melihat Anda sebagai kompetisi daripada sebagai teman?

Ada kalanya orang belajar dan mengambil inspirasi dari satu sama lain. Sebenarnya, sedikit kompetisi bisa menyehatkan dalam hubungan apa pun, tetapi jika teman Anda selalu bersaing dengan Anda, maka hal ini bisa menyebabkan persaingan yang berkepanjangan antara Anda dan teman Anda.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi persaingan bisa jadi bersifat rahasia dan sepihak yang dipicu oleh ego dan motif tersembunyi.

Untuk membantu Anda mengetahui apakah teman Anda mencoba untuk bersaing dengan Anda secara halus atau rahasia, melansir Boldsky, Selasa (29/11/2022), berikut adalah tanda-tanda yang dapat Anda lihat untuk mengetahui apakah teman Anda melihat Anda sebagai sebuah kompetisi.

1. Teman Anda tampak senang dengan kegagalan Anda

Mungkin ada saat-saat ketika Anda mungkin tidak berhasil dalam sesuatu dan inilah saatnya Anda mencari bantuan dan dukungan dari teman Anda. Jika Anda mendapati teman Anda senang dan tersenyum maka ini bisa berarti teman Anda adalah seseorang yang ingin bersaing dengan Anda. 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Teman Anda Jarang Merayakan Kesuksesan Anda

 

Apakah teman Anda benar-benar merayakan kesuksesan Anda dan tampak senang melihat Anda melakukan yang terbaik dalam karir Anda?

Jika tidak, maka bisa jadi teman Anda sedang mencoba untuk bersaing dengan Anda. Alih-alih merasa bahagia atas pencapaian Anda, Anda mungkin mendapati dia berpura-pura bahagia dan mencari cara untuk mengungguli Anda.

Bahkan, dia akan sering menemukan alasan-alasan yang tidak masuk akal untuk menghindari perayaan keberhasilan Anda.

3. Teman Anda sering mencoba menyabotase kesuksesan Anda

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa teman Anda sedang bersaing dengan Anda adalah, bahwa dia sering mencoba menyabotase kesuksesan Anda.

Anda mungkin merasa bahwa teman Anda mencoba membuat Anda percaya bahwa Anda tidak bisa sukses atau melakukan sesuatu yang lebih baik. Tidak hanya ini, tetapi untuk menyabotase kesuksesan Anda, teman Anda mungkin mencoba mengalihkan perhatian Anda dari tujuan Anda.

4. Teman Anda selalu meniru Anda

Tidak peduli apakah Anda belajar memasak atau membeli baju baru, dia akan melakukan hal yang sama. Kadang-kadang, Anda mungkin merasa bahwa teman Anda mengambil inspirasi dari Anda, tetapi jika dia melihat Anda sebagai sebuah kompetisi, maka Anda tidak dapat menyangkal bahwa teman Anda mungkin memiliki motif tersembunyi.

Tidak hanya ini, tetapi dia tidak akan pernah peduli untuk memberi Anda pujian. Dia akan meniru dan kemudian berpura-pura seolah-olah Andalah yang meniru.

 

3 dari 4 halaman

5. Teman Anda Selalu Mencoba Mencari Tahu Apa yang Anda Lakukan

Salah satu tanda yang menunjukkan bahwa teman Anda bersaing dengan Anda adalah dia selalu mencoba mencari tahu apa yang sedang Anda lakukan.

Dia akan memata-matai Anda atau terus-menerus memeriksa apa yang Anda lakukan. Mereka melakukannya untuk memastikan bahwa mereka tidak akan tertinggal. Alih-alih menghargai apa yang Anda lakukan, mereka tidak akan pernah mundur untuk mencari tahu apa yang Anda lakukan.

6. Teman Anda Selalu Meremehkan Kerja Keras Anda

Jika teman Anda tidak pernah menghargai kerja keras dan dedikasi Anda terhadap pekerjaan Anda, maka ini bisa menjadi tanda bahaya yang tidak boleh Anda abaikan.

Tidak peduli seberapa besar kerja keras dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik, teman Anda akan selalu mengkritik Anda.

Dia mungkin mengkritik Anda dengan cara yang halus. Teman Anda mungkin akan mengatakan bahwa Anda berusaha keras untuk melakukan hal yang salah dan lebih baik fokus pada beberapa hal yang biasa-biasa saja.

  

 

4 dari 4 halaman

7. Teman Anda Sering Menyoroti Aspek Negatif Anda

Seorang teman sejati adalah orang yang selalu menyoroti aspek-aspek positif dalam hidup Anda. Dia akan selalu membuat Anda percaya pada kemampuan dan keterampilan Anda.

Tetapi jika teman Anda sering menyoroti aspek negatif Anda dan menunjukkan area abu-abu dan kegagalan Anda, maka ini bisa jadi karena dia bersaing dengan Anda. Apa pun yang Anda lakukan, dia akan selalu menemukan kesalahan dalam diri Anda dan membuat Anda merasa sengsara.

 

8. Teman Anda sering membanggakan pencapaiannya

Jika teman Anda sering menyombongkan diri di hadapan Anda tanpa alasan, maka ini bisa jadi karena dia bersaing dengan Anda.

Begitu Anda mencoba menunjukkan prestasi Anda, teman Anda akan mulai membual tentang kemampuan, keterampilan, dan pencapaiannya. Alih-alih menyemangati dan memuji Anda, dia mungkin membual untuk membuat Anda merasa rendah diri. 

9. Teman Anda selalu mencoba mengungguli Anda

Ada kalanya Anda mungkin menemukan orang yang selalu berusaha untuk mengungguli orang lain. Saat Anda memberitahu teman Anda bahwa Anda telah mendapatkan nilai yang baik dalam mata pelajaran apa pun, dia akan mencoba untuk membawa nilainya lebih dari Anda.

Atau jika misalkan, Anda mendapatkan pekerjaan, maka dia akan mencoba untuk mengungguli dengan mendapatkan pekerjaan yang membayar lebih banyak. Mereka melakukannya untuk memproyeksikan diri mereka sebagai orang yang lebih unggul dan lebih sukses daripada Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.