Sukses

Bantu Grizzlies Taklukkan Knicks, Ja Morant Cetak Triple Double Perdana Musim Ini

Liputan6.com, Jakarta - Superstar Memphis Grizzlies, Ja Morant berhasil mencetak triple-double untuk pertama kalinya musim 2022/2023, dan empat kali sepanjang karier bagi dirinya.

Perolehan tersebut ia dapat dari kemenangan Memphis Grizzlies atas tuan rumah New York Knicks dengan skor 127-123 di Madison Square Garden, pada Senin (28/11/2022) pagi.

Dalam laga vs New York Knicks, Ja Morant menyumbangkan 27 poin, 10 rebounds, dan 14 assist tertinggi dalam kariernya hingga dia disematkan pencetak poin terbanyak dari Grizzlies. Disusul Dillon Brooks dengan 23 poin selama 33 menit dan Jaren Jackson Jr. memperoleh 21 poin dalam rentang waktu 30 menit.

Usai laga selesai, Ja Morant telah merencanakan untuk memberikan jarseynya kepada Derrick Rose yang menjadi idola dan model permainan sepanjang kariernya di NBA. Sang ayah, Tee pun juga meminta jarsey Morant.

"Agak canggung," kata Morant sambil tersenyum, dikutip dari ESPN, Senin (28/11).

"Saya sudah berencana untuk memberikannya kepada D-Rose. Awalnya saya memberi tahu [ayah saya], 'Saya sudah memberikannya, bung," ujarnya lagi.

Ja Morant sendiri baru saja kembali di dua pertandingan saat menghadapi Sacramento Kings dan New York Knicks akibat diterpa cedera pergelangan kaki, sehingga dirinya harus absen selama satu pekan.

Namun, comeback-nya itu tak seindah diharapkan karena Grizzlies harus tumbang 109-113 oleh Kings dan Ja Morant mencetak 34 poin serta ini adalah kali keduanya bermain pasca cedera untuk Grizzlies mampu menuntaskan pertandingan dengan meraih kemenangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Morant Akui Cetak Triple-Double Jadi Momen Istimewanya Sejak Masa Kecil

Setelah pertandingan vs Knicks, Ja Morant mengakui bahwa sangat istimewa baginya untuk memiliki triple-double di tempat yang dia tonton dalam begitu banyak pertandingan di televisi saat masih kecil. Itulah sebabnya ayahnya membuat permintaan yang tidak biasa untuk jarsey milik Morant.

"Itu hanya cahaya terang, kawan. Memiliki triple-double di Taman itu gila. Tumbuh dewasa benar-benar menonton tim datang ke sini dan bermain, menonton Knicks bermain ... semua orang menyukai Taman. Kami benar-benar menyebutnya lampu terang. Semua orang menonton," kata Morant.

Dia menambahkan, "Jadi bagi saya untuk bisa keluar dan bermain seperti yang saya mainkan malam ini, adalah waktu yang tepat bagi saya."

3 dari 4 halaman

Sang Pelatih Lontarkan Pujian Kepada Ja Morant

Pelatih Grizzlies Taylor Jenkins tak luput melontarkan pujian kepada superstar-nya Ja Morant lantaran mampu mencetak triple-double pertamanya di musim ini dan empat kali sepanjang karier Ja Morant.

Selain sang pelatih, Ja Morant pun banjir pujian dari penggemar, keluarga, rekan setim, hingga idola nya sendiri Derrick Rose.

"Banyak pujian untuk Ja. Triple-double dalam buku, 14 assist. Sangat bangga. Dia dalam mode menyerang lebih awal. Puji Knicks, dengan ukuran dan panjang mereka, mereka menempatkannya di beberapa tempat yang sulit, tetapi kemudian setelah menguasai bola mulai bergerak lebih awal dalam kepemilikan, keluar dari pick-and-roll, dia harus melakukannya melawan perlindungan yang berbeda," kata pelatih Grizzlies Taylor Jenkins.

4 dari 4 halaman

Statistik dan Musim 2021/2022 adalah musim terbaik Ja Morant bersama Grizzlies

Menurut ESPN Statistic and Information, sejak Ja Morant dipilih oleh Memphis Grizzlies di draft 2019 dengan round pick ke-2 memiliki statistik rata-rata 21,8 poin, 7,2 assist, dan 4,6 rebounds sepanjang karir bersama Grizzlies.

Sementara musim 2022/2023, Ja Morant tunjukkan penampilan cukup impresif dengan 28,6 poin, 6,1 rebounds, dan 7,3 assist serta 25,82 per game.

Selain itu, musim terbaik bagi seorang Ja Morant selama membela Memphis Grizzlies yakni di musim 2021/2022. Pasalnya, musim lalu Ja Morant mampu membawa Grizzlies lolos ke semifinal babak playoff wilayah Barat.

Sayangnya, perjuangan Ja Morant Cs harus terhenti saat itu mereka menghadapi Golden State Warriors pada 2 Mei 2022 lalu. Memphis Grizzlies dibantai 2-4 oleh Warriors, meski begitu pertandingan harus dibawa game ke-6.

Berikut rekap semifinal babak playoff 2021/2022

  • Game 1 (0-1): 116-117 (Grizzlies kalah)
  • Game 2 (1-1): 106-101 (Grizzlies menang)
  • Game 3 (1-2): 112-142 (Grizzlies kalah)
  • Game 4 (1-3): 98-101 (Grizzlies kalah)
  • Game 5 (2-3): 134-95 (Grizzlies menang)
  • Game 6 (2-4): 96-110 (Grizzlies gugur)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS