Sukses

6 Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Penuaan adalah proses yang tak tidak dapat Anda dihindari. Keriput, sendi-sendi yang berderit, dan kelelahan pasti akan terjadi seiring bertambahnya usia.

Banyak juga yang percaya bahwa penuaan tergantung pada genetika, tapi sementara genetika berperan di sini. Tahukah Anda bahwa gaya hidup juga dapat mempercepat proses penuaan pada kulit Anda?

Ya, gaya hidup dapat memainkan peran penting yang membuat Anda menua lebih cepat! 

Beberapa hal tertentu dalam kebiasaan hidup Anda dapat membuat prosesnya lebih cepat. Apa yang Anda makan, seberapa banyak Anda berolahraga, paparan sinar matahari, dan beberapa faktor lainnya dapat mempercepat munculnya masalah umum terkait usia seperti keriput.

Namun, Anda juga dapat memperlambat tanda-tanda penuaan ini. 

Melansir Health Shots pada Jumat (25/11), Ahli Dermatologi sekaligus Ahli Kosmetologi yang juga Ahli Bedah Transplantasi Rambut, dan Pendiri Skinology, Bengaluru, Dr Sushma Yadav, memberikan penjelasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana kebiasaan gaya hidup tertentu dapat membuat Anda menua lebih cepat.

Jadi, jika Anda ingin terlihat awet muda saat Anda bertambah tua, berhentilah membuat enam kesalahan gaya hidup berikut yang dapat mempercepat proses penuaan.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Tidak Memakai SPF

Terlepas dari cuaca atau lingkungan sekitar, perlindungan terhadap sinar matahari adalah alat penting dalam melawan tanda-tanda penuaan. Dr Yadav menyoroti bahwa kebanyakan orang tidak menyadari pentingnya memakai SPF.

Hal ini adalah tindakan kesehatan sepanjang hari yang akan melindungi kulit Anda dari kerusakan dan penuaan. Jadi, apa yang Anda tunggu? Pilihlah tabir surya berspektrum luas dengan SPF-30 atau Anda dapat menggunakan yang lebih tinggi, dan tahan air.

2. Anda belum memasukkan perawatan kulit anti-penuaan dalam rutinitas Anda

Tak perlu dikatakan lagi bahwa kulit perlu berubah seiring bertambahnya usia. Dr Yadav merekomendasikan, "Orang-orang harus mulai menggunakan produk perawatan kulit anti-penuaan di pertengahan usia 20-an untuk melihat hasil jangka panjang.".

 

3 dari 4 halaman

3. Anda Melakukan Rutinitas Perawatan Kulit yang Salah

Banyak orang cenderung mengikuti rutinitas perawatan kulit apa pun yang mereka anggap cocok, tanpa berkonsultasi dengan dokter. Mereka gagal memahami bahwa rutinitas perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat membuat Anda menua lebih cepat.

Memiliki rutinitas perawatan kulit sangat penting untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan kenyal. Karena tidak semua jenis kulit sama, Anda tidak bisa mengikuti rutinitas yang Anda lihat di internet tempo hari.

Dr Yadav merekomendasikan untuk pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan rutinitas perawatan kulit yang tepat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan.

4. Anda menggunakan produk yang mengiritasi kulit Anda

Tahukah Anda bahwa menggunakan produk yang keras pada kulit Anda dapat menyebabkan respons peradangan, yang dapat merusak kulit?

Menggunakan produk yang mengiritasi, menyengat atau membakar kulit Anda dapat menyebabkan penuaan dini. Jadi, pastikan Anda membuang produk yang mengiritasi kulit Anda bahkan walau hanya sedikit.

 

4 dari 4 halaman

5. Anda Menjalani Gaya Hidup yang Tidak Aktif

Dr Yadav mengatakan bahwa tidak mempertahankan gaya hidup yang baik adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat.

"Semua orang tahu bahwa merokok, mengonsumsi terlalu banyak alkohol, dan tidak makan makanan yang sehat dapat membuat Anda menua lebih cepat. Jadi, Anda harus mempertimbangkan hal ini untuk menghindari tanda-tanda penuaan," kata Dr Yadav

6. Anda tidak mengunjungi dokter kulit

Kita semua mencoba untuk memperbaiki masalah kulit kita dengan mencoba semua jenis DIY. Kita harus memahami bahwa kesehatan kulit sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya.

Dr Yadav menambahkan, sama seperti Anda membutuhkan ahli jantung untuk menjaga kesehatan jantung Anda, Anda membutuhkan dokter kulit untuk mengetahui apa yang dibutuhkan kulit dan rambut Anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS