Sukses

Kenalan dengan Flossie, Kucing Tertua di Dunia Berusia 27 yang Masih Hidup

Guinness World Records memasukkan Flossie sebagai kucing tertua di dunia yang masih hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Guinness World Records dan badan amal Cats Protection telah mengakui Flossie, yang lahir pada 1995, sebagai kucing tertua di dunia yang masih hidup.

Usia Flossie sekarang seumuran dengan pemilik barunya, Vicki, yaitu 27 tahun. Keduanya tinggal di pinggir London Tenggara.

Sebelum hidup bahagia bersama Vicki, Flossie diketahui telah gonta-ganti 'majikan' yang berbeda di sepanjang hidupnya.

Mengutip Sky News pada Jumat (25/11) Flossie diserahkan kepada Vicki saat berumur 26 tahun setelah pemiliknya tidak mampu menghidupinya. Nasib Flossie pun berubah drastis setelah dirawat Vicki.

Rupanya, pria bernama lengkap Vicki Green yang tinggal di Orpington, London, Tenggara, adalah seorang perawat kucing senior berpengalaman. Sehingga dia tahu caranya merawat Flossie yang ternyata tuli.

Meski tuli dan penglihatannya menurun, Flossie digambarkan oleh Vicki sebagai kucing yang penuh kasih sayang, suka bermain, dan manis.

"Saya tahu sejak awal bahwa Flossie adalah kucing yang istimewa, tapi saya tidak membayangkan akan berbagi rumah dengan pemegang gelar Guinness World Records," kata Vicki.

"Dia terkadang melewatkan kotak kotorannya atau membutuhkan bantuan untuk merawat dirinya sendiri, tapi saya dapat membantu dengan semua itu. Kami bersama-sama dalam hal ini. Dia juga tidak pernah menolak kesempatan makan enak, kecuali saat dia meringkuk di selimut kuning favoritnya." dia menambahkan.

Sebelum bersama Vicki, kucing menggemaskan ini pernah menemani beberapa pemiliknya hingga mereka meninggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Hidup Flossie

Flossie dirawat oleh dua pekerja di dekat rumah sakit Merseyside pada 1995. Flossie hidup bersama pemilik pertamanya selama 10 tahun sampai mereka meninggal.

Kemudian Flossie dirawat oleh saudara perempuan pemilik pertamanya. Dia tinggal di sana selama 14 tahun sampai pemilik berikutnya juga meninggal.

Flossie berikutnya tinggal bersama anak laki-laki dari wanita itu selama tiga tahun sampai situasi memaksanya untuk dibawa ke Tunbridge Wells, Crowborough dan cabang distrik Cats Protection.

Naomi Rosling, koordinator di cabang tersebut, mengatakan,"Kami terperangah ketika catatan dokter hewan menunjukkan Flossie berusia hampir 27 tahun.".

Naomi, menjelaskan, Flossie adalah kucing tertua yang pernah ditemuinya. Setidaknya 120 tahun dalam usia manusia. Menurut Omni Calculator, 27 tahun manusia setara dengan 124 tahun kucing.

"Jika saya berada dalam kondisi yang baik ketika saya seusianya, dengan seseorang yang melakukan yang terbaik untuk saya ketika saya sangat membutuhkannya, saya akan menjadi wanita yang sangat bahagia," ujarnya

Namun, Flossie masih harus menempuh jalan untuk mengalahkan rekor kucing tertua yang pernah ada, Creme Puff, yang hidup hingga 38 tahun tiga hari bersama pemiliknya, Jake Perry, di Austin, Texas.

3 dari 4 halaman

Berapa Usia Kucing dalam Hitungan Tahun Manusia?

Ketika kita memelihara anak kucing, kita akan jatuh cinta kepada mereka hingga dewasa dan tua.

Seiring berjalannya waktu, kita para pemilik hewan peliharaan belajar cara merawat kucing kita dari awal hingga akhir, memahami seluk beluknya, seperti sterilisasi, memandikan dan memvaksin, serta ukuran berat badan dan makanan kesukaan.

Kita dengan cepat mengetahui bahwa ada berbagai tahap perkembangan yang dialami kucing, yang mengharuskan kita untuk merawat mereka dengan cara-cara baru.

Untungnya, kita dapat memahami perkembangan kucing kita dengan lebih mudah jika kita memiliki gambaran umum tentang usia mereka dalam hitungan tahun manusia.

Melansir The Spruce Pets, Rabu (16/11/2022) ada beberapa metode yang memungkinkan pemilik kucing untuk mengonversi usia hewan peliharaan mereka, dan proses berikut ini menggunakan rata-rata.

Dengan kata lain, perkembangannya berubah-ubah dari satu kucing ke kucing lainnya. Beberapa kucing ras, seperti Maine Coon, dewasa jauh lebih lambat daripada yang lain dan tidak mencapai perkembangan penuh selama tiga atau empat tahun.

 

4 dari 4 halaman

Usia Kucing Berkaitan dengan Genetika

Seperti halnya manusia, usia kucing berkaitan dengan genetika, makanan, olahraga, perawatan di rumah, dan perawatan dokter hewan.

Misalnya, anak kucing bisa berusia enam atau tujuh minggu tetapi tampak jauh lebih maju secara fisik dibandingkan bayi manusia pada usia yang sama.

Terlepas dari rata-rata, ada baiknya Anda mengetahui berapa usia kucing kesayangan Anda sebenarnya dalam hitungan tahun manusia:

- Pertama, berikan 15 tahun manusia untuk tahun pertama kehidupan kucing Anda.

- Kemudian, tambahkan 9 tahun untuk tahun kedua. Misalnya, kucing berusia 2 tahun akan berusia sekitar 24 tahun manusia.

- Selanjutnya, tambahkan 4 tahun manusia untuk setiap tahun berikutnya dalam kehidupan kucing Anda.

Untuk memeriksa kembali perhitungan Anda, lebih mudahnya sebagai berikut:

1 bulan kucing = 1 tahun manusia

3 bulan kucing = 4 tahun manusia

6 bulan kucing = 10 tahun manusia

1 tahun kucing = 15 tahun manusia

2 tahun kucing = 24 tahun manusia

3 tahun kucing = 28 tahun manusia

5 tahun kucing = 36 tahun manusia

10 tahun kucing = 56 tahun manusia

15 tahun kucing = 76 tahun manusia

20 tahun kucing = 96 tahun manusia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.