Sukses

5 Tips Tingkatkan Nafsu Makan Bagi Kamu yang Ingin Menaikkan Berat Badan

Cara mudah atasi gangguan nafsu makan demi bisa menaikkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya persoalan menurunkan berat badan yang sulit dilakukan tetapi nyatanya menambah berat badan juga tidak kalah sulit dilakukan bagi sebagian orang. Salah satu dari kesulitan itu ternyata dipicu oleh hilangnya nafsu makan. Padahal nafsu makan memiliki peranan penting dalam proses menaikkan berat badan.

Jika nafsu makan berkurang tentu membuat proses bertambahnya berat badan jadi terganggu. Melansir Healthshots, Selasa (22/11/22) berikut cara untuk mengembalikan nafsu makan agar proses penambahan berat badan dapat berhasil.

1. Hindari stres dan depresi

Banyak orang tidak menyadari bahwa gangguan kesehatan mental bisa membuat nafsu makan berkurang. Di mana saat Anda dalam kondisi stres, Anda akan melepaskan hormon epinefrin yang dapat mengurangi rasa lapar.

Begitu juga jika kita mengalami depresi, hal itu seringkali menyebabkan seseorang kehilangan selera yang pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Sehingga menghindari stres dan depresi adalah salah satu cara mudah bagi Anda yang ingin menambah berat badan, karena hal itu memengaruhi nafsu makan Anda. 

2. Hilangkan ketergantungan konsumsi obat

Efek samping dari mengonsumsi obat jangka panjang juga dapat memengaruhi nafsu makan. Sehingga salah satu solusi terbaik bagi Anda yang sedang menjalani program penambahan berat badan yaitu dengan menghentikan konsumsi obat-obatan itu. Tetapi sebelum memulainya ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu ke dokter agar prosesnya lebih aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Konsultasi ke dokter

Di antara solusi lain, tentunya berkonsultasi ke dokter adalah cara teraman yang bisa dilakukan. Pasalnya jika Anda merasa memiliki Kesehatan yang baik tetapi nafsu makan bermasalah dianjurkan untuk periksa.

Sebab, bisa saja kita tidak menyadari ternyata kita menderita gangguan makan. Sehingga kondisi itu membuat kita kehilangan selera di hadapan makanan.

Sehingga dengan mengunjungi dokter paling tidak Anda bisa mendapatkan solusi yang tepat dengan mendapatkan pengobatan untuk mengatasi masalah gangguan makan.

4. Konsumsi makanan yang meningkatkan nafsu makan

Selanjutnya yang bisa dilakukan ialah menemukan makanan berkhasiat untuk membantu Anda mendapatkan selera makan. Misalnya dengan menambahkan bubuk kayu manis ke dalam makanan. Di mana kayu manis mengandung hidroksikakon yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan kita. Kemudian, mengonsumsi minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Sebab, minyak ini dapat merangsang pelepasan hormon ghrelin yang dapat meningkatkan rasa lapar.

3 dari 4 halaman

5. Hindari makanan yang dapat mengurangi nafsu makan

Jika Anda berencana menambah berat badan, perlu untuk mengetahui jenis makanan atau minuman yang dapat mengurangi nafsu makan. Berikut beberapa makanan atau minuman yang temasuk di antaranya:

  1. Kopi, minuman yang umumnya memiliki rasa pahit ini mengandung kadar plasma peptida yang dapat mengurangi rasa lapar dan dapat menekan nafsu makan.
  2. Almond, makanan yang terkenal kaya akan protein ini juga mengandung serat yang bisa cegah nafsu makan.
  3. Mengurangi makan tahu, sebab sumber protein nabati satu ini mengandung isoflavon yang dapat menurunkan nafsu makan.
  4. Jika sedang kehilangan nafsu makan, untuk menghindari makan ubi jalar, sebab ia memiliki kandungan pati yang dapat menolak enzim pencernaan yang membuat mengekang nafsu makan. Sehingga, kondisi itu dapat mengurangi nafsu makan serta dapat menghambat untuk menambah berat badan.
4 dari 4 halaman

6 Makanan Bergizi untuk Menaikkan Berat Badan dengan Cepat

Beberapa orang sangat menginginkan mempunyai tubuh yang kurus. Mereka bahkan rela melakukan diet ketat untuk menurunkan bobot tubuhnya. Tapi, sebagian orang yang bertubuh kurus justru merasa tidak nyaman dengan penampilannya. Ada yang ingin menaikkan beberapa kilogram agar tidak terlalu kurus.

Pasalnya, tubuh yang terlalu kurus juga tidak baik untuk kesehatan. Misalnya, mengalami malnutrisi, sistem imun yang rendah, mengganggu kesuburan, risiko osteoporosis tinggi, hingga risiko komplikasi selama operasi.

Menaikkan berat badan nampaknya terasa sangat sulit dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Butuh waktu lama untuk mewujudkannya.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (25/1/2022), ternyata ada sejumlah makanan yang bisa menaikkan berat badan secara cepat. Simak daftarnya berikut ini!

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.