Sukses

4 Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Shooting dalam Permainan Sepak Bola

Berikut empat latihan untuk membantu pemain sepak bola meningkatkan kekuatan tembakan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tembakan atau shooting yang kuat dan bertenaga memiliki banyak fungsi bagi pemain sepak bola karena beberapa alasan. Pertama, kalian dapat mencetak peluang berkualitas dengan variasi serangan dan mencegah kiper melakukan penyelamatan.

Dan kedua, ini membuat kalian menjadi ancaman untuk mencetak gol dari jarak jauh, mengubah kalian menjadi pemain yang lebih dinamis dan menuntut perhatian lebih besar dari pertahanan.

Sebaliknya, memiliki tembakan yang lemah, akan membuat pertahanan tidak terlalu takut dan akan memungkinkan kiper dengan mudah menyelamatkan banyak upaya dari tim lawan.

Bagaimana cara yang harus dilakukan membangun tembakan yang dahsyat? Mungkin sebagian besar dari kalian berpikir untuk melakukan latihan ekstra yang cukup keras untuk melakukan latihan ini.

Walaupun latihan ekstra di lapangan bukanlah ide yang buruk, namun itu bukan cara yang paling efektif untuk meningkatkan kekuatan tendangan. Kalian harus berlatih di ruang latihan sama kerasnya seperti kalian berlatih di lapangan jika kalian ingin menambah kecepatan dan jarak tembakan.

Jika itu tujuan kalian, hal yang harus dilakukan ialah melatih tubuh bagian bawah kalian untuk kecepatan dan kekuatan. Mengutip laman Stack, Senin (21/11/2022) berikut adalah empat latihan untuk membantu pemain sepak bola meningkatkan kekuatan tembakan atau shooting mereka:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Squat Depan

Squat depan lebih menekankan pada paha depan dan inti daripada Squat Belakang dan gerakan ini mudah untuk ditingkatkan bagi atlet mana pun atau kalian yang mencoba untuk berolahraga.

Fakta bahwa squat depan lebih efektif menargetkan inti daripada banyak variasi squat lainnya adalah karena menembak bola sepak dengan kekuatan yang luar biasa membutuhkan kontribusi yang signifikan dari otot-otot inti.

Namun, ini bukan berarti squat belakang harus dihindari sepenuhnya. Squat belakang khususnya, adalah latihan yang sangat baik untuk membangun kekuatan pinggul.

Tanpa kekuatan pinggul yang memiliki tumpuan yang kuat, kalian tidak akan bisa melepaskan banyak tembakan melewati penjaga gawang dalam waktu dekat.

3 dari 5 halaman

2. Latihan Variasi Sumo

Variasi sumo seharusnya sudah menjadi pokok dalam program latihan setiap atlet. Sumo memiliki manfaat yang banyak karena penekanan tambahan yang diberikan pada pinggul kalian.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kekuatan pinggul akan menjadi faktor kunci jika kalian ingin mendapatkan kekuatan ekstra pada pukulan kalian. Fungsi utama gerakan ini adalah untuk menggerakkan otot paha, jadi otot ini juga memainkan peran penting.

 

4 dari 5 halaman

3. Peregangan Punggung Bawah

Peregangan punggung bawah mungkin tidak dianggap sebagai "latihan besar" dalam pengertian tradisional, tetapi manfaat yang diberikannya bagi para atlet sangat besar.

Jika kalian baru mengenal gerakan ini, ada kemungkinan besar kalian dapat memetik banyak manfaat ini tanpa menambahkan beban tambahan apapun ke dalam latihan. Peregangan punggung bawah adalah gerakan untuk pembangun rantai belakang yang kuat, mengasah otot-otot paha belakang dan punggung bawah.

Punggung yang lebih kuat tidak hanya akan membantu kalian menembak bola lebih keras, tetapi juga akan membantu kalian berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, dan menghindari cedera dengan lebih efektif.

5 dari 5 halaman

4. Split Squat

Sekarang, setelah kalian menyelesaikan gerakan utama dan saatnya untuk fokus pada detail yang lebih halus. Memilih gerakan tambahan yang tepat dapat membuat atau menghancurkan upaya kalian untuk mendapatkan kekuatan tendangan.

Gerakan ini memperkuat paha depan, lutut, pergelangan kaki, pinggul, dan pantat sambil mengajarkan kalian untuk menyeimbangkan dan mengaktifkan inti tubuh kalian agar tetap stabil.

Split Squat dengan beban dan tanpa beban adalah latihan kunci lainnya untuk mengembangkan kekuatan atletik. Split Squat akan membantu kalian dalam meningkatkan kekuatan shooting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.