Sukses

Tak Hanya Diminum, Ini 7 Kegunaan dan Manfaat Kopi yang Harus Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta - Aroma kopi memang menggoda bagi siapa saja yang menciumnya,. Namun siapa sangka kopi memiliki banyak manfaat loh.

Salah satunya, kopi dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumah. Sehingga misalnya ketika ada keluarga yang baru meninggal dunia, biasanya kopi diletakkan di sekitar peti atau di dalam peti.

Kemudian, biji kopi biasanya juga ditemui saat kamu hendak membeli parfume. Biasanya, toko parfume akan menyediakan biji kopi yang berfungsi menghilangkan wangi atau menetralkan indera penciuman saat memilih-milih parfum.

Selain itu, aroma kopi juga sering dijadikan sebagai aroma parfum badan, ruangan, mobil, bahkan dijadikan campuran perawatan tubuh. Hal itu dikarenakan sifat kopi yang dapat merelaksasikan pikiran sehingga membuat pikiran tenang.

Melansir dari Pinkvilla, menurut penelitian, pekerja wanita harian yang minum satu atau dua cangkir kopi secara teratur lebih mungkin untuk mencapai tingkat aktivitas fisik harian yang direkomendasikan daripada pekerja yang tidak mengonsumsi kopi.

Jadi, jika pernah merasa tubuh kamu tidak aktif selama beberapa waktu, coba konsumsi kopi.

Rupanya, berbagai manfaat kopi juga dirasakan oleh warganet. Hal itu mereka bagikan di akun sosial media Twitter masing-masing.

Beberapa curhatan warganet di Twitter terkait manfaat kopi:

"Katanya minum wet kopi bisa menghilangkan bau karena petai saat pipis. Sekedar info," tulis @ady_ico.

"Ohhh ternyata kopi bisa menghilangkan bau tak sedap di dalem kulkas ya.. Okeehh otw stock kopi yeee," tulis @sanesabdidalemm.

"Kabar kopi. Wanita yang rutin minum kopi 3x sehari, wajahnya terlihat LEBIH MUDA daripada neneknya," tulis @adika_tgalek.

Yuk simak 7 manfaat dan kegunaan kopi di rumah yang perlu kamu ketahui dilansir Eldoradocoffee, Minggu (20/11/2022):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Jadi Pupuk Tanaman dan Kompos

Gunakan bubuk kopi sebagai pupuk. Bubuk kopi adalah pupuk alami yang memiliki manfaat luar biasa bagi tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi dari tanah untuk tumbuh.

Tetapi tanah dapat dengan cepat habis, terutama karena tanaman yang tumbuh menyerap nutrisi tersebut. Tujuan pupuk adalah untuk menambah lebih banyak nutrisi ke tanah, membantu membudidayakan tanaman.

Bubuk kopi mengandung nitrogen, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan kromium, yang semuanya diperlukan agar tanaman tumbuh tinggi dan kuat. Sambil menambahkan nutrisi, kopi juga dapat membantu menyerap logam berat yang mencemari tanah dan mengganggu proses pertumbuhan.

Jadi menaburkan bubuk kopi di sekitar tanah Anda dapat membantu memberi makan tanaman Anda. 

Nutrisi yang tanaman butuhkan sambil menghilangkan kotoran dan hama yang menghambat pertumbuhan tanaman Anda. Bubuk kopi dapat menghasikan lebih seidkit emisi gas rumah kaca. 

Menariknya, cacing suka bubuk kopi loh. Cacing adalah penata taman alami yang membantu menganginkan dan menyehatkan kebun Anda. Tarik perhatian mereka dengan bubuk kopi sebagai pupuk. 

3 dari 8 halaman

2. Usir Serangga dalam Rumah

Rumah kamu sering kemasukan serangga? Bubuk kopi bisa menjadi solusinya.

Senyawa dalam bubuk kopi, seperti kafein dan diterpen, dapat membahayakan bahkan beracun bagi serangga. 

Sehingga serangga seperti nyamuk, kumbang, dan lalat akan menghindari kopi. Caranya yaitu dengan menaburkan bubuk kopi di beberapa tempat.

Seperti di halaman atau di sekitar celah-celah kecil di rumah untuk membantu mencegah serangga masuk ke rumah kamu.

4 dari 8 halaman

3. Menghilangkan Bau di Ruangan

Kopi memiliki aroma yang nikmat, tetapi tanpa kamu ketahui, kopi dapat membantu menyerap bau tidak sedap di lingkungan juga. Kopi mengandung nitrogen, yang membantu menetralkan bau di udara dengan cepat dan aman.

Bubuk kopi adalah alternatif yang efektif dan alami. Contohnya meletakkan wadah terbuka yang berisikan bubuk kopi bekas di lemari es untuk menghilangkan bau yang disebabkan oleh tumpahan atau makanan busuk.

Anda juga dapat membuat sachet bubuk kopi menggunakan tas jala yang diikat. Masukkan ke dalam tas olahraga, laci meja rias, mobil, dan tempat lain untuk menghilangkan bau udara dan menjaga rumah kamu tetap segar dan bersih.

5 dari 8 halaman

4. Menghilangkan Bau di Kulit

Kopi tidak hanya menghilangkan bau di ruangan (udara), namun juga dapat menghilangkan bau di tangan atau kaki kamu.

Masukkan salah satu sachet bubuk kopi itu ke dalam sepatu Anda untuk menghilangkan bau. Anda juga bisa menggunakan scrub kopi di kaki atau ketiak Anda untuk menghilangkan bau badan. Disarankan untuk mencampur bubuk kopi dengan minyak kelapa agar tidak kasar pada kulit.

Anda juga bisa menyediakan bubuk kopi di dekat tempat cucian tangan. Jika tangan Anda berbau seperti bawang putih, bawang merah, ikan, durian, jengkol, Anda dapat menggosok beberapa bubuk kopi di tangan. Maka itu akan membantu menghilangkan bau makanan.

6 dari 8 halaman

5. Menghilangkan Bau di Peralatan Makan atau Masak

Alasan lain untuk menyimpan bubuk kopi di dekat pencucian tangan atau piring supaya dapat digunakan untuk membersihkan peralatan makanan atau masak kamu. 

Bubuk kopi memiliki tekstur kasar, yang digunakan sebagai pengganti abu gosok untuk menggosok permukaan peralatan makan atau masak yang sulit dibersikahkan dengan spons. 

Tujuan menggunakan kopi selain untuk menghilangkan noda membandel, namun juga membersihkan menghilangkan bau yang tidak sedap atau amis.

Catatan: Jangan gunakan bubuk kopi pada bahan berpori atau halus atau apa pun dengan permukaan berwarna terang. 

7 dari 8 halaman

6. Memarinasi Daging

Kopi mengandung enzim dan asam yang membantu melembutkan daging dan mempertajam rasanya. Beberapa orang menggunakan bubuk kopi sebagai gosok daging, tetapi kami lebih suka sebagai bumbu (karena tidak semua orang suka menelan bubuk kopi).

Untuk mengasinkan daging dengan kopi, seduh kembali bubuk kopi bekas. Kemudian biarkan kopi menjadi dingin. Rendamlah atau marinasi daging dalam kopi.

Kemudian tutup dengan tutup kedap udara (bisa menggunakan palstik wrap), dan masukkan ke dalam lemari es hingga 24 jam sebelum dimasak. Kopi akan menjaga daging tetap lembut dan juicy, sekaligus mengeluarkan rasa alami daging.

8 dari 8 halaman

7. Memperbaiki Furnitur Kayu

Furnitur kayu kamu tergores? Bubuk kopi bisa jadi solusinya. Alasannya akan membantu menghilangkan goresan, dan kopi dapat membuat kayu yang terbuka menjadi cokelat.

Tambahkan sedikit air ke bubuk kopi untuk dijadikan pasta. Celupkan kapas ke dalam pasta kopi. Gosok goresan dengan kapas yang sudah dicelupkan pasta kopi.

Diamkan pasta selama 5 hingga 10 menit. Bersihkan pasta dengan lembut menggunakan lap bekas karena pasta kopi dapat mengotori kain. 

Lanjutkan proses ini sampai furnitur Anda sedikit kembali ke warna asal. Tunggu 2 jam jika ingin mengaplikasikan pasta kopi kembali, untuk menghindari kerusakan kayu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS