Sukses

Wagyu Rendang Lampung, Salah Satu Hidangan Favorit di Gala Dinner KTT G20

Dalam gala dinner KTT G20, para tamu disuguhkan menu istimewa yang kental dengan cita rasa Nusantara, salah satunya wagyu rendang Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022, menyuguhkan keanekaragaman budaya Indonesia hingga jamuan eksklusif dalam menyambut para pemimpin dunia yang hadir.

Gala dinner di ruang terbuka yang digelar di area Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Badung, Bali, sukses mendapat apresiasi dari para tamu undangan.

Pakar kuliner Indonesia, William Wongso yang dipercaya meracik jamuan menu pada perhelatan KTT G20 mengaku telah melakukan persiapan yang cukup lama dan selektif.

“Ada beberapa pertimbangan dalam memilih bahan makanan yakni aman, memiliki kualitas tinggi serta keamanan pangan (food safety) yang terjamin. Hal yang tidak kalah penting ialah bahan tersebut berasal dari daerah yang berada di Indonesia dan tentunya halal,” ucap William, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/11/2022).

Begitu pula dengan suguhan menu istimewa yang kental dengan cita rasa Nusantara, yang salah satunya adalah wagyu Lampung (Tokusen) produksi PT Santosa Agrindo (Santori), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) yang sempat mencuri perhatian para peserta yang hadir.

“Sejak Februari, kami telah mendapatkan informasi bahwa produk wagyu kami, Tokusen menjadi salah satu pilihan bahan dasar menu pada perhelatan G20. Tentu kami sangat menyambut baik kesempatan ini dengan mengundang dan membagikan informasi mengenai seputar produk kami,” kata Head of Business Unit JAPFA Best Food Solution, Melvany Angelica Kasih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daging wagyu dari peternak sapi di Lampung

Tokusen merupakan satu-satunya produk lokal Indonesia untuk daging wagyu. Tokusen berasal dari peternakan sapi di Lampung yang memiliki rumah potong sendiri, sehingga mampu memproduksi potongan khusus sesuai permintaan.

“Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari G20 melalui sajian produk wagyu kami yang telah terbukti aman dan berkualitas baik," kata Corporate Affairs Director JAPFA, Rachmat Indrajaya.

Rachmat pun menuturkan ucapan terima kasih kepada Bapak William Wongso yang telah percaya pada produknya dan menjadikannya salah satu menu pada jamuan tersebut.

"Semoga dengan diperkenalkannya produk-produk terbaik dalam negeri kepada para pemimpin dunia dan delegasi internasional dapat membuka kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan dunia usaha dalam negeri,” tutupnya.

3 dari 3 halaman

Menu Utama Makanan untuk Tamu KTT G20

Menu utama (main course) para undangan disuguhi tenderloin sapi wagyu khas Lampung, rendang Padang, mousseline singkong dan kentang asparagus dalam saus kunyit Bali, hingga puree terong balado. 

Rendang padang adalah makanan olahan daging dengan bumbu rempah-rempah yang melimpah, berasal dari Sumatra Barat.

Saking nikmatnya menu olahan berbahan dasar daging ini, menjadi makanan favorit banyak orang, sampai warung makanan padang banyak dibuka di Indonesia. 

Mousseline singkong adalah saus kental yang terbuat dari singkong. 

Kentang asparagus dalam saus kunyit, adalah sayur asparagus berwarna hijau, dibalut dengan bumbu kunyit khas Bali. 

Puree terong balado adalah kari terong berasa balado (pedas manis, gurih). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.