Sukses

Kisah di Balik Kebaya Puspa Romansa Didiet Maulana untuk Maudy Ayunda di KTT G20 Bali

Liputan6.com, Jakarta - Didiet Maulana, seorang desainer ternama dari Indonesia, mengunggah cerita di balik pembuatan kebaya cantik yang dikenakan oleh penyanyi Maudy Ayunda melalui Instagram resminya @didietmaulana pada Kamis (17/11/2022).

Terbaru, Didiet mengatakan kalau suatu hari, istri dari Jesse Choi itu meminta agar ia dibuatkan kebaya untuk dipakai saat pelaksanaan acara KTT G20 Bali hari kedua pada Rabu (16/11/2022).

Lebih lanjut, Didiet bercerita kalau kebaya yang ia buat terinspirasi dari sebuah lukisan karya seniman asal Belanda, Willem Gerard Hofker, yang dibuat di Bali tahun 1938 dengan tajuk “Ni Tjawan.”

“Warna-warna dari songket dan motif bunga dalam lukisan tersebut sungguh menggugah hati,” tulis Didiet dalam keterangan unggahan foto desainnya di Instagram.

Perjalanannya mencari inspirasi, kemudian membawa dirinya bertemu dengan seorang sahabat bernama Iwan, yang menetap di Karang Asem, Bali.

Didiet Maulana mengaku bahwa membutuhkan waktu hingga dua jam demi mencari bahan dan motif songket terbaik.

Hingga akhirnya ia menemukan songket bermotif bunga dengan tambahan aksen motif kotak-kotak khas Bali.

Akhirnya, saat itu juga Didiet menamai kebaya yang didesain khusus untuk Maudy Ayunda itu dengan nama “Kebaya Puspa Romansa.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Proses Sketsa

Didiet juga menambahkan dalam ceritanya tersebut bahwa setelah mendapatkan seluruh bahan yang menjadi incarannya, ia lantas membuat sketsa dan mulai mendesain kebaya cantik berwarna kuning kunyit itu.

“Tampilan yang menceritakan keindahan bunga-bunga penuh romansa, dengan aksen senteng berwarna merah marun dengan kebaya motif bunga berwarna kuning kunyit,” tulisnya dalam keterangan foto yang berlatar belakang sketsa desain kebaya miliknya.

3 dari 4 halaman

Proses Pembuatan

Sebelum bahan tersebut dibuat menjadi sebuah kebaya utuh, Didiet mengaku kalau ketika dirinya kembali ke Jakarta, ia langsung mengirimkan semua idenya ke Maudy Ayunda yang kebetulan sedang berada di luar kota kala itu.

“Semua proses approval dilakukan secara online, dan kebetulan langsung di approved! Bahagianya hatiku,” tulis Didiet.

Ia juga melanjutkan, “Kemudian, butuh dua minggu proses pembuatan kebaya, hingga akhirnya fitting dilakukan pada tiga hari sebelum beliau berangkat ke Bali. Semua pas dan Maudy suka. Happy banget!”

4 dari 4 halaman

Kebaya Maudy Banjir Pujian

Saat mengunggah foto yang menampilkan dirinya mengenakan kebaya karya Didiet Maulana ke Instagram pribadinya, Maudy Ayunda langsung dibanjiri pujian.

Maudy dinilai sangat merepresentasikan kecantikan wanita Indonesia ketika mengenakan rancangan karya Didiet Maulana tersebut.

“Love it. Simple but elegant,” tulis seorang warganet.

“Bajunya bagus, yang pakainya juga bagus. Ya jadi bener-bener bagus banget,” timpal warganet lainnya.

Tak hanya pada unggahan Maudy, unggahan soal cerita di balik pembuatan kebaya berwarna kuning kunyit ini juga banjir pujian di Instagram Didiet Maulana.

“Proses yang dahsyat. Perjalanan kebaya Ni Tjawan yang luar biasa, begitulah caranya Maestro bekerja, saudara-saudara!” tulis @irmahutabaratofficial di unggahan desain kebaya Didiet Maulana.

Penyanyi Andien Aisyah juga mengungkapkan kekagumannya melalui komentar pada unggahan tersebut, “Indah sekali.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS