Sukses

Singkirkan Racun, Ini 8 Cara Alami untuk Mendetoksifikasi Tubuh

Makanan bukanlah satu-satunya cara untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Tubuh Anda memiliki organ-organ yang berfungsi sebagai sistem detoksifikasi alami.

Liputan6.com, Jakarta Detoksifikasi tubuh biasanya menyiratkan mengikuti pola makan atau menggunakan produk tertentu yang mengklaim untuk membersihkan tubuh dari racun.

Akan tetapi, makanan bukanlah satu-satunya cara untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Tubuh Anda memiliki organ-organ yang berfungsi sebagai sistem detoksifikasi alami.

Hati, ginjal, sistem pencernaan, kulit, dan paru-paru adalah organ tubuh yang memiliki kemampuan canggih untuk menghilangkan racun. Namun, organ-organ ini hanya dapat berkerja secara efektif ketika sehat.

Jadi, untuk menghilangkan racun sebenarnya tidak memerlukan pola makan khusus atau suplemen mahal untuk melakukannya. Perubahan lain dalam gaya hidup Anda dapat membantu.

Melansir Health Shots (11/15/2022) Priyanka Sharma, Seorang Ahli Gizi, Cloudnine Group of Hospitals, Noida, meberikan cara-cara alami yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan sistem detoksifikasi alami tubuh, berikut adalah caranya.

1. Hindari makanan manis

Konsumsi makanan manis secara teratur dapat menghambat cara detoksifikasi tubuh Anda dengan merusak hati dan ginjal Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa makanan tinggi gula juga dapat menyebabkan perlemakan hati. Hal ini juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas dan diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Batasi Asupan Kafein

Pencinta kopi tidak akan menyukainya, tetapi kafein tidak baik untuk sistem Anda. Penelitian telah menemukan bahwa kopi mengandung kafein dalam jumlah tinggi yang dapat mengganggu proses detoksifikasi alami.

Hal ini dapat menyulitkan tubuh untuk mengatur proses detoksifikasi normal di hati, yang dapat menyebabkan beberapa masalah.

3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran

Salah satu cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang membantu membersihkan tubuh dan membuang racun.

Menurut ahli, mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran musiman dapat menguntungkan Anda jika Anda ingin mendetoksifikasi tubuh Anda.

Dengan mengikuti makanan yang seimbang dan kaya antioksidan, seseorang dapat meningkatkan sistem detoksifikasi alami mereka sendiri dan melindungi tubuh dari penyakit berbahaya.

Contoh makanan antioksidan termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, selenium, likopen, lutein, dan zeaxanthin. Berries, buah-buahan, kacang-kacangan, kakao, sayuran, rempah-rempah, dan minuman seperti kopi dan teh hijau memiliki beberapa jumlah antioksidan tertinggi. 

3 dari 4 halaman

4. Berolahraga Secara Teratur

Tak perlu dikatakan lagi bahwa olahraga teratur baik untuk kesehatan Anda. Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa olahraga mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lain-lain.

Disarankan agar melakukan setidaknya 150-300 menit seminggu olahraga intensitas sedang seperti jalan cepat, atau 75-150 menit seminggu aktivitas fisik intensitas kuat, seperti berlari.

5. Hindari makanan kemasan

Sharma menunjukkan bahwa makanan kemasan mengandung bahan pengawet yang tinggi, yang dapat mengganggu proses alami tubuh Anda.

Makanan ini juga tinggi gula tambahan dan perasa buatan yang tidak begitu baik untuk tubuh Anda jika Anda ingin menghilangkan racun.

6. Minum air putih

Sebuah studi dalam Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology menemukan bahwa minum air putih membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Ini juga membantu meredakan nyeri sendi dan menghilangkan racun dari tubuh Anda. Jadi, minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari untuk mendetoksifikasi tubuh Anda.

 

4 dari 4 halaman

7. Hindari Alkohol

Tahukah Anda bahwa alkohol dapat menyabotase fungsi normal hati Anda? Sebuah studi di StatPearls menemukan bahwa minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan lemak menumpuk di sistem Anda dan menyebabkan peradangan.

Ketika ini terjadi, hati tidak dapat berfungsi dengan baik dan melakukan tugas-tugas yang diperlukan, termasuk menyaring limbah dan racun lain dari tubuh.

Dengan demikian, membatasi atau menghindari alkohol sepenuhnya  adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem detoksifikasi tubuh.

8. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam adalah suatu keharusan untuk mendukung kesehatan tubuh dan sistem detoksifikasi alami.

Tidur memungkinkan otak untuk mengatur dan mengisi ulang dirinya sendiri, serta membuang racun yang menumpuk sepanjang hari. 

Saat kurang tidur, tubuh tidak memiliki waktu untuk melakukan fungsi tersebut, sehingga racun dapat menumpuk dan memengaruhi beberapa aspek kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.