Sukses

Menakjubkan! 7 Perusahaan Ini Berhasil Mengubah Dunia

Perubahan yang positif berhasil dilakukan sejumlah perusahaan di dunia, salah satunya Netflix hingga membuat kita bisa menonton film atau series kapan saja dan dimana saja.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada satu hal yang konstan dalam hidup, itu adalah perubahan.

Sebab, banyak hal berubah setiap hari. Beberapa hal menjadi lebih baik atau peristiwa yang tejadi di dunia berubah menjadi lebih buruk.

Manusia tidak akan dapat lepas dari perubahan karena dunia akan mengalami peristiwa baru setiap harinya.

Perubahan dan kemajuan itu akan selalu memberikan dampak baik positif maupun negatif.

Terlepas dari itu, beberapa perubahan lebih signifikan dan dirasakan dalam skala dan besaran yang lebih besar.

Perusahaan-perusahaan besar tersebut terkadang bertindak sebagai penggerak untuk beberapa perubahan ini.

Mereka adalah pengubah permainan yang memberikan pengaruhnya pada dunia, dan seperti halnya perubahan apa pun, perubahan itu benar-benar baik atau benar-benar buruk.

Saat melihat daftar ini, Kalian akan menyadari bahwa sebagian besar perusahaan yang telah mengubah dunia pada awalnya dimaksudkan untuk mengatasi masalah yang berbeda.

Namun, mereka bermetamorfosis dan beradaptasi dengan perubahan yang dibutuhkan oleh dunia, dan karena itu, mereka telah menjadi perusahaan seperti sekarang ini.

Mereka berjalanan beriringan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju setiap harinya dengan tujuan untuk memberikan kemudahan untuk manusia.

Perusahaan-perusahaan ini terus melakukan inovasi dengan fitur-fitur baru yang akan memberikan perubahan untuk dunia.

Misalnya Netflix. Berkat Netflix, sekarang kita bisa menonton dengan nyaman sesuka hati atau biasa disebut dengan Netflix and chill.

Mengutip dari laman List Verse, Selasa (8/11/2022) berikut, tujuh perusahaan yang berhasil mengubah dunia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Netflix

Kalian mungkin pernah mendengar tentang Netflix. Tetapi mungkin tidak tahu bahwa Netflix itu dimulai sebagai platform di mana kalian bisa menyewa DVD melalui pos.

Industri hiburan selalu menguntungkan karena orang-orang selalu mencari hal besar berikutnya, tetapi bahkan Netflix mungkin tidak tahu apa masa depannya.

Berkat Netflix, sekarang kita bisa menonton film maupun series dengan nyaman sesuka hati atau biasa disebut dengan Netflix and chill.

Netflix melakukan apa yang diharapkan oleh perusahaan lain dan melakukannya dengan baik.

Banyak perusahaan lain telah mencoba memulai kerajaan streaming mereka sendiri, tetapi ketika "N" merah mulai terbentuk dan musik yang disematkan, suara "ta-dum" dimainkan, kita semua tahu ini memang adalah Netflix.

3 dari 8 halaman

2. Facebook atau Meta

Facebook sangat mengubah cara orang berkomunikasi di seluruh dunia.

Dari proyek kamar asrama untuk memudahkan komunikasi kampus hingga menjadi fenomena di seluruh dunia dengan lebih dari 900 juta pengguna, Facebook telah menjadi lebih besar dari yang bisa dibayangkan siapa pun.

Ide awalnya adalah untuk membantu komunitas berinteraksi, khususnya Harvard, tempat pendirinya Mark Zuckerberg kuliah.

Segera setelah itu, mereka menyadari bahwa idenya jauh lebih berharga dan dunia membutuhkannya.

Saat ini, Facebook adalah pasar, situs kencan, platform jaringan, agen periklanan, sumber berita, dan seluruh ekosistem.

Perusahaan ini telah melalui permasalahan yang besar karena tuntutan hukum yang berpusat di sekitar privasi data, tetapi masih terus berjalan dengan kuat.

Masa depan Facebook memiliki banyak hal, mulai dari memiliki mata uang sendiri hingga menjadi agen transfer uang, namun, usaha yang paling dinanti-nantikan adalah penciptaan metaverse yang bahkan membuat perusahaan mengubah namanya menjadi Meta.

Perusahaan ini telah menginspirasi banyak platform media sosial yang muncul sejak saat itu, dan banyak yang menganggap Facebook sebagai awal dari media sosial modern.

Entah kecil atau besar, Facebook terus mengubah dunia dengan cara yang bahkan tidak kita bayangkan mungkin terjadi.

4 dari 8 halaman

3. Google

Sungguh menakjubkan membayangkan bahwa Google menerima lebih dari 99.000 pencarian per detik setiap hari.

Google mengubah dunia dengan membuatnya mudah untuk mengakses informasi secara online.

Perusahaan ini mengindeks situs-situs dan membuatnya dapat diakses dengan mencari pada satu tab Google.

Sulit membayangkan menggunakan internet di dunia sebelum adanya Google, saat ini, Google lebih dari sekadar mesin pencari.

Saat ini Google telah berkembang menjadi hal-hal seperti Google Drive dan Google Meet. Belum lagi Google Maps, yang telah menjadi hal yang wajib dimiliki jika akan pergi ke mana saja.

Google memiliki layanan lain yang berdampak global seperti Google Images, Google Weather, Google Earth, dan Google Lens, untuk menyebutkan beberapa di antaranya.

Google juga telah mendukung banyak industri, termasuk industri transportasi, dengan memudahkan navigasi untuk perusahaan seperti Uber dan Lyft.

Meskipun berdampak positif bagi dunia, Google juga telah merugikan beberapa bisnis, sebagian besar bisnis yang sebelum Google berdiri, seperti surat kabar dan peta.

5 dari 8 halaman

4. YouTube

Sejak awal berdirinya, YouTube telah menjadi perusahaan yang fenomenal.

Ini benar-benar mengubah cara orang mengekspresikan diri mereka sendiri, dari musik dan hiburan hingga pendidikan dan politik.

Banyak artis telah ditemukan karena YouTube, termasuk Justin Bieber muda di akhir tahun 2000-an.

Sulit untuk memikirkan situs web video apa pun yang bahkan dapat menyaingi YouTube. Dengan algoritmanya, YouTube selalu menyempurnakan rekomendasinya kepada penggunanya.

Saat ini, YouTube telah menjadi sumber mata pencaharian bagi banyak seniman dan pembuat konten, sebuah jalan untuk berekspresi bagi banyak orang di seluruh dunia.

Hal ini telah meningkat sedemikian rupa sehingga menjadi YouTuber dianggap sebagai karier saat ini, meskipun memiliki banyak risiko.

6 dari 8 halaman

5. Apple

Apple hadir dengan iPhone, Mac, iPad, iPod, dan banyak produk lain yang kita gunakan saat ini.

Apple adalah salah satu perusahaan yang tetap bertahan meskipun berbeda, membuat nama untuk dirinya sendiri, dan mengubah dunia.

Sulit untuk menyebutkan Apple tanpa menyebutkan pendirinya, Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne.

Ketika komputer ditemukan, Apple ada di sana, dan alih-alih menggunakan sistem operasi Windows seperti kebanyakan orang, mereka memilih untuk membangun sistem mereka dari bawah ke atas.

Ketika ponsel menjadi pusat perhatian, perusahaan ini hadir dengan merek baru, yang berjalan pada sistem operasinya, dan menendang perusahaan seperti BlackBerry keluar dari pasar untuk menghasilkan ponsel yang paling didambakan sepanjang masa.

iPhone dengan mudah menjadi salah satu produk paling berpengaruh sepanjang masa. Ini hampir semua yang dibutuhkan seseorang, dan pas di telapak tangan Anda.

Apple membuat produk yang merupakan pengubah permainan.

Mereka menggabungkan telepon, iPod untuk musik, perangkat pengiriman pesan, pemutar video, kamera, dan game ke dalam satu perangkat.

Tidak diragukan lagi, perusahaan lain membuat ponsel dan komputer, tetapi Apple memiliki keunggulannya.

Perangkat mereka ramping dan aman dan hingga saat ini, orang masih mengantri panjang untuk mendapatkan produk Apple terbaru saat dirilis.

7 dari 8 halaman

6. Microsoft

Microsoft mengubah cara komputer digunakan dan cara kita berpikir tentangnya.

Microsoft adalah perusahaan dengan pangsa pasar perangkat lunak komputer dan sistem operasi yang paling signifikan saat ini.

Seperti perusahaan lain yang mengubah dunia, Microsoft menjadikan pendirinya, Bill Gates, orang terkaya di dunia, dan dia memegang gelar itu untuk waktu yang lama sampai Jeff Bezos melengserkannya pada tahun 2017.

Microsoft terus mendominasi industri komputer pribadi dengan membuat sistem operasi yang dijalankan banyak perangkat elektronik, terutama laptop.

Selain sistem operasi, Microsoft juga memiliki produk perkantoran seperti Microsoft Word dan Excel yang digunakan di seluruh dunia untuk memasukkan data.

Mereka juga menawarkan penyimpanan data yang aman juga platform media sosial seperti LinkedIn.

Xbox, salah satu perusahaan video game terbesar di dunia, juga milik Microsoft. Di dunia teknologi, Microsoft adalah sebuah raksasa.

8 dari 8 halaman

7. Tesla

Tesla sering disebut sebagai pengganggu terbesar dalam industri otomotif. Mobil Tesla tidak hanya menggunakan listrik, tetapi juga dapat mengemudi sendiri.

Perusahaan Tesla juga memiliki sistem yang memungkinkan pelanggan untuk membeli mobil langsung dari pabrikan atau perusahaan aslinya dan bukan perusahaan dealer karena pelanggan dapat memilih model yang disukai dari pilihan yang tersedia dan menyesuaikan kendaraan sesuai keinginan mereka.

Sebagian besar perusahaan mobil hingga saat ini tidak memberikan kemewahan sebanyak yang diberikan kepada klien mereka seperti yang dilakukan Tesla, apakah mobil mereka dapat mengemudi sendiri?

Mobil swakemudi adalah konsep yang sudah biasa kita gunakan sekarang, tetapi jika kalian kembali ke masa lalu hanya 20 tahun yang lalu dan memberi tahu orang-orang bahwa mobil dapat mengemudi sendiri, kebanyakan orang akan menganggap kalian berbicara tentang sesuatu dari film sci-fi.

Tetapi Tesla melakukannya, dan meskipun ini bukan konsep yang telah diterima secara global, uji coba telah menunjukkan bahwa mobil ini aman dalam mode autopilot meskipun ada upaya untuk mencegah mobil ini menjadi umum.

Tesla telah membantu memecahkan masalah global polusi yang disebabkan oleh asap yang dihasilkan oleh mobil yang menggunakan bahan bakar untuk mendorong mereka dengan mengalihkan mobil mereka ke listrik.

Tesla juga telah berusaha untuk melestarikan kehidupan dengan membatasi kecelakaan dengan kemampuan mengemudi sendiri dan fitur keselamatan lainnya yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih nyaman bagi pengemudi di mana pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.