Sukses

Pemilik Love Language Quality Time, Ini 5 Cara Tunjukkan Kasih Sayang ke Pasangan

Bahasa cinta atau love language secara sederhana merupakan cara-cara seseorang berkomunikasi dengan orang yang mereka sayangi, salah satunya adalah quality time. Begini cara menunjukkan kasih sayang ke pasangan kalau bahasa cinta kamu adalah quality time.

Liputan6.com, Jakarta - Love language atau bahasa cinta secara sederhana merupakan cara-cara seseorang berkomunikasi dengan orang yang mereka sayangi. Hal ini diungkapkan oleh Terapis Klinis, Ashley Starwood.

Mengutip Cosmopolitan (07/11/2022), Starwood menyebut love language mengajarkan seseorang cara terbaik untuk mencintai pasangannya dan merupakan sebuah petunjuk cara mengungkapkan cinta dan kasih sayang kepada pasangan dengan cara yang bisa mereka terima.

Setiap orang memiliki love language masing-masing. Ketika mereka berada di sebuah hubungan, ada pasangan yang suka saling memberikan hadiah, membantu pekerjaan, ada juga yang senang menghabiskan waktu bersama.

Hal-hal di atas merupakan love language yang dijabarkan oleh Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Five Love Languages: How to Express Hearfelt Commitment to Your Mate".

Menurut Gary, setiap orang cenderung berorientasi pada satu bahasa cinta saat menunjukkan kasih sayang. Bahasa tersebut di antaranya quality time, words of affirmation, acts of service, physical touch, atau gifts.

Love language ini bisa menjadi petunjuk bagaimana mereka menunjukkan cintanya dan bagaimana mereka ingin pasangannya menunjukkan kasih sayangnya.

Berbicara mengenai bahasa cinta dari Gary Chapman, quality time adalah satu satu bahasa yang berfokus terhadap kebersamaan. Bahasa ini tentang cara mengekspresikan cinta dan kasih sayang dengan memberikan perhatian ke pasangan sepenuhnya.

Seseorang yang memiliki quality time sebagai bahasa cinta mereka, menginginkan pasangan mereka untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Mereka senang ketika pasangannya akan meletakkan gadget dan mendengarkan secara aktif saat mereka bercerita.

Namun, seiring waktu sering kali banyak orang merasa kesulitan untuk melakukan quality time bersama pasangan. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, perhatian setiap orang mudah teralihkan ketika gadget mereka berbunyi.

Jadi, saat menghadapi pasangan yang memiliki quality time sebagai bahasa cinta mereka, terdapat beberapa cara penting yang bisa dilakukan. Mengutip Very Well Mind, berikut cara menunjukkan kasih sayang kepada pasangan dengan bahasa cinta quality time.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Terapkan Keahlian Active Listening

Active listening atau mendengarkan secara aktif merupakan cara utama yang dapat kita lakukan untuk pasangan. Meskipun terdengar mudah, tidak banyak orang bisa melakukan hal ini secara alami.

Kebanyakan orang lebih memikirkan pikiran dan pendapat mereka sendiri daripada mempertimbangkan pikiran dan pendapat yang disampaikan pasangan mereka.

Ketika seseorang yang memiliki bahasa cinta quality time sedang berbicara, bisa teman, keluarga, atau pasangan, kita bisa melakukan beberapa cara untuk mempraktikkan active listening.

Cara tersebut di antaranya fokus terhadap apa yang mereka katakan, sedikit mencondongkan tubuh ke arah mereka, mengulang apa yang mereka katakan untuk mempertegas, serta mengajukan pertanyaan yang sudah dipertimbangkan.

Kita juga bisa menghindari mengatakan sesuatu seperti saran saat mereka tidak menginginkannya, lalu mencoba memahami isi cerita dengan menempatkan diri kita di posisi mereka. Seorang quality time lebih tertarik ketika mereka merasa dimengerti orang lain.

 

3 dari 5 halaman

2. Quality time itu soal kualitas, bukan kuantitas

Saat berbicara tentang waktu berkualitas yang terpenting bukanlah jumlah waktu yang sudah dihabiskan bersama, melainkan kualitas interaksinya. Kuncinya adalah kita meluangkan waktu untuk menikmati kehadiran satu sama lain, di mana pun kita berada dan sedang bersama.

Meluangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol secara mendalam dengan orang lain, setelah mengalami berbagai hal yang terjadi dalam satu hari menunjukkan bahwa kita peduli dengan mereka.

Selain itu, biasakan untuk meletakkan gadget saat sedang berada dalam percakapan. Seorang quality time akan merasa terluka ketika mereka sedang menceritakan sesuatu dan orang lain sibuk dengan gadget mereka. Karena hal ini mengartikan bahwa orang tersebut tidak mendengarkan cerita mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Membuat Rencana dan Rutinitas Bersama

Melakukan meditasi bersama, makan siang bersama, sampai berjalan-jalan di taman bisa menjadi cara-cara kecil untuk tetap terhubung dengan pasangan setiap hari.

Kita bisa menemukan beberapa rutinitas kecil yang bisa dilakukan untuk tetap berkomunikasi secara teratur membantu seorang quality time merasa dihargai. Kegiatan-kegiatan itu menjadi sesuatu yang selalu dinantikan untuk dilakukan bersama.

Selain rutinitas, kita juga bisa mencoba mengajukan rencana sesuatu yang berbeda untuk menciptakan suasana baru. Seperti pergi makan ke restoran yang belum pernah dikunjungi, hangout di kafe baru, sampai pergi staycation.

 

5 dari 5 halaman

4. Usahakan untuk Selalu Hadir

Kesibukan yang dimiliki setiap orang membuat mereka jarang memiliki waktu untuk bersantai. Namun, segala hal tentang waktu berurusan dengan prioritas yang dimiliki seseorang.

Mengutip Very Well Mind, kita benar-benar dapat menunjukkan bahwa kita peduli hanya dengan berada di sisi mereka dan menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Ketika pasangan kita mengalami masa sulit misalnya, meskipun kita tidak bisa menghilangkan semua perasaan negatif mereka, kita menunjukkan bahwa kita selalu hadir setiap mereka membutuhkan.

Seorang yang bahasa cintanya adalah quality time, tidak akan melupakan kenyataan bahwa waktu itu terbatas dan tidak selamanya hari esok akan datang.

Oleh karena itu, mereka sangat menghargai kehadiran teman, keluarga, atau pasangannya ketika mereka berada di titik terendah dalam hidupnya. Mereka juga akan melakukan hal yang sama dan memprioritaskan orang-orang yang mereka cintai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.