Sukses

Mariah Carey Makin Kaya Tiap Natal, Berapa Royalti Lagu All I Want For Christmas Is You?

Lagu All I Want For Christmas Is You milik Mariah Carey menjadi salah satu lagu favorit menjelang dan saat Natal. Diputar di berbagai tempat, berapa ya royalti yang Mariah Carey dapatkan karena lagu ini?

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa kurang lebih sebulan lagi seluruh umat kristiani di dunia merayakan Hari Raya Natal. Natal identik dengan kebahagiaan dan suka cita. Salah satu ciri khas menyambut hadirnya kebahagiaan Natal adalah dengan diputarnya berbagai lagu bertemakan Natal.

Bicara lagu Natal, ada satu lagu yang pasti sudah akrab di telinga, tidak lain adalah All I Want For Christmas Is You yang dinyanyikan Mariah Carey. 

Jelang perayaan Natal, lagu yang direkam tahun 1994 ini ini banyak diputar di tempat-tempat umum, mulai dari mall, restoran, hingga hotel. Saking seringnya diputar tiap musim libur Natal, banyak yang penasaran berapa banyak royalti yang diterima Mariah Carey dari diputarnya lagu All I Want For Christmas Is You ini. 

Apakah lagu Natal itu membuat penyanyi 52 tahun tersebut makin kaya tiap tahunnya? Lantas, berapakah royalti yang diterima diva asal Amerika Serikat ini melalui lagu All I Want For Christmas Is You

Sebuah studi yang dilaporkan The Economist mengatakan Mariah Carey menghasilkan sekitar USD 2,5 juta atau Rp39.331.250.000 (dibaca Rp39,3 miliar) per tahun berkat All I Want For Christmas Is You.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa pada tahun 2016 Mariah Carey telah memperoleh USD 60 juta atau Rp943.950.000.000 (dibaca Rp943,9 miliar) dari lagu yang dirilis pada tahun 1994 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Raup Lebih dari Rp 1 Triliun dari All I Want For Christmas Is You

Kembali ke Natal tahun 2021, Mariah Carey diperkirakan telah meraup USD 12,5 juta atau Rp196.687.500.000 (dibaca Rp 196,6 miliar) lagi, sehingga penghasilannya dari lagu tersebut menjadi lebih dari USD 72 juta atau Rp 1.132.920.000.000 (dibaca Rp 1,132 triliun). 

Jika lagu itu sama suksesnya pada musim liburan dan Natal tahu ini, Mariah Carey bisa mendapatkan USD 75 juta atau Rp1.180.125.000.000 (dibaca Rp1,1180 triliun) hanya dari satu lagu Natal itu. 

Sementara itu, dilaporkan Forbes, Mariah Carey sudah naik ke puncak Billboard Hot 100 untuk tahun ketiga secara berturut-turut. Hal tersebut terjadi setelah hampir 30 tahun sejak lagu All I Want for Christmas Is You karya Mariah Carey memulai debutnya.

Pencapaian Mariah Carey sangat mengesankan dan bersejarah, hingga tak tertandingi oleh lagu apa pun dalam sejarah tangga lagu.

Dilansir Lad Bible, memasuki bulan November, fokus masyarakat di Inggris bergeser ke perayaan Natal. Artinya kembalinya Mariah Carey dengan lagu All I Want For Christmas Is You yang menjadi lagu favorit di Inggris.

3 dari 4 halaman

Seperti apa Mereka Memaknai Lagu All I Want For Christmas Is You?

Sebagian orang memaknai lagu All I Want For Christmas Is You sebagai lagu yang mengharap kehadiran kekasih di hari Natal, di antaranya:

"Lagunya mengangkat tema yang digandrungi banyak orang, yaitu romansa. Liriknya menggambarkan seseorang yang mengharapkan kehadiran kekasihnya di hari Natal," ucap Oscar kepada Liputan6.com saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (10/11/2022).

Lain lagi dengan Ayu yang menyebut makna All I Want For Christmas Is You tidak sedalam lagu Natal lainnya. 

"Kalo buat lagu ini sendiri kayanya lebih merujuk buat orang yang kita sayang karna maknanya sederhana, nggak sedalem lagu-lagu lain yang emang bener-bener lagu rohani Natal yang khususkan buat Yesus," tutur Ayu.

Frater Ian menyebut, All I Want For Christmas Is You memang lebih dikhususkan untuk mengharapkan kehadiran seorang kekasih, alih-alih ungkapan cinta kasih untuk Yesus. 

"Bener sih kalau dibilang itu All I Want For Christmas Is You buat kekasih karena di liriknya juga menyebut kata baby. Secara pribadi, suasana buat lagu itu memang mengharapkan hadirnya seorang kekasih di hari Natal," kata Frater Ian.

Berbeda dengan Wiwien yang memaknai lagu tersebut sebagai penantian kelahiran Yesus.

"Seperti judulnya, saya pribadi sesuai judulnya All I Want For Christmas Is You, You ini adalah Tuhan Yesus. Menantikan dan merayakan kembali kelahiran Tuhan Yesus, Sang Juru Selamat," ujar Wiwien kepada saat dihubungi melalui pesan singkat.

 

4 dari 4 halaman

Lagu All I Want For Christmas Is You Tembus 1 Miliar Streaming Sejagat

Terlepas dari royalti yang diterima, Mariah Carey tampak syok saat dirinya mengetahui bahwa lagu All I Want For Christmas Is You tembus 1 miliar streaming sejagat raya.

Lewat lagu All I Want For Christmas Is You, Mariah Carey membukukan tiga rekor gemilang Pada Desember 2021. Pertama, hit dari album Merry Christmas itu menduduki peringkat pertama tangga lagu Hari Raya tahun ini. 

All I Want for Christmas Is You menembus 1 miliar streaming di platform musik Spotify. Ini disampaikan Mariah Carey yang juga merupakan pelantun My All dan Vision of Love lewat akun Twitter terverifikasinya, Senin (6/12/2021) lalu.

I'm freaking out!!!! 1 billion!!! These numbers are incredible (Gue syok, satu miliar! Angka ini benaran luar biasa),” seru Mariah Carey seraya mengunggah poster berisi tiga pencapaian All I Want For Christmas is You.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.