Sukses

Tak Hanya Wortel, 6 Makanan Ini Juga Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Deretan makanan ini bisa membuat mata kamu menjadi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Mempertahankan kesehatan mata sangatlah penting, terlebih di zaman sekarang. Pasalnya layar ponsel hingga layar laptop bisa membuat mata kita terkena paparan radiasi yang dihasilkan oleh sinar di layar perangkat yang kita gunakan.

Namun jangan khawatir, pasalnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Melansir laman Specialty Eye Institute, Rabu (2/11/2022) ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata kita, berikut ulasannya:

1. Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Makanlah makanan yang mengandung asam lemak, omega 3, dan vitamin C serta E. Nutrisi ini dapat membantu menurunkan risiko terkena degenerasi makula atau katarak (penyakit pada mata yang menyebabkan lensa mata keruh dan seperti berawan).

Pola makan yang sehat mengurangi risiko terkena diabetes yaitu penyakit yang mengakibatkan terlalu banyak kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes juga merupakan salah satu penyebab utama kebutaan. 

2. Gunakan Kacamata Pelindung 

Cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan membeli kacamata hitam yang benar-benar bisa melindungi mata kamu dari sinar Ultraviolet (UV). Sinar UV ini adalah sinar radiasi ultraungu yang mengandung elektromagnetis yang jika terpapar secara langsung dan dalam waktu lama bisa mengakibatkan kerusakan pada retina mata. 

3. Jangan Gunakan Makeup Lama 

Bakteri lebih cepat tumbuh dalam makeup yang berbentuk cair. Gantilah produk kosmetik atau makeup kamu setiap 3 bulan sekali, untuk menghindari infeksi pada mata. Jangan gunakan kosmetik atau makeup bercampur dengan orang lain dan jangan lupa untuk selalu bersihkan wajah setelah menggunakan makeup. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Mata

4. Istirahatkan Mata 

Saat menatap layar komputer, laptop, tablet, atau ponsel terlalu lama, mata kamu akan mengalami kelelahan dan mata akan terasa kering. Selain itu, saat terlalu lama melakukan aktivitas itu, kamu akan mengalami nyeri leher, nyeri bahu dan sakit kepala. 

5. Periksa Mata Secara Berkala 

Tahukah kamu setiap orang harus memeriksakan kesehatan mata mereka secara teratur. Terlebih lagi, jika kamu sering mengalami tekanan darah tinggi. Pasalnya, seseorang yang selalu mengalami tekanan darah tinggi, memiliki risiko lebih tinggi mengalami kelainan atau penyakit pada mata. 

Mengingat pentingnya menjaga asupan makan yang sehat untuk menjaga kesehatan mata, berikut adalah 6 makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. 

 

3 dari 4 halaman

Makanan yang Tepat untuk Menjaga Kesehatan Mata

Sementara itu ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata, apa saja?

1. Ikan

Ikan, khususnya ikan salmon merupakan makanan yang direkomendasikan untuk sering dikonsumsi, demi menjaga kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya, memiliki asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat berkontribusi untuk tumbuh kembang organ tubuh dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Kandungan nutrisi dalam ikan dapat membantu mencegah mata kering. 

2. Telur 

Telur adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin dan seng yang semuanya itu merupakan nutrisi baik untuk mata. 

Vitamin A, melindungi area kornea mata. Kornea adalah permukaan mata. Lutein dan zeaxanthin mampu menurunkan risiko katarak. Seng dapat berfungsi untuk menyehatkan retina. Cara mengolah telur sangatlah mudah, kamu hanya perlu merebusnya hingga matang. 

3. Kacang Almond 

Sebenarnya semua kacang-kacangan dan biji-bijian baik dikonsumsi terlebih untuk kesehatan mata. Namun, kacang almond diketahui mengandung vitamin E. Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, bisa mencegah kamu terkena katarak. 

4 dari 4 halaman

Susu hingga Jeruk

4. Susu 

Produk susu dan yogurt sangat baik untuk kesehatan mata. Susu dan yogurt mengandung vitamin A serta mineral seng, Vitamin A,  berfungsi melindungi kornea dan seng membantu membawa vitamin A dari hati menuju mata. 

5. Wortel dan Kale 

Wortel mengandung Vitamin A dan beta karotin, nutrisi yang terkandung dalam wortel membantu permukaan mata dan juga dapat membantu mencegah infeksi pada mata. Kale mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, nutrisi ini dapat membantu mencegah kondisi penyakit mata yang serius seperti katarak di usia muda. 

6. Jeruk 

Jeruk mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menyehatkan pembuluh darah di mata. Sehingga rutin mengonsumsi jeruk bisa mencegah kamu mengalami risiko penyakit atau kerusakan mata di usia muda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.