Sukses

10 Game di Hp Jadul Bikin Nostalgia, Mainin Lagi Yuk!

Sebelum mobile game ramai seperti saat ini, game di HP biasanya hanya diposisikan sebagai hiburan semata.

Liputan6.com, Jakarta - Jauh sebelum smartphone menguasai pasar telelpon genggam, dunia komunikasi khususnya telepon selular (ponsel), sangat identik dengan salah satu brand bernama Nokia.

Sebelum mobile game ramai seperti saat ini, game di handphone (HP) biasanya hanya diposisikan sebagai hiburan semata.

Bahkan saat ini, game mobile dipertandingkan dalam sebuah turnamen besar dan menjadi mata pencaharian untuk beberapa orang.

Jauh sebelum tren ini, game HP yang paling populer di era 1990-an sampai 2000-an dipegang oleh produsen HP asal Finlandia, Nokia tersebut.

Kali ini kita mau mengajak kamu nostalgia dengan beberapa game yang ada pada HP zaman dulu (jadul).

Dilansir thesmartlocal.com, berikut sederet game jadul yang buat nostalgia dan bikin kamu kangen:

1. Snakes

Snakes dikenal juga dengan nama lain seperti Snakes Xenzia, merupakan sebuah permainan di mana player harus mengendalikan ular untuk bergerak dan memakan umpan yang ada.

Sehingga ukuran dan panjang dari sang ular bisa bertambah dan bisa mendapatkan skor yang tinggi untuk mendapatkan catatan nama di papan High Scores.

Beberapa versi juga memiliki mode permainan berbeda seperti memakan umpan dan mengumpulkan skor tertentu untuk berpindah ke level yang lebih tinggi. Ada juga yang menambahkan rintangan semacam pipa dan apabila menabraknya akan membuat ular menjadi mati.

 

2. Bounce

Yang kedua ada game legend HP Jadul yang paling banyak disukai oleh anak 1090-an dan 2000-an yaitu Bounce.

Sebuah permainan di mana di dalamnya, sang pemain harus menggerakan sebuah balon/bola untuk berjalan dan melompati rintangan yang ada.

Seperti ranjau berduri, robot dengan duri tajam, tembok, dan tangga yang menghalangi jalan, serta berbagai ringtangan lainnya.

Bounce sendiri menjadi sebuah game HP jadul terfavorit dan paling banyak penggemarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudoku dan Tetris

3. Sudoku

Sudoku sendiri merupakan sebauh permainan kegend di HP Jadul yang mengharuskan player berfikir keras.

Karena dalam game ini,satu-satunya cara menyelesaikannya adalah dengan mengisi kotak yang kosong dengan angka yang tepat. Saat bermain sudoku kamu harus bisa menebak dengan celat angka-angka yang tepat untuk mengisi kotaknya.

 

4. Tetris

Nah kalau yang satu bukan hanya game legend HP Jadul, tapi juga game yang legendaris hampir di setiap platform di zamannya.

Tetris sendiri merupakan game yang sudah cukup tua,dalam tetris pemain diharuskan untuk menyusun balok dengan bentuk yang berbeda.

Agar bisa tersusun simetris, sehingga blok yang sejalur dengan posisi mendatar lalu hancur dan pemain mendapat poin.

Semakin banyak blok yang hancur maka semakin banyak poin terkumpul dan itu berarti permainan tidak akan menuju Game Over.

Game Over sendiri akan terjadi bila blok tidak hancur dan hanya tertumpuk,berkumpul hingga menyentuh langit-langit.

3 dari 4 halaman

Cricket hingga Chest

6. Cricket

Kalau yang satu ini biasanya hanya terdapat di beberapa tipe HP Nokia jadul. Namun tetap saja ini merupakan game legend HP Jadul yang cukup populer.

Player hanya perlu memainkan game sebagai seorang pemukul dalam sebuah permainan kriket. Semakin banyak skor yang dicetak maka semakin cepat permainan selesai dan berpindah ke babak selanjutnya.

 

7. Space Impact

Space Impact menjadi salah satu game Nokia jadul yang paling populer dan banyak dimainkan. Dalam game ini, pemain bertujuan memberantas alien dengan menggunakan pesawat luar angkasa. Dijamin seru meski dimainkan di layar tanpa warna.

 

8. Chest

Kalau yang satu ini biasanya memiliki nama yang berbeda-beda di setiap tipe HP Jadul. Namun permainan utamanya masih sama, yaitu layaknya bermain catur di dunia nyata.

Pemain harus memainkan game seperti saat bermain catur, peraturan yang berlaku juga sama. Walau catur di Hp kurang diminati,namun tetap saja inu merupakan game HP jadul yang cukup legend.

4 dari 4 halaman

Pocket Carrom dan Bantumi

9. Pocket Carrom

Nah selanjutnya ada salah satu game klasik dari ponsel Nokia yang tak kalah seru adalah Pocket Carrom atau dalam bahasa Indonesia-nya sering disebut karambol.

Peraturannya juga tak kalah berbeda dengan karambol yang nyata, pemain harus memasukan angka- angka kecil dahulu. Sebelum akhirnya memasukan bidak utamanya.

 

10. Bantumi

Yang terakhir adalah Bantumi, game Jadul ini memang tidak sepopuler game Nokia yang lain. Namun bukan berarti tidak menjadikannya sebagai salah satu Permainan Legendaris sebelum adanya smartphone.

Bantumi sendiri mengambil konsep dari permainan tradisional khas Indonesia yaitu congklak. Permainan ini juga biasanya ada di tipe HP merek lain.

Itulah beberapa game jadul yang bikin nostalgia, kalo kamu yang mana?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.