Sukses

Waktu Terbaik Minum Air Putih, Sesudah atau Sebelum Makan?

Liputan6.com, Jakarta - Minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, tubuh juga memerlukan cairan yang cukup untuk menjalani aktivitasnya. Bukan hanya air putih saja, tubuh juga memerlukan asupan gizi yang didapatkan melalui makanan yang dikonsumsi.

Umumnya, manusia akan menyempatkan minum air sebelum dan sesudah makan. Bahkan, kadang kala kita merasakan haus saat menyantap makanan. Lantas, adakah waktu terbaik untuk minum air putih, sesudah atau sebelum makan?

Dilansir melalui Times of india, budaya Barat kerap kali mengaitkan minum air sebelum makan dapat meningkatkan kesehatan lambung. Namun, air yang dikonsumsi akan memberikan rasa kenyang yang menyebabkan porsi makanmu menjadi sedikit. Sebaiknya, minumlah air 20-30 menit sebelum makan.

Adapun rekomendasi minum air saat makan berlangsung. Bukan berarti, kamu harus meminumnya secara terus menurus. Sempatkan, minum beberapa teguk kecil air putih di antara gigitan. Hal ini mampu membuat makanan akan terasa lebih empuk dan membantu membagi ke dalam partikel yang lebih kecil.

Dengan begitu, kamu akan mengurangi beban sistem pencernaanmu. Hindarilah minum air langsung setelah makan. Pasalnya air yang dikonsumsi langsung setelah makan dapat menggangu proses pencernaan.

Setelah selesai makan, tunggulah setidaknya 30 menit baru kamu boleh meminum air tersebut. Akan tetapi, lain hal jika kamu mengonsumsi sajian pedas dan terlalu berminyak yang membuat tenggorokan terasa tersendat. Dalam kasus ini, ambil air hangat dan teguklah 2-3 kali guna mengatasi rasa pedas dan minyak yang berlebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Biasakan Minum Air Putih

Dilansir dari healthxchange, manusia perlu mendapatkan cairan cukup untuk tubuhnya. Salah satu cairan yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya adalah air. Adakah waktu terbaik dalam sehari untuk minum air putih agar dapat menjaga diri dan efektivitas tubuh?

1. Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Usahakan untuk meminum satu gelas air setelah bangun tidur untuk membantu mempersiapkan organ tubuh. Air akan membantu menghilangkan racun dalam tubuh sebelum kamu sarapan di pagi hari.

2. Sebelum Makan

Biasakan minum satu gelas air putih 30 menit sebelum makan guna membantu pencernaan. Selain itu, kamu pun disarankan untuk tidak minum tergesa-gesa sebelum makan, karena udara akan mencairkan pencernaan. Setelah makan, kamu bisa minum air satu jam sesudahnya untuk mendukung tubuh dalam penyerapan nutrisi.

3. Sebelum Mandi

Minum satu gelas air sebelum mandi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sebelum Tidur

Sebelum tidur kamu perlu meminum satu gelas air putih untuk mengisi cairan yang mungkin akan hilang di malam hari.

3 dari 4 halaman

Minum Air Putih Setiap Hari

Tubuh membutuhkan cairan, karena cairan yang terdapat dalam tubuh akan berkurang sepanjang hari. Berkurangnya cairan tersebut sebagian besar akan keluar melalui urine dan keringat tubuh.

Maka dari itu, manusia perlu mendapatkan cairan dari minuman dan makanan yang dikonsumsi, guna menghindari dehidrasi. Dilansir melalui healthline, pakar kesehatan merekomendasikan delapan gelas berukuran 8 ons yang setara dengan 2 liter perhari.

Untuk memudahkan kalian aturan ini biasa disebut dengan istilah 8x8. Namun, beberapa ahli juga mengatakan, kalian perlu minum air terus sepanjang hari, meski tak haus sekalipun.

Cairan yang dibutuhkan akan berbeda-beda tergantung individu itu sendiri. The US National Academies of Sciences, Engineering and Medicine merekomendasi orang dewasa mengkonsumsi air sebanyak 2,7 liter untuk perempuan dan 3,7 liter untuk laki-laki.

Cairan tersebut sudah termasuk air putih dan minuman lainnya, seperti teh dan jus. Tak hanya itu, cairan juga berasal dari makanan yang kita konsumsi. Rata-rata makanan akan mengandung 20 persen air.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Putih

Mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Minum air putih dapat menghindari diri dari dehidrasi, menjaga pikiran agar tetap fokus, menghindari suasana hati yang mudah berubah-ubah, dan menjauhkan dari penyakit batu ginjal.

Dilansir dari laman resmi CDC, air tidak memiliki kalori, sehingga dapat membantu untuk mengontrol berat badan dan mengurangi asupan kalori. Adapun manfaat minum air putih yang bagus untuk kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Menjaga agar suhu tubuh tetap normal.
  2. Membantu melumasi bantalan sendi.
  3. Melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya.
  4. Membantu untuk membuang kotoran melalui urine, keringat dan buang air besar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS