Sukses

5 Jenis Menu Sarapan Berbagai Negara yang Bisa Kamu Cobain Ada di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan adalah sebutan bagi makan pagi di Indonesia. Melansir KBBI Kemendikbud, sarapan merupakan makanan pada pagi hari.

Tahukah kamu jika sarapan sangat penting bagi tubuh? Hal itu dikarenakan sarapan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Dengan sarapan, metabolisme tubuh akan terpacu untuk memulai hari.

Tubuh membutuhkan asupan gula, protein, dan karbohidrat.  Seperti bensin di motor, tubuh tak akan bergerak apabila tidak ada bahan bakar.

Pasti kalian bosan memakan nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, nasi pecel, dan sebagainya. Ternyata di berbagai negara, sarapan juga memiliki varian berbeda menu.

Nah, daftar menu sarapan di belahan dunia ini kamu bisa cobain dan jadi preferensi sarapan kamu di pagi hari agar tidak itu-itu saja. Gaperlu keluar negeri, makanan ini sering ada di restoran bahkan di warung pinggir jalan ada.

Simak berikut 5 makanan pagi dari berbagai negara yang kamu harus coba, dikutip dari Traveller.com:

1. Nasi Lemak (Malaysia)

Bosan dengan citarasa nasi uduk? Ya kamu harus cobain nih nasi lemak dari tetangga kita Malaysia, rasanya hampir sama namun penyajiannya saja dan lauknya berbeda.

Nasi ini dimasak dengan santan dan pandan, lalu disajikan dengan ikan teri kering, kacang tanah, telur rebus, mentimun, mungkin beberapa rendang daging sapi, ayam goreng, dan sambal terasi yang pedas, dan sangat membuat ketagihan.

Kadar protein dan karbohidrat yang tinggi di nasi ini dapat mencukupi gizi kamu, dan menjadikan kamu bertenaga seharian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sarapan Ala Bule

2. Sarapan Orang Inggris (Inggris)

Iya tidak salah dengar penamaan makanan full english breakfast ini sebutan makanan dari orang Inggris yang terbuat dari  Sepiring bacon, sosis, telur, tomat, jamur, kacang panggang, roti , dan puding hitam, akan membuat kamu kuat menjalani hari.

Sarapan orang Inggris ini tidak terlalu mewah saat ini, bahkan di temukan di kaki lima, daerah Madiun, sang penjual menamakan gerobaknya 'sarapan ala bule'.

 

3. Croissant (Prancis)

Croissant adalah kue mentega sederhana atau pastry sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit. Croissant sangat menyebar di seluruh dunia, di setiap toko kue pasti kamu akan menemukan salah satu jenis keu ini.

Bahkan croissant pun sudah berevolusi saat ini, menjadi croffle perpaduan antara croissant dan waffle, makanan ini jadi trendy dan sering dikasih toping yang unik-unik untuk menambahkan citarasanya.

3 dari 4 halaman

Pho dan Bubur China

4. Pho (Vietnam)

Semangkuk sup mie bihun Vietnam yang hangat, bergizi dan lezat. Rasanya lembut dan tidak terlalu kuat cocok bagi kamu yang menginginkan sarapan yang tidak terlalu berat.

Pho dibuat dari bahan dasar bihun khas Vietnam yang disajikan bersama dengan kuah kaldu daging, irisan daging sapi tipis, bawang bombay, daun bawang, perasan jeruk nipis, dan cabai rawit yang sudah diiris.

Mienya mengenyangkan, dagingnya enak dan campuran bumbu halusnya pas. Baik untuk orang sakit, ataupun cuaca hujan.

 

5. Congee atau Bubur China

Ya, ada banyak gaya bubur yang berbeda yang disajikan di setiap negara seperti di China dan India, dan termasuk Asia Tenggara.

Bubur ini tetaplah bubur, tidak jauh beda dengan bubur yang ada di Indonesia, namun pembedanya adalah isian yang ditaruh dalam semangkuk bubur ini.

Bubur yang satu ini punya isian yang beda yakni memakai isian rebung, tahu, dan juga telur pitan (century egg).

4 dari 4 halaman

Manfaat Sarapan Pagi

Sarapan sering kali dianggap remeh oleh masyarakat umum, namun apakah kamu tahu sarapan sangatlah penting bagi tubuh kita.

Dilansir dari Web MD, sarapan pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. Waktu terbaik untuk sarapan adalah dalam dua jam setelah bangun tidur. Semakin cepat Anda sarapan setelah bangun, semakin baik untuk metabolisme Anda.

Sarapan membantu dalam mengurangi nafsu makan. Selain itu, mengonsumsi sarapan akan sangat mengurangi rasa lapar dan ngidam sepanjang hari, juga membantu dalam mencegah beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, hingga serangan strok.

Meski demikian, ada kalanya beberapa individu merasa enggan dan abai untuk menyantap sarapan karena berbagai alasan. Padahal, sarapan pagi dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan membakar kalori sepanjang hari.

Sarapan berfungsi untuk mengisi kembali pasokan glukosa sehingga meningkatkan kebutuhan energi dan kewaspadaan Anda, juga menyediakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk kesehatan yang baik.

Karena itu, penting untuk mengubah kebiasaan Anda dengan mulai rutin sarapan sebelum memulai aktivitas. Berikut ini penjelasan mengenai 6 manfaat sarapan yang penting untuk tubuh, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Sumber Vitamin, Mineral dan Nutrisi Penting

2. Menambah Energi

3. Meningkatkan Kekuatan Otak

4. Mengontrol Gula Darah

5. Mengontrol Berat Badan

6. Mengurangi Risiko Penyakit

Jika Anda hendak sarapan, pilihlah menu sehat dan bergizi yang dapat memberikan energi serta mengenyangkan. Penting untuk sarapan dengan makanan tinggi serat, protein, lemak sehat, dan zat gizi mikro.

Anda mungkin bisa memilih menu sarapan antara lain, telur, yoghurt, oatmeal, chia seed, berry, keju cottage, roti gandum utuh, kacang-kacangan, atau buah.

Jika Anda terpaksa melewatkan sarapan, cobalah camilan bergizi seperti buah segar, yoghurt, sayuran, atau sandwich gandum untuk membantu mengatasi rasa lapar di pagi hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS