Sukses

Tak Hanya Indonesia, Ini 10 Jenis Donat Unik dari Berbagai Negara

Jika donat membuat tergila-gila dan kamu tidak bisa menghabiskan satu hari pun tanpa memakannya, kamu pasti jatuh cinta dengan makanan yang identik dengan rasa manis itu.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki makanan favoritnya masing-masing. Dan mungkin salah satu pilihannya adalah donat.

Jika donat membuat tergila-gila dan kamu tidak bisa menghabiskan satu hari pun tanpa memakannya, kamu pasti jatuh cinta dengan makanan yang identik dengan rasa manis itu.

Biasanya, donat yang sering kamu temukan mempunyai bentuk sama, yaitu bulat dengan bagian tengah yang berlubang layaknya roda mobil atau motor. Selain itu, donat yang banyak beredar disajikan dengan berbagai macam topping manis di atasnya.

Sama seperti donat di Indonesia, donat-donat dari berbagai negara ini juga memiliki rasa yang tidak kalah enak. Beberapa diantaranya ada yang sudah masuk ke Indonesia dan menjadi kuliner yang disukai banyak orang.

Dilansir allrecipes.com, sampai saat ini memang donat masih menjadi salah satu camilan paling populer di dunia. Perpaduan rasa donat yang gurih dan manisnya topping, membuat hidangan ini disukai oleh banyak orang.

Tak kaget jika ada banyak toko kue atau kafe yang memiliki hidangan donat khasnya masing-masing.

Camilan manis yang mempunyai banyak penggemar ini ternyata tidak hanya berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya saja lho.

Meski tidak jauh berbeda, tiap negara ternyata mempunyai bentuk sajian donatnya masing-masing. Berikut beberapa jenis donat dari seluruh dunia:

 

1. Churros - Mexico, Spanyol, dan Amerika Latin

Churros termasuk bagian dari donat. Penyebaran churros dimulai dari semenanjung Iberia, lalu dibawa ke Amerika Serikat melalui jalur perdagangan dari Spanyol.

Sekarang churros sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Spanyol, churros sering disantap sebagai menu sarapan.

Sedangkan di Mexico, kita bisa menyantap churros sepanjang hari. Bentuk jenis donat yang satu ini seperti silinder memanjang, di mana bagian luarnya terasa crunchy, dan bagian dalamnya begitu lembut. Churros paling enak dimakan dengan cara dicelupkan dulu ke dalam saus cokelat meleleh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bombolone hingga Beignet

2. Bombolone - Italia

Kue yang satu ini mirip donat dengan isi. Memang sekilas tidak ada bedanya dengan donat isi, karena tekstur dan rasanya hampir sama. Nama donat ini adalah bombolone.

Isi bombolone adalah krim kental manis. Bagian atas kue selalu diberi taburan gula bubuk dan penyuka manis pasti akan menyukai bombolone.

 

3. Beaverail - Kanada

Kanada dikenal sebagai negara dengan konsumen donat terbesar di dunia. Masyarakat Kanada sangat menyukai donat dan jumlah konsumsi terhadap donat lebih banyak dari negara mana pun.

Tak hanya donat original, masyarakat Kanada juga menyukai donat khas mereka yang disebut dengan beavertail. Donat ini memiliki bentuk yang khas karena lebih pipih dan bagian atasnya bisa diberikan topping sesuai selera.

Adonan beavertails terbuat dari gandum dan punya tekstur bagian luar yang renyah dan bagian dalam yang lembut. Umumnya topping favorit warga Kanada adalah nutella hingga sereal buah.

 

4. Beignet - Perancis

Mirip dengan gorengan, tapi Prancis. Donat ragi goreng ini berasal dari Perancis. Donat ini terbuat dari kue choux, yang merupakan adonan yang mengembang saat digoreng. 

Mereka sangat populer di AS di New Orleans, di mana mereka biasanya disajikan dengan taburan gula bubuk.

Terkadang mereka diisi dengan isian buah atau coklat. Bagaimana pun cara penyajiannya, tidak ada yang mengalahkan makanan lezat Prancis yang empuk ini.

3 dari 4 halaman

Koeksister hingga Zeppole

 5. Koeksister - Afrika Selatan

Afrika Selatan juga memiliki donat khas yang rasanya tak kalah lezatnya. Koesister memiliki perbedaan dengan jenis donat pada umumnya karena bentuknya tidaklah bulat dan terdapat lubang di tengahnya.

Tampilan dari Koeksister cukup unik karena bentuknya oval dan memiliki corak seperti kepangan. Tak hanya bentuknya saja yang unik, rasa dari donat ini juga khas karena direndam dalam sirup.

Umumnya sirup yang digunakan untuk merendam hidangan Koeksister terbuat dari bahan kayu manis, jahe, jeruk keprok, adas manis, hingga lemon. Dan ada juga yang memberikan topping berupa kelapa.

 

6. Sel Roti- Nepal

Jenis donat dari Nepal ini tidak dibuat dari tepung terigu, melainkan dari tepung beras. Dikenal dengan nama Sel Roti, bentuk donat ini menyerupai cincin raksasa.

Teksturnya renyah, dan biasanya dibumbui pula dengan rempah cengkeh dan kapulaga. Orang Nepal menyantap hidangan ini saat festival keagamaan atau menjadi cemilan sehari-hari.

 

7. Zeppole - Italia

Di Italia, ada berbagai jenis pastry menyerupai donat yang bisa kita temukan, seperti struffoli, bombolone, dan zeppole. Nah, kali ini kita akan membahas zeppole yang juga sering disebut dengan istilah frittele.

Bentuknya cukup unik, mungil, dan bagian atasnya terdapat topping whipped cream dengan sentuhan kismis. Sedangkan di bagian dalamnya, jenis donat ini biasanya diberi filling custard, selai, cokelat, gula, atau bahkan ricotta cheese.

4 dari 4 halaman

Youtiao hingga Twists

8. Youtiao - Cina

Cina juga memiliki salah satu jenis donat yang unik di dunia. Disebut sebagai youtiao, camilan ini sangat populer di negara Tirai Bambu ini. Umumnya warga di sana menyantap makanan ini saat sarapan dengan bubur nasi atau susu.

Bentuknya tak mirip dengan donat pada umumnya yang bulat dengan lubang di tengah. Youtiao memiliki bentuk memanjang dan rasanya pun manis dan sedikit asin.

Menariknya, youtiao juga bisa dinikmati dengan cara dicelupkan ke dalam saus yang sudah dibuat. Jika kalian penasaran, hidangan ini juga cukup dikenal di Indonesia dan disebut dengan cakwe.

 

9. Cruller - Jerman

Donat ini memiliki bentuk yang unik dan bengkok yang bisa berbentuk persegi panjang atau lingkaran. Di New England, donat tercinta ini cenderung berbentuk persegi panjang. Tapi French Cruller umumnya berbentuk cincin. Bahan bakunya adalah persilangan antara ragi dan donat kue, dan biasanya dilengkapi dengan madu atau glasir vanila.

 

10. Twists - Swedia

Cinnamon Twists adalah versi populer dari donat kayu manis. Donat ragi ini berbentuk  panjang dan bengkok.  Dengan lapisan gula kayu manis yang lezat. Donat ini mungkin juga memiliki glasir klasik, glasir cokelat, glasir maple, atau lapisan gula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.