Sukses

BTS Umumkan Wamil, ARMY Pertanyakan Nasib Photocard dan Merchandise Idola

Boy grup asal Korea Selatan BTS telah umumkan jadwal wajib militer, lalu bagaimana nasib harga photocard dan merchandise mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Anggota grup vokal asal Korea Selatan BTS berencana untuk melakukan wajib militer atau wamil mereka mulai tahun ini dan baru akan kembali bersama pada tahun 2025 mendatang.

Anggota tertua BTS, Kim Seok-jin yang dikenal sebagai Jin BTS, akan memulai proses pendaftaran wamil segera setelah akhir Oktober.

Dilansir laman Allkpop, Senin (17/10/2022), Big Hit Entertainment mengatakan dalam pernyataan melalui Weverse bahwa anggota lain akan mengikuti berdasarkan rencana individu mereka dan bahwa waktunya tidak pasti.

Para penggemar merasa kaget karena pengumuman yang mendadak pasalnya mereka baru saja melakukan konser bertajuk Yet to Come di Busan, Korea Selatan.

Tentu banyak respon yang diberikan ARMY, sebutan untuk fandom BTS. ARMY mendoakan idolanya itu dan berjanji akan menunggu mereka untuk kembali hingga tahun 2025.

Di antara semua reaksi yang terjadi, terdapat ARMY yang mempertanyakan nasib harga photocard dan merchandise mereka ke depan.

Setelah banyaknya harga photocard yang turun semenjak suatu grup tidak aktif menjadi mimpi buruk bagi sebagian ARMY apalagi mereka yang merupakan seorang kolektor.

Banyak ARMY yang merasa takut nantinya harga photocard ataupun merchandise BTS akan turun secara drastis, mengingat mungkin banyak penggemar yang mulai menjual koleksi-koleksi mereka.

Penurunan harga photocard dan merchandise juga disebabkan karena BTS memulai chapter kedua mereka dengan mengeluarkan album solo untuk masing-masing anggota. Dengan begitu, tidak ada lagi istilah mendapatkan photocard bias karena member favorit mereka punya album sendiri-sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turunnya Harga Photocard dan Merchandise

Penurunan harga photocard dan merchandise BTS sebenarnya sudah dirasakan oleh ARMY sejak pertengahan tahun 2022.

Setelah BTS mengumumkan bahwa mereka akan memulai chapter baru dengan aktvitas dan solo karir masing-masing member pada tanggal ulang tahun ke-9 mereka pada 13 Juni 2022, ketujuh anggota BTS akan mulai membangun karier solo di samping kegiatan mereka sebagai sebuah grup.

Berkaca dari hal tersebut, para penggemar mulai merasakan adanya perubahan harga photocard dan merchandise masing-masing member.

Keluh kesal para kolektor pun mulai terlihat karena beberapa photocard dan merchandise mengalami penunuran harga yang signifikan.

Seperti harga photocard DVD BTS Muster Sowoozoo bluray yang dulunya dijual mulai dari harga Rp 500.000 dan dapat mencapai harga lebih dari Rp 1.000.000, sekarang banyak penjual yang menjual harga photocard DVD itu seharga kurang dari lima ratus rupiah.

Banyak penjual dan kolektor yang merasa sedih karena selain harga yang anjlok, mereka juga merasakan sulitnya menjual photocard dan merchandise yang mereka punya.

3 dari 4 halaman

Album Solo Setiap Member

Para anggota grup juga memberikan informasi terbaru kepada para penggemar tentang apa yang dapat mereka harapkan untuk karier mereka di chapter kedua grup ini.

Berita menarik ini dengan cepat diikuti oleh perilisan album solo pertama J-Hope yang berjudul Jack In The Box, yang memiliki total 10 lagu dan termasuk lagu MORE yang memecahkan rekor, di mana idola ini menunjukkan sisi yang benar-benar baru untuk dirinya sendiri.

Selain itu Jin BTS juga telah mengumumkan perilisan single album miliknya yang akan rilis Oktober 2022 nanti.

Akibatnya banyak penggemar yang tidak sabar menantikan akan seperti apa gaya yang akan ditampilkan setiap member pada setiap album mereka, pastinya akan ada keunikan dan ciri khas pada setiap member.

Hal ini juga yang membuat turunnya harga photocard dan merchandise BTS karena ARMY sedang menunggu album-album setiap member dan akan banyak ARMY yang akan mengoleksi tujuh album member.

4 dari 4 halaman

Banyaknya Idola Kpop yang Melakukan Konser

Tahun 2022 dapat dibilang sebagai tahun emas untuk Kpop di Indonesia. Pasalnya, setelah menunggu dua tahun karena pandemi COVID-19 akhirnya pada idola Kpop dapat menggelar konser secara langsung.

Para penggemar Kpop sangat antusias untuk bertemu dengan idola mereka.Terhitung tahun ini, sudah banyak sekali idola Kpop yang menggelar konser maupun fan meeting mereka di Jakarta.

Mulai dari Seventeen, TXT, (G)I-DLE dan Super Junior telah menggelar konser mereka secara sukses dan meriah.

Tidak lupa NCT 127, BLACKPINK dan Stray Kids yang akan menyapa penggemar Indonesia lewat world tour yang mereka lakukan.

Meskipun belum ada info apakah member BTS akan menggelar konser di Indonesia, namun hal ini juga dapat mempengaruhi harga photocard dan merchandise BTS untuk mengalami penurunan.

Banyak ARMY yang juga seorang multifandom ingin menonton konser idola mereka secara langsung. Akibatnya, banyak yang menjual harga photocard dan merchandise dengan harga murah dengan harapan agar koleksi mereka cepat laku terjual.

Padahal hal ini nyatanya mempengaruhi para penjual lain untuk menurunkan harga photocard dan merchandise mereka sehingga timbul penurunan harga secara besar-besaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.