Sukses

Ingin Liburan Akhir Tahun ke Jogja? Catat 6 Tempat yang Wajib Dikunjungi Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Menjelang akhir tahun seperti ini tentu banyak dari kamu yang sudah enggak sabar ingin liburan akhir tahun. Ketika libur, menghabiskan waktu dengan keluarga, kerabat, teman dan pasangan akan menjadi hal yang menyenangkan ya.

Salah satu kegiatan yang biasanya dilakukan bersama saat libur adalah jalan-jalan. Tentu banyak dari kamu yang sudah mencari-cari rekomendasi liburan yang menarik untuk didatangi.

Nuansa liburan memang bakal semakin seru jika seluruh keluarga atau bermai-ramai bisa ikut. Namun, sebelum menjalani liburan, ada baiknya kita memilih tempat-tempat mana yang asyik untuk liburan bersama keluarga. Terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan rekomendasi liburan keluarga.

Mungkin kota Yogyakarta bisa jadi pilihan kamu untuk menghabiskan liburan akhir tahun mendatang. Seperti yang kita tahu Jogja memiliki sejumlah warisan budaya dan sejarah yang bernilai tinggi. Ya, Jogja memang dikenal akan budayanya yang masih terjaga sehingga tak heran jika tempat ini memiliki sejumlah situs warisan budaya dan sejarah.

Semua jenis tempat wisata ada di Jogja dan semuanya terasa menyenangkan buat dikunjungi baik bersama teman atau keluarga. Kota Pelajar ini punya segalanya baik itu tempat wisata budaya, kuliner, wisata alam, hingga wisata yang "instagramable" pun ada.

Bagi kamu yang belum pernah mengunjungi Jogja dan berniat untuk pergi sana liburan akhir tahun nanti wajib mengunjungi beberapa tempat yang bisa buat kalian menyesal jika melewatkannya. Melansir dari lama Klook, berikut ini deretan tujuan wisata di Jogja yang wajib kamu datangi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Jalan Malioboro

Jelas saja tempat wisata di Jogja yang satu ini wajib ada di nomor satu adalah Malioboro. Bisa dibilang kamu belum ke Jogja namanya kalau enggak mampir atau paling enggak lewat Jalan Malioboro.

Selain untuk beli oleh-oleh, kamu juga bisa makan-makan di area Malioboro. Apalagi kalau malam, banyak banget warung tenda berdiri di sana. Kalau liburan ke Jogja dengan kereta, kamu bisa langsung berjalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Jalan Malioboro karena lokasinya berseberangan. Apalagi kalau pada tiba di sore hari, duh, cocok banget untuk langsung isi perut di area Malioboro.

Yang menjadi keistimewaan Malioboro juga adalah titik nol. Sebuah persimpangan yang menjadi favorit masyarakat sekitar dan wisatawan. Walaupun hanya sebuah persimpangan, titik nol ini bisa dibilang sebagai titik tengah kota Jogja. Lokasinya berada ditengah-tengah Keraton Jogja dan Jalan Malioboro.

3 dari 7 halaman

2. Kraton Yogyakarta

Jogja adalah sebuah Daerah Istimewa, yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentu saja butuh istana, dan Kraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta pun bisa kamu lihat langsung di sini.

Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Kraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 - 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB.

Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Tetapi kalau ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah. Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin berfoto. Waktu buka Kraton Yogyakarta yaitu setiap hari pukul 08.30-13.00 WIB (kecuali Jumat, 08.30-11.00 WIB). Untuk tiket masuk mulai dari Rp 5.000 untuk wisatawan domestik.

4 dari 7 halaman

3. Alun-Alun Selatan

Alun-Alun Selatan merupakan salah satu Sultan's Ground yang sesuai namanya terletak di selatan Kraton, namun masih di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta. Sedikit berbeda dengan Alun-Alun Utara yang biasanya hanya ramai ketika ada event besar yang digelar, Alun-Alun Selatan selalu ramai hampir setiap harinya.

Di sinilah warga lokal maupun wisatawan bisa refreshing sambil bermain badminton, duduk-duduk santai, ngemil di warung tenda, atau malah keliling Alun-Alun menggunakan kereta hias. Semakin sore, biasanya semakin banyak orang yang datang ke sini, membuat area ini makin semarak.

Oh ya, kalau pertama kali ke sini, jangan lupa mencoba tantangan berjalan melewati dua pohon beringin di tengah lapangan dengan mata tertutup. Konon, yang kita inginkan akan terkabul jika kamu berhasil melakukannya. Waktu bukanya yaitu 24 jam dan yang terpenting gratis! 

5 dari 7 halaman

4. Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta adalah salah satu area ikonik lainnya di Jogja yang enggak boleh dilewatkan wisatawan, apalagi kalau baru pertama kali liburan ke Jogja. Umumnya, Tugu Yogyakarta adalah tempat berfoto yang wajib dikunjungi untuk membuktikan kalau kamu beneran udah pernah ke Jogja.

Berfoto dengan latar belakang Tugu memang agak tricky, tapi kamu bisa berfoto dari pinggir jalan seberangnya dengan timing yang bagus, dan akan bisa mendapatkan foto yang bagus.

Cara lainnya adalah dengan mampir ke restoran dan kafe yang terletak tepat di seberang Tugu. Biasanya restoran ini punya teras lantai 2, dan kamu bisa berfoto dari atas sana. Tentu aja kamu harus beli makanan dan minuman dulu ya di sini, jangan langsung masuk dan berfoto gitu aja.

6 dari 7 halaman

5. Pantai Parangtritis

Meski Pantai Parangtritis memang sangat "turis banget", tapi bagi kamu yang pertama kali ke Jogja, pantai ini tetap wajib kamu kunjungi. Dengan garis pantai yang cukup panjang dan area pasir pantai yang sangat luas, ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di Parangtritis, baik itu berburu foto keren di gundukan pasir, mengendarai ATV atau malah delman, bermain pasir, atau sekadar duduk-duduk menikmati angin laut.

Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset, jadi usahakan datang menjelang sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini.

Pantai parangtritis juga mempunyai pemandangan yang unik dengan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Selain dengan pantai yang landai, hamparan pasir yang luas dan pemandangan laut yang terbuka, Pantai Parangtritis dihiasi pemandangan bukit kapur di sebelah utara.

7 dari 7 halaman

6. Lereng Gunung Merapi

Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk mengunjungi Gunung Merapi yaitu mendakinya ataupun mengikuti tour dengan mobil jeep ke area Kaliadem di lereng Gunung Merapi. Jika mendaki menjadi pilihanmu, kamu tentu harus memiliki persiapan ekstra karena mendaki Gunung Merapi tidaklah mudah. Namun jika tour dengan jeep, kamu bisa melakukannya kapan saja.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS