Sukses

Rizky Billar Tunjuk Hotma Sitompul, Netizen Desak Hotman Paris Jadi Pengacara Lesti Kejora

Hotman Paris sindir Hotma Sitompul yang jadi pengacara Rizky Billar tuai dukungan netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Rizky Billar yang saat ini resmi ditetapkan sebagai tersangka memutuskan mengganti pengacara. Dia menunjuk Hotma Sitompul untuk mendampinginya di kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Hal itu diketahui dari pengakuan Hotma Sitompul sendiri.

Fakta tersebut membuat netizen ramai meminta Lesti Kejora untuk mengganti pengacaranya menjadi Hotman Paris untuk melawan Hotma Sitompul.

Dalam akun Instagram Hotman Paris, dia mengunggah dua video dengan caption menyindir Hotma Sitompul.

"Nasehat yg bagus tapi mau tanya:Siapa yg kawin 3 kali dab cerei 3 kali dan tidak mau berdamai?? Ini cuma tanya om,” tulis Hotman Paris dalam akun Instagramnya, @hotmanparisofficial.

Dengan adanya Hotma Sitompul jadi pengacara Billar, netizen pun ramai-ramai menyerbu akun Instagram pengacara Hotman Paris.

"Ayo Bang ini kesempatan lawan dia dgn jd pengacara Lesti. Alat bukti cukup Visum, Saksi juga CCTV,” komen akun @davidsonkarokaro pada komentar Instagram Hotman Paris.

"Ayo Bang Hotman Jadi Pengacara Lesti Kejora Sebagai Pembela Wanita korban KDRT,” ujar akun @achmadramadhan608

"Bang lawanmu si hotma jd pengacara billar, ayo bang Gangguinn diaa dengan jadi pengacara lesti,” tutur akun @yudhamahardikap.

Hotma Sitompul menggantikan Adek Erfil Manurung yang sebelumnya banyak disorot karena pernyataan kontroversialnya dalam membela Rizky Billar.

Hal itu disampaikan Hotma Sitompul sendiri saat berada di Polres Metro Jakarta Selatan. Ia mengakui kehadirannya adalah untuk mendampingi Rizky Billar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hotma Sitompul Jadi Pengacara Rizky Billar

"Saya diminta mendampingi Rizky," kata Hotma Sitompul di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2022) tengah malam.

Hotma mengatakan dirinya telah menerima penunjukan sebagai kuasa hukum Rizky Billar pada Rabu sore usai kliennya itu mencabut kuasa dari kuasa hukum sebelumnya.

"Saya tahunya kuasa hukum yang pertama sudah dicabut. Saya tidak menerima kuasa sebelum kuasa sebelumnya dicabut," ujar Hotma seperti dikutip dari Antara.

Kendati demikian, Hotma Sitompul menuturkan dirinya akan bekerja satu tim dengan kuasa hukum Rizky Billar sebelumnya, Adek Erfil Manurung.

Sebelumnya, penyidik Polres Metro Jakarta Selatan menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka dugaan kasus KDRT terhadap istrinya Lesti Kejora, setelah menjalani pemeriksaan selama delapan jam.

"Penyidik dari Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan telah menaikkan status saudara Muhammad Rizky dari saksi menjadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan di Jakarta, Rabu.

3 dari 4 halaman

Rizky Billar Patut Dapat Sanksi Sosial, Selain Hukuman Penjara 5 Tahun

Suami penyanyi Lesti Kejora, Rizky Billar, telah dinyatakan sebagai tersangka kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan terancam hukuman lima tahun penjara.

Penetapan Rizky Billar tersangka KDRT dijatuhkan tepat seusai dirinya menjalani pemeriksaan pada Rabu (12/10) setelah sempat mangkir.

Billar dijerat Pasal 44 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan KDRT.

Pasal tersebut mengatur bentuk-bentuk KDRT, di antaranya kekerasan fisik, kekerasan psikologis, kekerasan seksual, dan kekerasan terhadap penelantaran anak yang semuanya ada pertanggungjawabannya di mata hukum. 

"Ancaman hukum lima tahun penjara dan denda Rp 15 juta," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan saat konferensi pers, Jumat (30/9/2022).

Sementara itu, apabila menyebabkan korban luka berat, ancaman hukuman adalah 10 tahun. Sedangkan, apabila menyebabkan korban sampai meninggal dunia, ancaman pun menjadi 15 tahun.

Zulpan pun menyesalkan KDRT yang dialami oleh penyanyi jebolan Dangdut Academy itu. 

"Kami simpati korban. Kita akan melakukan penegakan hukum sesuai fakta yang ada," ujar dia.

Kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora oleh Rizky Billar memantik kesadaran publik untuk melek terhadap KDRT, serta bagaimana melawannya sebagai salah satu kekerasan berbasis gender. 

Sebenarnya, banyak kasus KDRT di Indonesia yang tak tersorot kamera. Hingga November 2020, Komnas Perempuan telah menerima 2.036 pengaduan, dengan pengaduan terbanyak, yaitu 1.190 kasus adalah KDRT.

4 dari 4 halaman

Adek Erfil, Pengacara Sekaligus Kakak Sepupu Rizky Billar

Jakarta Kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap Lesti Kejora semakin rumit dengan berbagai pernyataan dari pengacara pihak Billar, Adek Erfil Manurung. Melalui sejumlah wawancara, Adek membantah bahwa kliennya itu telah melakukan KDRT. Ia menyebut itu sebagai pertengkaran biasa.

Namun, baru-baru ini pengacara Rizky Billar itu keceplosan menyebut penyebab KDRT yang dilakukan oleh kliennya. Ketika ditemui di kantornya, Adek membahas tentang isu perselingkuhan kliennya. Selain itu, Adek Erfil juga mengungkapkan pernyataan-pernyataan yang membuat kontroversi.

Lantaran pernyataannya yang menimbulkan kontroversi, sosoknya pun menuai sorotan. Diketahui dari unggahan Adek Erfil, ia menyebut jika Billar adalah adik sepupunya. Maka dari itu, Adek Erfil yang ditunjuk sebagai pengacara itu tak lain adalah kakak sepupu dari Rizky Billar. Mereka pun sering bertemu dalam momen tertentu.

Sementara itu, kasus KDRT yang dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora kini sudah berstatus penyidikan. Berikut ini 6 potret Adek Erfil pengacara sekaligus kakak sepupu Rizky Billar yang menuai sorotan, dirangkum Liputan6.com dari Instagram pribadinya pada Selasa (11/10/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.