Sukses

Media Korea Nate, Kaget dengan Pernyataan Shin Tae-Yong Membela Iwan Bule

Pernyataan Shin Tae-yong yang membela Iwan Bule membuat media Korea, yakni Nate terkejut.

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan Shin Tae-yong yang mengatakan akan ikut mundur dari kursi kepelatihan timnas Indonesia, tengah disoroti media lokal asal Korea. Sikapnya telah mengejutkan banyak pihak. 

Shin Tae-yong telah memantik kemarahan para penggemar sepakbola Indonesia setelah buat komentar di akun Instagramnya, Rabu malam 12 Oktober 2022 siap mundur dari kepala pelatih, jika Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI pasca Tragedi Kanjuruhan. 

Sikap juru taktik asal Korea ini rupanya disoroti media Korea. Salah satunya, Nate terkejut melihat pernyataan mantan pelatih timnas Korea tersebut.

Nate, portal berita Korea, membuka pemberitaan Shin Tae-yong itu dengan mengaku terkejut melalui jurnalis Kim Jeong-hyun.

"Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Shin Tae-yong, yang mencapai hasil di Indonesia, membuat pernyataan mengejutkan," tulis Kim Jeong-hyun, seperti dikutip Nate, Kamis (13/10/2022).

Seperti diketahui, Shin Tae-Yong didatangkan dari Korea usai menangani timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Pelatih berusia 52 tahun ini berdasarkan kontrak memegang tiga kelas usia berbeda, yakni U-19, U-20 dan U-23/senior.

Kurang lebih dari 2 masuk 3 tahun ini, telah membawa timnas Indonesia berkembang dengan pesat yang dimana bisa membawa timnas U-23 ke putaran final Piala Asia U-23, lalu runner-up AFF 2022, dan menangani timnas U-20 di Piala Dunia U-20 yang bakal berlangsung di Indonesia. Teranyar, Indonesia berada di posisi peringkat FIFA dari 174 hingga 152. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bela Iwan Bule

Shin Tae-yong terus menerus bela Ketum PSSI di tengah polemik siapa pihak yang harus bertanggung jawab terhadap tragedi Kanjuruhan.

"Sangat disayangkan nyatanya semua tanggung jawab dialihkan ke Ketua PSSI. Dia telah mengembangkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan. Dia pasti bisa mengatasi keadaan ini dengan baik," tulis Shin Tae-yong.

"Saya pun akan berusaha lebih keras agar sepak bola Indonesia lebih maju lagi. Saya ingin mengucapkan bahwa saya ingin memberikan dukungan penuh kepada para korban, keluarga korban, dan seluruh masyarakat Indonesia," imbuh Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Pemain Timnas Indonesia Kompak Beri Isyarat Dukungan untuk STY dan Iwan Bule

Para pemain Timnas Indonesia ramai-ramai mengisyaratkan dukungan kepada pelatihnya, Shin Tae-yong yang membela Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Sedikitnya 12 pemain Timnas Indonesia terlihat merespons unggahan Shin Tae-yong di akun Instagramnya, @shintaeyong7777 yang memasang badan untuk Iriawan.

Ke-12 nama itu antara lain Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Marc Klok, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, hingga Yakob Sayuri.

Bahkan, Asnawi Mangkualam beri komentar terang-terangan bersolidaritas kepada Iriawan dengan menganggapnya masih yang terbaik untuk PSSI.

"Ini benar. Kurang lebih sepuluh tahun bersama Timnas Indonesia, beberapa kali merasakan pergantian Ketua PSSI," tulis Asnawi Mangkualam, kali ini dibagikan melalui stories Instagramnya, @asnawi_bhr.

"Jika mau menilai sampai dengan saat ini, memang Iwan Bule masih yang terbaik," jelas wakil kapten Timnas Indonesia tersebut.

4 dari 4 halaman

Timbul Pro dan Kontra

Reaksi dari para pemain Timnas Indonesia telah menimbulkan pro dan kontra bagi netizen di Instagram dan Twitter.

Beberapa warganet sepakat dengan penilaian Asnawi Mangkualam, sejumlah pengguna media sosial lainnya tidak setuju karena Iriawan harus bertanggung jawab terhadap tragedi Kanjuruhan.

Netizen mendesak Iriawan untuk mundur dari Ketua PSSI buntut tragedi Kanjuruhan yang merenggut 132 orang tewas dan 300-an lainnya luka-luka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.