Sukses

Unggahan Ayah Tegar Sinar Ramadhan, Mahasiswa UGM yang Meninggal Jadi Sorotan Netizen

Unggahan Instagram ayah dari Mahasiswa UGM Tegar Sinar Ramadhan menjadi sorotan netizen.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Tegar Sinar Ramadhan (18) yang meninggal dunia akibat terjatuh dari lantai 11 Hotel Porta Ambarukmo cukup menyita perhatian.

Diketahui, Tegar Sinar Ramadhan atau TSR tewas terjatuh dari hotel tersebut karena melakukan bunuh diri sekitar pukul 15.30 WIB pada Sabtu 8 Oktober 2022. Hal itu juga disampaikan Kapolsek Bulaksumur Kompol Sumanto.

Sumanto mengatakan bahwa kesimpulan bunuh diri tersebut didapat setelah memeriksa sejumlah saksi dan hasil temuan polisi di tempat kejadian perkara (TKP).

"Bunuh diri, memang ada surat gangguan psikologis korban," ujar Sumanto saat dikonfirmasi di Yogyakarta, melansir Antara pada Minggu (9/10)

Dan pada hari ini, Senin (10/10/2022), unggahan di sosial media Instagram ayah Tegar Sinar Ramadhan atau TSR, Ryan Boedi @ryanboedi menjadi sorotan netizen. Dalam unggahannya, ia hanya menuliskan kalimat perpisahan untuk sang putra.

"Tuhan menjagamu. Semesta menemanimu. Tegar ...," tulis @ryanboedi pada sebuah lembaran hitam bergaris putih.

Tak ada kalimat yang menyertai unggahan tersebut, hanya berupa tanda baca.

"...," tulis Ryan.

Sontak, unggahan tersebut pun mendapat simpati netizen mengucapkan belasungkawa kepada Ryan yang baru saja kehilangan putranya, seorang mahasiswa UGM.

"Turut berduka cita yaa pak, semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya dan diampun segala dosanya Aamiin🤲Semoga bapak sekeluarga diberi ketabahan dan keikhlasan🥺," tulis akun @mentariwl.

"Inna lillahi wa inna ilaihi roojiuun turut berduka cita sedalamnya," ucap @melly_riana_sari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

UGM Membenarkan

Sebelumnya, polisi mendapatkan laporan terkait jatuhnya mahasiswa UGM dari lantai 11 di salah satu hotel di Sleman, Hotel Porta Ambarukmo sekitar pukul 15.30 WIB pada Sabtu 8 Oktober 2022.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Dina W Kariodimedjo membenarkan bahwa TSR merupakan salah satu mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM.

"UGM berduka cita mendalam atas meninggalnya salah satu mahasiswa kami di Hotel Porta (Sleman)," jelas Dina.

 

3 dari 4 halaman

Kata Polisi

Polsek Bulaksumur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pun memastikan mahasiswa UGM yang tewas terjatuh itu murni karena bunuh diri.

Menurut Kapolsek Bulaksumur Kompol Sumanto, kesimpulan tersebut didapat setelah memeriksa sejumlah saksi dan hasil temuan polisi di tempat kejadian perkara (TKP).

"Bunuh diri, memang ada surat gangguan psikologis korban," ujar Sumanto saat dikonfirmasi di Yogyakarta, melansir Antara, Minggu 9 Oktober 2022.

 

4 dari 4 halaman

Temukan Hasil Pemeriksaan Psikologi

Saat memeriksa di lokasi kejadian, Sumanto mengatakan polisi mendapatkan surat terkait hasil pemeriksaan psikologi TSR dari Rumah Sakit JIH Sleman di dalam tas milik korban.

"Surat keterangan psikologis (bahwa) korban memang terganggu," ucap dia.

Sumanto menegaskan, pihaknya tidak menemukan motif lain maupun keterlibatan pihak luar yang memicu korban jatuh dari lantai 11 Hotel Porta.

Dia mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY pada Sabtu malam 8 Oktober 2022, jenazah korban diserahterimakan ke pihak keluarga untuk dibawa pulang ke Kendal, Jawa Tengah.

"Sudah dibawa keluarga ibunya ke Kendal. Semalam langsung setelah dari RS Bhayangkara langsung dibawa ibunya," jelas Sumanto.

 

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit.

Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/ apps/details?id=com.tldigital. sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.