Sukses

Ragam Khasiat Susu untuk Wajah, Benarkah Bisa Cerahkan Kulit?

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti sudah tidak asing melihat susu sebagai kandungan produk perawatan kulit. Ya, susu memang salah satu bahan yang populer dalam skincare, namun apakah benar bahwa kandungan susu berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan wajah?

Dilansir dari laman Healthline, Kamis (15/9/2022), susu kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A dan D, serta asam laktat. Ketiga zat ini memang dibutuhkan kulit untuk berbagai alasan.

Seperti vitamin A yang berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen, mencegah kerusakan sel, mencegah penuaan kulit, melindungi dari penyakit kulit, dan mencegah pertumbuhan jerawat.

Sementara vitamin D dalam susu berguna untuk melindungi sel-sel kulit, mengurangi peradangan, mengurangi kerusakan akibat paparan luar, serta mencegah penumpukan sel kulit mati.

Susu juga mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk meningkatkan pergantian sel kulit, mengencangkan kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, mencerahkan kulit, dan membantu menyembuhkan beberapa kondisi kulit.

Jika dilihat di atas, susu memang memiliki berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Namun penelitian mengenai efektivitas susu pada kulit masih cukup terbatas.

Meskipun masih dibutuhkan studi lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa potensi khasiat dari penggunaan susu untuk wajah, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Ragam Khasiat Susu untuk Kulit

1. Membersihkan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa asam laktat bisa membersihkan sel kulit mati dan membantu memicu pertumbuhan sel baru.

Meski demikian, belum ada bukti penelitian yang menunjukkan jika penggunaan susu lebih baik dibandingkan memakai sabun pembersih wajah.

2. Mencerahkan Wajah

Asam laktat dalam susu dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah. Asam laktat sendiri merupakan bentuk dari alpha hydroxy acid (AHA) yang ringan, yaitu komponen yang akhir-akhir ini populer dalam produk kecantikan.

Secara teori, penggunaan AHA memang bisa mencerahkan kulit wajah, bahkan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Apabila digunakan dalam jumlah yang sedikit, asam laktat lebih aman digunakan untuk kulit sensitif. Meski demikian, belum ada bukti klinis yang menyatakan bahwa asam laktat atau susu bisa mencerahkan wajah.

3. Meredakan Kulit yang Terbakar Matahari

Anda dapat mencoba meredakan kulit terbakar dengan mengompres kulit menggunakan susu dingin. Walaupun belum terbukti keefektifannya, kompres dingin memang bisa meredakan sensasi terbakar pada kulit.

Sebelum mencoba, pastikan terlebih dulu jika kulit Anda tidak sensitif atau alergi pada pemakaian susu secara topikal.

3 dari 5 halaman

Kulit Wajah vs Kulit Tubuh

Jika Anda pernah mendengar aktivitas “mandi susu,” maka Anda mungkin sudah tahu jika berendam dalam susu cukup bermanfaat, mulai dari membersihkan hingga meredakan iritasi kulit.

Meskipun mandi susu dipercaya berguna untuk kulit badan, hal yang sama belum tentu didapatkan dengan mengaplikasikan susu ke kulit wajah.

Kulit wajah memiliki karakteristik yang berbeda dari kulit tubuh, misalnya ketebalan kulit yang lebih tipis.

Karena kulit wajah lebih tipis, wajah lebih sensitif dan rentan bermasalah. Sehingga, perawatannya pun harus lebih ekstra dan tidak boleh sembarangan menggunakan produk ke kulit wajah, seperti susu.

4 dari 5 halaman

Tingkat Keamanan Penggunaan Susu untuk Wajah

Apabila Anda tertarik, Anda bisa menggunakan susu untuk wajah selama kulit Anda tidak sensitif. Namun, pikirkan kembali beberapa hal penting berikut ini sebelum menggunakan susu ke wajah Anda.

  • Efek samping

Sekitar 65 persen populasi dunia tidak bisa mengonsumsi susu. Akibatnya, terjadi masalah pencernaan hingga masalah kulit. Bukan tak mungkin jika mengaplikasikan susu kulit memicu:

- Peradangan

- Kemerahan

- Gatal-gatal

- Ruam

  • Jenis Susu

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan jenis susu yang akan digunakan. Susu mentah mungkin menjadi pilihan Anda, namun susu mentah masih memiliki bakteri di dalamnya. Apabila diaplikasikan pada kulit, bisa jadi bakteri dari susu berpindah ke kulit wajah Anda.

5 dari 5 halaman

Meminta Saran Medis

Supaya lebih aman, konsultasikan terlebih dulu dengan dermatologis atau dokter kulit mengenai tingkat keamanan dan manfaat susu untuk wajah Anda.

  • Pertimbangkan bahan atau cara lain

Dibandingkan dengan menggunakan susu, masih banyak bahan yang lebih aman dan efektif. Selain bahan, masih ada pula cara-cara lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan sehat.

Misalnya, Anda dapat rutin membersihkan wajah, mengaplikasikan pelembap ke kulit wajah segera setelah membersihkannya, tidur 8 jam dalam sehari, dan minum cukup air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.