Sukses

Baik Dikonsumsi, Berikut 6 Camilan Aman dan Sehat yang Wajib Anda Coba

Liputan6.com, Jakarta - Ngemil kerap kali menjadi godaan terbesar bagi orang-orang yang sedang menjalani proses diet. Namun, bukan berarti para pejuang diet tidak bisa sama sekali ngemil. Kabar baiknya, ada beragam camilan sehat dan mudah diolah yang dapat dikonsumsi, terutama untuk mereka pejuang diet dan vegetarian.

Tak hanya kala senggang, camilan bisa jadi mood booster untuk membuat otak jadi lebih segar dan aktif kala mengerjakan tugas dan bekerja. Tak hanya teman ngemil saja, camilan juga sangat penting bagi para penjuang diet untuk menjaga energi dan mencegah perut kosong. 

Faktanya, ngemil justru membantu penyebaran kalori tubuh menjadi lebih teratur agar berat badan terkendali. Jadi, ngemil tak selalu buruk untuk dilakukan para pejuang diet. Anda bisa mengeksplor bahan-bahan makanan yang di dapur, lho. Daripada bingung mau ngemil apa, yuk intip sederet camilan sehat dan aman untuk para pejuang diet!

1. Selai Kacang dengan Buah

Perpaduan selai kacang dan buah favorit Anda dapat jadi ide camilan mengenyangkan dan cepat yang dapat dinikmati di mana saja. Buah-buahan seperti pisang, stroberi, apel mengandung antioksidan yang tinggi dan kaya akan serat sehingga membantu Anda tetap merasa kenyang. Selai kacang seperti almond, kacang tanah, atau pun kacang mete mengandung protein dan lemak sehat yang sangat bagus untuk mendukung diet Anda.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

2. Stik Keju

Stik keju bisa jadi camilan andalan teman bepergian. Protein jadi nutrisi yang mengenyangkan menjadikan keju sebagai pillihan terbaik untuk para vegetarian. Kalsium yang terkandung di dalamnya membantu memperkuat tulang dan gigi. 

3 dari 6 halaman

3. Buncis Panggang

Buncis kaya akan protein, vitamin, serat, dan mineral. Mudah dibuat di rumah, Anda hanya perlu mencampurkan buncis yang sudah dicampurkan dengan minyak zaitun atau bumbu pilihan Anda lalu dipanggang pada suhu 200 derajat celcius selama 20-30 menit. Bubuk bawang putih, bubuk cabai, jinten, cabai rawit, kayu manis, dan pala dapat menjadi pilihan lezat untuk membumbui buncis. 

4 dari 6 halaman

4. Smoothie

Smoothie dapat menjadi pilihan terbaik menikmati sayuran. Sayuran kaya akan serat, mineral, vitamin antioksidan. Anda dapat mencampurkan sayur-sayuran dengan buah-buahan. Anda juga bisa mencampurkan bubuk protein vegetarian ke dalam smoothie. Camilan ini membuat Anda kenyang lebih lama dan mengontrol gula darah.

5 dari 6 halaman

5. Oatmeal

Meski dikategorikan sebagai makanan saat sarapan, oatmeal bisa menjadi camilan mengenyangkan dan bergizi yang dapat dinikmati kapan saja. Oat mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan yang bemanfaat untuk menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Sebagai tambahan perasa, kamu dapat menambahkan topping seperti buah-buahan, biji-bijian, kacang sesuai selera.

6 dari 6 halaman

6. Telur Rebus

Selain murah dan mudah diolah, telur rebus bisa menjadi camilan vegetarian bergizi yang membantu Anda mengurangi rasa lapar. Selain menjadi sumber protein yang bagus untuk tubuh, telur rebus kaya akan vitamin A, vitamin B, dan selenium. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.