Sukses

3 Hal yang Orang Nilai Saat Pertama Kali Bertemu Anda

Berikut ini adalah 3 hal utama yang orang lain nilai saat pertama kali bertemu Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Di zaman modern seperti ini segala hal berhubungan dengan internet. Tak hanya bekerja dan belajar, berkencan pun kini bisa dilakukan dengan bantuan internet. 

Mungkin ini karena kita tidak benar-benar tahu bagaimana berkencan lagi. Mengenal seseorang dan memulai suatu hubungan bisa sangat menantang. Dalam film dokumenter ABC News Swiped, orang-orang berbicara dengan pakar kencan dan lajang muda tentang betapa sulitnya menavigasi kencan di dunia modern.

Bahkan dengan begitu banyak aplikasi seperti Tinder, Engsel dan Bumble, Anda akan berpikir menemukan belahan jiwa Anda akan semudah sentuhan. 

Penulis dan antropolog biologi Helen Fisher mengatakan, "Konsep menjalin hubungan telah berubah lebih banyak dalam 10 tahun terakhir daripada dalam 10.000 tahun terakhir. Nenek moyang kami tinggal di sebuah peternakan dan ada banyak perjodohan, dan hari ini kami menikah untuk menyenangkan diri kami sendiri dan kami melakukannya melalui internet." Helen Fisher memberi kami wawasan tentang apa yang orang nilai dari Anda pertama kali ketika mereka bertemu dengan Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gigi hingga Kepercayaan Diri

1. Gigi

"Gigi Anda memberi tahu banyak tentang berapa usia Anda [dan] kesehatan Anda," kata Fisher dilansir dari Yourtango. Faktanya, identitas gigi Anda menunjukkan usia dan jenis kelamin kita, dan penggilingan gigi secara khusus menunjukkan sifat psikologis, gaya hidup, dan kepribadian. Misalnya, jika Anda merokok, minum kopi terlalu banyak, atau jika Anda memiliki banyak kecemasan, frustrasi, atau kemarahan dalam hidup Anda.

2. Tata bahasa Anda

"Tata bahasa Anda mengatakan banyak tentang latar belakang sosiologis [dan] pendidikan Anda," katanya.

Banyak orang menganggap tata bahasa yang buruk dalam profil kencan atau secara pribadi sebagai hal yang benar-benar mematikan, dan berpikir bahwa jika Anda tidak tahu perbedaan antara beberapa kata sederhana, mereka tidak layak membuang waktu.

3. Kepercayaan Diri Anda

Fisher menjelaskan, "Kepercayaan diri Anda memberi tahu banyak tentang stabilitas emosional Anda." Bagaimana perasaan kita tentang diri kita sendiri dapat memengaruhi hubungan kita. Jika kita tidak merasa baik tentang diri kita sendiri, kita tidak memiliki energi emosional positif untuk fokus pada orang lain.

Kami telah dibangun dengan sejumlah keterampilan khusus bertindak cepat yang dapat membantu kami ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya. "Otak dibangun dengan sangat baik untuk mencoba dan mengukur seseorang dengan segera," kata Fisher.

3 dari 3 halaman

Hindari 3 Kesalahan Ini Saat Pakai Aplikasi Kencan Online

Aplikasi kencan online menjadi solusi bagi beberapa individu dalam mencari pacar. Apalagi ketika era pandemi yang membuat orang jarang keluar rumah sehingga membatasi untuk bertemu orang baru.

Biasanya orang menggunakan aplikasi kencan untuk mencari kenalan baru yang akan dijadikan pacar. Tapi, ada juga segelintir orang yang mencari kenalan hanya untuk dijadikan teman.

Tapi, bagaimana agar orang lain tertarik dengan profil pribadi dalam aplikasi kencan online? Dikutip dari Insider, Selasa (28/12/2021), seorang pakar mengatakan ada hal yang tidak boleh dilakukan selama menggunakan aplikasi tersebut.

1. Hindari pakai kacamata hitam

Menurut pakar kencan Rori Sassoon di New York, hindari mengunggah foto yang sedang memakai kacamata hitam. Sebab, dianggap bisa menutupi kepribadian dan wajah.

"Kacamata hitam dianggap menyembunyikan diri yang sebenarnya," ungkap Rori yang juga sebagai pemilik agensi kencan Platinum Poire.

2. Tidak pasang foto wajah

Memasang foto wajah dalam aplikasi kencan online sangat penting sebagai pengenalan awal. Selain wajah, kamu juga bisa memasang foto yang melihatkan seluruh tubuh.

Hindari menggunakan foto di luar konteks, seperti foto artis idola, quotes, atau yang lainnya. Pasalnya, foto pribadi yang ditampilkan bisa mengungkapkan kepribadian. Apakah kamu termasuk orang yang terbuka atau tertutup.

3. Bio Kurang Menarik

Bio profil kamu harus diisi tentang kepribadian yang dimiliki. Misalnya dengan menjelaskan tentang minat dan hobi. Hal itu bisa menarik orang yang memiliki minat dan hobi yang sama. Isi bio juga bisa untuk memberitahu semua pengguna tentang keinginan di masa depan terkait hubungan asmara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.