Sukses

Para Ibu Wajib Tahu, Berikut Deretan Tips Diet Sehat Setelah Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki berat badan yang ideal tentunya menjadi impian semua wanita. Tak terkecuali bagi para ibu pasca melahirkan yang ingin segera menurunkan berat badan dengan diet. Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi para ibu pasca melahirkan antara mendapatkan berat badan idealnya kembali dan kewajiban merawat si kecil. 

Para ibu pasca melahirkan harus lebih mengutamakan asupan makanan yang tepat untuk mendukung pemulihan demi mengoptimalkan produksi asi serta kebutuhan ibu dan bayi. Diet yang salah dapat menjadi bumerang yang bisa mengganggu kesehatan mental, produksi asi, hormon, dan masih banyak lagi.  

Kabar baiknya, ibu-ibu pasca melahirkan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kembali berat badan idealnya. Namun, perlu diingat bahwa diet yang dijalani dilakukan secara perlahan dan bertahap. Memang tidak instan. Kunci diet bagi ibu-ibu pasca melahirkan adalah bersabar dan memperhatikan asupan yang bergizi dan sehat.  Berikut pedoman diet bagi ibu-ibu pasca melahirkan yang aman untuk dijalani.

4 sehat 5 sempurna

Buah-buahan, sayuran, lemak seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat serta makan karbohidrat kaya serat adalah contoh kecil makanan 4 sehat yang sangat bagus untuk asupan diet aman ibu-ibu pasca melahirkan. Susu dan nutrisi tambahan menjadi penyempurna asupan 5 sempurna bagi ibu. 

 Perlu diingat kebutuhan nutrisi setiap ibu berbeda dan bergantung pada banyak faktor. Catatan untuk ibu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu contohnya seperti diabetes perlu mengikuti pola diet yang sedikit berbeda untuk mengoptimalkan kontrol gula darah.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Dilansir dari dari Healthline, Dara Godfrey, MS, RD, ahli diet dari Reproductive Medicine Associates of New York, mengungkapkan hidrasi sangat penting terutama bagi ibu-ibu menyusui. Direkomendasikan untuk minum  3 liter air air setiap harinya. Namun, perlu diingat bahwa ibu dapat menyesuaikan asupan airnya karena kebutuhan hidrasi setiap ibu bervariasi. 

3 dari 4 halaman

Perhatikan Kalori

Asupan kalori yang tepat akan membantu ibu menjaga energi dan suplai asi. Kebutuhan kalori tiap ibu tentu bervariasi karena bergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan seberapa sering ibu menyusui. Paling tidak seorang ibu menyusui harus mengkonsumsi 2.300-2.500 per hari. Ibu juga perlu meminimalkan makanan-makanan ringan dan makanan goreng.

4 dari 4 halaman

Tak Perlu Buru-Buru

Santai saja bunda. Idealnya penurunan berat badan itu bertahap. Melansir dari Healthline, Academy of Nutrition and Dietetics menganjurkan penurunan berat badan yang ideal secara perlahan 1 pon per minggu atau 4 pon per bulan.

Vitamin

Ibu pasca melahirkan terutama ibu yang menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi nutrisi tambahan seperti vitamin. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk rekomendasi vitamin yang sesuai dengan kebutuhan. 

 

Nama:

Pathrichia Putriani Syamsury.

Universitas Multimedia Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.