Sukses

Sakit Kepala hingga Merasa Tak Berdaya, Ini Tanda-Tanda Kelelahan Mental yang Tak Boleh Anda Abaikan

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2019, burnout secara resmi diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai “fenomena pekerjaan”. Yang lebih buruk adalah banyak yang tidak menyadari bahwa mereka bahkan dalam keadaan ini karena sudah menjadi gaya hidup.

Kelelahan mental dapat terjadi ketika otak Anda menerima terlalu banyak stimulasi atau harus mempertahankan tingkat aktivitas yang intens tanpa istirahat, kata Healthline.

Sementara Mind, menggambarkan kelelahan mental sebagai “keadaan kelelahan fisik dan emosional.

Kelelahan yang intens ini dapat terjadi setelah stres jangka panjang yang paling sering terjadi di tempat kerja atau ketika seseorang telah bekerja dalam peran yang menguras fisik atau emosional untuk waktu yang lama.

Penting untuk dicatat bahwa kelelahan mental tidak selalu terkait dengan pekerjaan karena serangkaian peristiwa dapat memicu kondisi tersebut.

Apa saja tanda-tanda peringatan Anda mungkin mengalami kelelahan?

Gejala kelelahan mental

1. Kebiasaan yang tidak sehat

Ketika merasa sangat lelah secara mental, beralih ke zat psikotropika atau obat-obat untuk membantu memberikan dorongan adalah kebiasaan yang umum.

“Kelelahan mental dapat berdampak lebih parah pada mereka yang sudah memiliki gangguan penggunaan zat tertentu,” jelas WebMD.

Kaitannya sering kali karena kecanduan narkoba “mengubah bagian otak yang membantu Anda mengelola stres dan perilaku kompulsif”.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

2. Sakit dan nyeri

Keluhan seperti sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung atau masalah perut adalah hal yang biasa terjadi pada kelelahan mental.

"Jika Anda memiliki penyakit yang berkelanjutan, seperti fibromyalgia, Anda mungkin merasa sedikit lebih sakit dari biasanya," tambah WebMD.

3. Kurang tidur

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa orang yang memiliki pekerjaan dengan "beban kerja kognitif" tinggi melaporkan lebih banyak gejala insomnia daripada mereka yang tidak memiliki pekerjaan yang melelahkan secara mental.

Masalah tidur ini muncul karena efek samping emosional dari kelelahan mental seperti kecemasan atau Depresi. Kurangnya istirahat tentu saja dapat memperburuk kelelahan mental. Secara kebetulan, berada dalam keadaan waspada dan khawatir yang konstan membuat Anda lebih sulit untuk tidur nyenyak.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 6 halaman

Tanda-tanda kelelahan lainnya termasuk:

  • Merasa lelah atau terkuras hampir sepanjang waktu
  • Merasa tidak berdaya, terjebak dan/atau dikalahkan
  • Merasa terpisah/sendirian di dunia
  • Memiliki pandangan sinis/negatif
  • Keraguan diri
  • Menunda-nunda dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sesuatu
  • Merasa terbebani.

 

Sementara itu, pemicu kelelahan mental meliputi:

  • Memiliki pekerjaan yang menuntut atau tekanan tinggi
  • Bekerja berjam-jam tanpa mengambil cuti untuk istirahat
  • Mengalami tekanan keuangan
  • Ketidakpuasan kerja
  • Memberikan perawatan untuk orang yang dicintai yang sakit atau berkebutuhan khusus
  • Hidup dengan penyakit kronis atau kondisi kesehatan mental
  • Kehilangan orang yang dicintai
  • Memiliki bayi
  • Kurangnya keseimbangan kehidupan kerja atau dukungan emosional.
4 dari 6 halaman

4 Zodiak Ini Mudah Menyimpan Dendam

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa tanda zodiak puas membiarkan masalah berjalan begitu saja tanpa menginginkan balasan dari orang-orang yang telah menyakiti mereka. 

Lalu ada orang-orang yang akan membalas dendam dengan cara apa pun, sekecil apa pun, sebagai bagian dari penyembuhan diri mereka yang memungkinkan mereka untuk terus maju. 

Bahkan jika insiden itu sekarang telah berlalu dan tidak lagi relevan, orang-orang ini terus tampak terobsesi untuk membalas dendam dan menghabiskan seluruh waktu dan upaya mereka untuk menyusun strategi guna membalas orang lain.

Jadi, agar Anda tidak menempatkan diri Anda di jalur orang-orang seperti itu, berikut adalah 4 tanda zodiak yang selalu ingin balas dendam. 

1. Taurus

Dilansir dari Pinkvilla, taurus di antara semuanya adalah zodiak yang paling tidak penyayang dan menyimpan dendam paling lama. Mereka tidak suka membuat kesalahan dan sangat keras kepala. 

Mereka akan memaafkan Anda berkali-kali sampai pada titik di mana Anda mendorong mereka terlalu jauh, di mana mereka akan merusak kebahagiaan Anda. Mereka akan memastikan Anda memahami bagaimana Anda berperilaku buruk dan bahwa mereka cukup kuat untuk memaksa Anda mengakuinya dengan membuat Anda menyadarinya.

5 dari 6 halaman

2. Cancer

Cancer tidak bisa melupakan banyak hal dengan mudah. Mereka menyimpan kebencian mereka di dalam sampai tumbuh sangat besar dan meledak begitu mencapai titik puncaknya karena mereka membenci orang-orang tertentu. 

Mereka mungkin menyembunyikan atau membiarkan sebagian ingatan mereka redup, tetapi mereka tidak akan pernah benar-benar melupakan ingatan yang menyakitkan. Dan jika itu mulai menyakiti mereka secara signifikan, mereka akan melakukan segala daya mereka untuk membalas segala bentuk pembalasan yang diperlukan untuk menghapus sepenuhnya kenangan buruk itu.

3. Leo

Mereka umumnya sangat pemaaf dan tidak membawa keluhan. Namun, mereka akan segera mengusir Anda dari kehidupan mereka dengan menginginkan pembalasan jika Anda benar-benar melukai mereka. Berdasarkan bagaimana Anda berperilaku dengan mereka, mereka bisa sangat setia atau sangat tidak setia. Setelah Anda menerimanya begitu saja, mereka tidak akan peduli jika Anda diperlakukan dengan baik.

6 dari 6 halaman

4. Scorpio

Scorpio terampil menyimpan dendam dan lambat untuk diabaikan atau dihapus. Mereka tidak suka ditipu, oleh karena itu jika itu terjadi pada mereka, mereka dapat meminta pertanggungjawaban orang itu selama sisa hidup mereka. Mereka pasti akan menghancurkan beberapa elemen hidup Anda jika Anda mengkhianati mereka, membuat Anda menyesali semua kesalahan yang pernah Anda lakukan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS