Sukses

5 Tips Mudah Agar Rumah Anda Aman dari Pencuri

Berikut deretan tips yang bisa membantu Anda mencegah pencuri di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pencurian biasanya merupakan kejahatan yang terjadi karena adanya kesempatan. Pencuri adalah orang asing, dan satu-satunya hal yang mereka ketahui tentang tempat Anda adalah bahwa itu adalah sasaran empuk. 

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar perampokan memakan waktu antara 90 detik dan 12 menit dan terjadi antara pukul 10 pagi dan 3 sore. Saat Anda pergi berlibur, membuka jendela rumah atau pintu yang tidak terkunci bisa menjadi semua yang diperlukan pencuri untuk menjalani aksinya. 

Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa tips ahli untuk mengecoh pencuri dan menjaga keluarga dan barang-barang Anda tetap aman. Bright Side telah menyusun panduan khusus tentang cara membuat rumah Anda tidak terlalu rentan terhadap pencuri dan melindungi ketenangan pikiran Anda.

1. Simpan sepatu pria di dekat pintu

Pencuri biasanya adalah orang-orang pengecut yang takut akan konfrontasi. Mereka di luar sana mencari target yang rentan untuk dirampok. Meletakkan sepatu pria di dekat pintu menunjukkan bahwa ada seorang pria di rumah. Hal ini seolah mengatakan, "Seseorang ada di rumah sekarang, dan mungkin ada pria besar yang bisa menyakitimu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tempelkan kunci cadangan palsu di bawah keset pintu

Banyak orang menyimpan kunci cadangan di sekitar rumah, biasanya di bawah batu atau keset. Buat kunci cadangan palsu untuk mengelabui pencuri. Setelah pencuri memiliki kunci, mereka akan mencoba membuka pintu dengan sia-sia. Selain itu, mereka mungkin juga curiga bahwa mereka sedang diawasi. Ketakutan mereka akan membuat mereka membatalkan misi jika seseorang melihat mereka.

3. Pasang saklar lampu otomatis

Anda mungkin ingin memasang saklar pengatur waktu pada lampu Anda jika Anda meninggalkan rumah selama lebih dari beberapa jam di malam hari. Ini akan mencegah pencuri yang lebih suka menyerang saat tidak ada orang di rumah. Selain itu, dapat mengurangi penggunaan energi dan menghilangkan pemborosan listrik dari lampu yang dibiarkan menyala sepanjang hari atau malam hari.

3 dari 3 halaman

4. Jauhkan barang-barang berharga Anda dari pandangan

Pencuri paling sering masuk ke rumah melalui pintu depan atau jendela. Dalam hal ini, pastikan barang berharga Anda terkunci dan tidak terlihat oleh penyusup. Sebagai tindakan pencegahan, tutup tirai Anda di siang hari, tarik tirai Anda di malam hari, dan pastikan semua pintu terkunci saat Anda tidak di rumah.

5. Jangan unggah momen liburan Anda di media sosial 

Pastikan pencuri tidak mengetahui bahwa Anda berada di luar kota dan tidak akan dapat mempertahankan rumah Anda. Kemungkinan besar, mereka akan menargetkan rumah Anda saat kosong, tetapi jika mereka pikir Anda akan ada di sana, mereka kebanyakan akan meninggalkan Anda sendirian. 

Selain itu, jangan memposting cerita atau gambar saat Anda sedang berlibur. Jika Anda memposting foto diri Anda hiking atau berjemur, itu hanya akan memberi tahu pencuri bahwa rumah Anda tidak terlindungi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.