Sukses

Makan Quinoa Tiap Hari Dapat Mencegah Diabetes Tipe 2, Ini Sebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Menurut penelitian, makan quinoa setiap hari dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Pakar dari Spanyol telah menguji efek 'makanan super' tersebut dengan merekrut sembilan orang berusia di atas 65 tahun yang memiliki pra-diabetes.

Pra-diabetes terjadi ketika kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi belum pada tingkat yang secara resmi didiagnosis sebagai diabetes tipe 2. Relawan diberikan makanan tiga kali sehari yang mengganti kentang, nasi atau kacang polong dengan biji-bijian quinoa.

Selama waktu yang sama, mereka diberi makanan yang dibuat dengan tepung quinoa, termasuk pasta, kue, roti, dan kerupuk. Pemantauan gula darah menunjukkan mereka mengalami lonjakan yang lebih rendah setelah makan saat menjalani diet khusus.

Para peneliti mengatakan ini bisa menjadi 'penting' untuk mencegah diabetes tipe 2

Kandungan mikronutrien Quinoa, dibandingkan dengan roti, nasi atau kentang, dianggap membantu memperlambat proses pencernaan, menyebabkan lonjakan glukosa yang lebih lambat. Diabetes tipe 2 mempengaruhi sekitar 2 juta orang di Inggris dan 37 juta di AS.

Tujuh puluh persen penderita pra-diabetes terus mengembangkan kondisi parah, yang dapat membunuh jika tidak dikelola.

Dokter saat ini merekomendasikan orang yang terkena dampak untuk mengubah pola makan dan berolahraga lebih banyak untuk menurunkan berat badan untuk mencegah timbulnya tipe 2.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penelitiannya

Studi yang dipublikasikan di Nutrients, melacak sembilan penderita pradiabetes selama delapan minggu untuk melihat bagaimana mengubah diet mereka untuk memasukkan quinoa – yang kaya akan folat, magnesium, seng dan zat besi – berdampak pada kondisi mereka.

Selama empat minggu pertama, mereka diminta untuk mempertahankan pola makan teratur mereka, dengan mencatat berat badan, BMI, dan pengukuran limbah. Mereka mencatat apa yang mereka makan dan dilengkapi dengan sistem pemantauan glukosa Freestyle Libre, yang melacak kadar dalam darah sepanjang hari.

Pada hari ke-28, para peneliti mengambil sampel darah untuk melihat bagaimana kadar gula darah mereka melonjak setelah puasa delapan jam. Selama empat minggu berikutnya, penelitian diulang tetapi para sukarelawan beralih ke diet quinoa-berat.

Namun, penelitian ini tidak menentukan berapa banyak quinoa yang dimakan setiap individu selama empat minggu.

Dr Diaz Rizzolo, dari Universitas Terbuka Catalonia di Barcelona, ​​mengatakan: "Kami membandingkan pola gula darah dan menemukan ketika para peserta makan quinoa, lonjakan gula darah mereka lebih rendah dibandingkan dengan diet biasa mereka."

'Ini sangat penting karena lonjakan gula darah pasca makan ini merupakan faktor penentu dalam perkembangan diabetes tipe 2.'

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 5 halaman

Quinoa membantu mengurangi lonjakan gula darah

Polifenol dalam quinoa dianggap sebagai alasan memakannya dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah. Mikronutrien, juga ditemukan di sebagian besar sayuran, buah-buahan dan teh, membantu memperlambat pencernaan karbohidrat.

Ini juga mengurangi penyerapan glukosa di usus dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin – membalikkan efek diabetes tipe 2.

Ketika orang makan karbohidrat, makanan dipecah menjadi gula darah. Ini memberitahu pankreas untuk melepaskan insulin, yang memungkinkan glukosa memasuki sel-sel tubuh. Namun seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin.

Karena insulin tidak seefektif memecah gula, itu menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dan lebih banyak lagi. Akhirnya, ini menyebabkan pankreas menjadi aus, membuat sistem rusak dan menyebabkan kadar gula darah tetap tinggi.

4 dari 5 halaman

5 Cara Menyegarkan Napas untuk Cegah Bau Mulut

Bau mulut, juga dikenal sebagai halitosis, mempengaruhi 1 dari 4 orang di seluruh dunia. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda menjaga mulutnya tetap terhidrasi karena bisa menyebabkan situasi yang tidak nyaman dan kecemasan.

Anda bisa menggunakan beberapa pengobatan alami di rumah untuk menjaga napas Anda tetap segar. Tapi jika ini menjadi masalah yang terus-menerus terjadi padamu, maka disarankan untuk mengunjungi dokter gigimu.

Oleh karena itu, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan napasmu, seperti melansir Bright Side, Sabtu (6/8/2022).

1. Jangan lewatkan sarapan

Makan pagi benar-benar menjadi makanan terpenting dalam sehari bagi tubuhmu, termasuk pernapasanmu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa individu yang tidak sarapan akan mengalami bau mulut lebih banyak daripada mereka yang melakukannya.

Penting untuk makan sarapan sehat yang rendah gula, seperti selada, ape, yogurt, susu dan semua jenis makanan kaya serat.

2. Bernapaslah melalui hidung

Bernapas dari mulutmu bisa menyebabkan bau mulut kronis karena menahan produksi air liur. Itulah mengapa bernapas dari hidung adalah pilihan yang lebih cerdas, karena membantu emmbangun kelembapan di udara yang Anda hirup.

Namun, itu juga memiliki efek samping lain yang bisa berdampak negatif pada kesehatan mulutmu. Ini bisa menyebabkan penyakit gusi, menyebabkan stres, kecemasan dan membuat rahangmu lebih kecil.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa bahkan anak-anak bisa mengalami bau mulut jika mereka bernapas melalui mulut.

5 dari 5 halaman

3. Minum air setelah makan makanan yang berbau kuat

Makan makanan yang berbau kuat bisa menyebabkan bau mulut karena bahan kimianya mengalir melalui aliran darah ke paru-parumu, dan, sebagai hasilnya, keluar melalui napasmu.

Namun, selalu ada solusi untuk bau mulut jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi makanan tersebut.

4. Floss gigi untuk menghilangkan plak

Meskipun mengunjungi dokter gigi untuk masalah plak Anda bermanfaat, mungkin hanya berguna sementara karena bakteri selalu bisa masuk saat kita makan dan minum.

Itulah mengapa flossing bisa menjadi cara yang baik untuk menghilangkan plak dari gigimu dan mencegah bau mulut, ini membantu menghilangkan semua partikel yang tersangkut di antara gigimu.

Cobalah untuk mempertimbangkan berkumur juga, karena ini bisa menghilangkan bakteri.

5. Singkirkan batu amandel

Batu amandel adalah gumpalan putih kecil yang terletak di amandelmu. Batu amandel hampir tidak terlihat karena tersembunyi di dalam. Kondisi ini menyebabkan bau mulut karena mereka menarik bakteri dan terbuat dari mikroba.

Beberapa cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan obat kumur bebas zat, kumur cuka sari apel, kumur air asin hangat dan gunakan flosser air bertekanan rendah yang bisa membantu menghentikan pembentukan batu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS