Sukses

4 Manfaat Memasukkan Mangga dalam Menu Makan, Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta - Mangga menjadi salah satu buah yang banyak disukai individu. Rasanya yang manis dengan aroma khasnya membuat mangga sering diolah menjadi berbagai sajian.

Selain menyegarkan, buah tropis ini juga memiliki manfaat nutrisi yang luar biasa. Mangga rendah kalori tetapi tinggi nutrisi, terutama vitamin C, yang bermanfaat bagi flora usus dan, pada gilirannya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, berikut beberapa manfaat kesehatan dari memasukan mangga ke dalam menu makanmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (25/7/2022).

1. Membantu meningkatkan kesehatan usus

Daging buah mangga memiliki serat makanan prebiotik, yang mendukung pertumbuhan bakteri usus yang bermanfaat.

Kondisi yang sehat membutuhkan usus yang sehat. Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak bakteri menguntungkan ini dalam tubuhmu, lapisan dalam ususmu akan tetap sehat dan membantu Anda menghindari masalah kesehatan seperti IBS, asma, metabolisme yang lambat, masalah pencernaan dan alergi yang disebabkan oleh usus yang bocor.

2. Mencegah penyakit jantung

Mangga adalah buah ideal yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi karena mengandung vitamin C, serat dan pektin dalam jumlah tinggi.

Beta-karoten, antioksidan yang membantu dalam pertempuran melawan radikal bebas yang menyebabkan penyakit jantung, berlimpah dalam mangga. Karena kelimpahan nutrisi, itu membantu dalam pencegahan penyakit jantung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Membantu menurunkan berat badan

Mangga bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Yang perlu Anda waspadai adalah menghindari mengonsumsinya sebagai shake atau smoothie.

Karena komposisi nutrisinya yang kaya, mangga tidak hanya aman, tapi juga disarankan untuk pengidap diabetes dan obesitas. Ini kaya akan fitonutrien, serat dan anti-oksidan.

4. Meningkatkan pencernaan

Mangga adalah tambahan yang sehat untuk dietmu jika Anda mengalami sembelit. Karena kandungan serat dan airnya yang tinggi, mangga bisa membantu melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah sembelit dan menjaga sistem pencernaan yang sehat.

3 dari 3 halaman

Manfaat lainnya

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Memasukkan buah ini dalam menu makanmu bisa membantu kulit dan kesehatanmu secara umum karena dikemas dengan nutrisi yang baik.

Kandungan vitamin A, vitamin C dan antioksidan mangga bisa membantu Anda menunda tanda-tanda penuaan dan melindungi kulitmu dari sinar UV.

Sebagai pengganti shea atau cocoa butter, Anda bahkan bisa menggunakan mentega mangga di kulitmu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS